Waktu yang tidak tepat untuk minum kopi

Selain dapat mengurangi rasa kantuk, minum kopi juga dapat meningkatkan stamina dan membuat perasaan jadi lebih bersemangat. Itu karena pengaruh dari kafein yang terkandung di dalam biji kopi. Bagi wanita, dengan mengonsumsi paling tidak dua cangkir kopi setiap hari, dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Pada pria juga ada manfaat yang tidak kalah penting, karena dengan minum kopi dipercaya dapat meningkatkan kesuburan dan membuat sperma berenang lebih cepat. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat diambil dari minum kopi, silahkan browsing sendiri :)

Tapi ingat, selain beberapa manfaat yang bisa didapat, minum kopi juga ada efek buruknya. Kafein pada kopi katanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu, waktu minum kopi juga harus diperhatikan untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan. Kali ini saya akan bagikan kepada anda semua waktu yang tidak tepat untuk minum kopi.

Waktu yang tidak tepat untuk minum kopi

1. Saat bangun tidur

Minum kopi sesaat setelah bangun tidur dapat menimbulkan dampak buruk berupa kecanduan kafein. Terutama waktu bangun tidur pada pagi hari. Jadi, minum kopi sebaiknya dilakukan paling tidak satu jam setelah bangun tidur.

2. Ketika perut masih dalam keadaan kosong

Selain berisiko kecanduan kafein, minum kopi langsung setelah bangun tidur juga tidak disarankan karena perut masih dalam keadaan kosong. Kopi merangsang produksi asam lambung sehingga dapat melukai lapisan usus.

3. Sehabis berolahraga

Secangkir kopi dapat mempercepat pembakaran lemak, meningkatkan performa dan konsentrasi, dan dapat mengurangi nyeri pada otot. Namun, apabila minum kopi dilakukan sehabis berolahraga, kafein pada kopi akan menghambat pembentukan otot. Sehingga yang didapat dari berolahraga hanya rasa lelah saja.

4. Satu jam setelah makan siang

Minum secangkir kopi setelah makan siang konon dapat menekan produksi sel-sel lemak baru, membantu pencernaan, bahkan dapat mencegah diabetes.
Tapi ternyata, meminum kopi satu jam setelah makan siang justru dapat mengurangi penyerapan zat besi yang dilakukan oleh tubuh.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai waktu yang tidak tepat untuk minum kopi. Artikel ini bukan berdasarkan pengalaman pribadi atau hasil riset karena saya bukan dokter atau ahli dibidang kopi. Artikel ini hanya sekedar hasil dari baca-bacadi internet. Jadi anda boleh percaya dan boleh tidak :)

Comments

  1. wah kebiasaan saya justru bangun tidur harus minum kipi,,kalau tidak merasa ada yang kurang dalam hidup ini Kang hehe...mungkin ini yang dinamakan kecanduan kafein ini yah kang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangun tidur terus ngopi, pasti langsung nyalain korek api ya Pak :D

      Delete
    2. bikin nasi goreng istimewa deh...mang de kan jagonya masak

      Delete
    3. i like banget kopi, seperti yang saya pos di blog saya kang, kopi susu teman nyantai buat ngeblog hehe....

      Delete
  2. saya tidak suka minum kopi, lebih suka minum air putih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kalau begitu mas, pertahankan :-bd

      Delete
  3. Waktu yang tepat adalah pas pengen ngopi bisa minum kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan waktu yang tidak tepat adalah ketika mau minum kopi tidak ada kopi :D

      Delete
  4. Saya termasuk penggemar kopi kang...satu hari paling tidak minum kopi pagi hari sebelum berangkat kerja sama setelah pulang kerja ya minum kopi lagi.

    Asalkan tidak terlalu banyak mengkonsumsinya dan mematuhi aturan yang benar dalam minum kopi tentunya akan bisa memberikan manfaat. Selain itu hindari juga waktu mimum kopi yang tidak tepat seperti yang tercantum diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, yang penting tidak sampai overdosis pasti aman

      Delete
    2. kalo saya kayaknya dah terlalu overdosis nie kang, dalam sehari semalam saya bisa menghabis kopi 5 gelas kadang lebih, parah banget ya :D

      Delete
  5. wah saya sering tuh waktu perut kosong sama abis makan siang kang :( wah bahaya ya nih, harus di kurangi minum pada waktu itu, terima kasih infonya kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa-apa mas, saya juga sering minum kopi sebelum sarapan kok :D

      Delete
    2. hehe iya kang, soalnya waktu pas gitu rasanya pas :D

      Delete
  6. ish..saya ko' ngga pernah merhatiin kelima poin saat waktu yang tidak pas buat sruput kopi ya...soalnya kalau udah kebelet pengen ngopi...hajar ajah ya hayu, tanpa mikirin yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah kebelet sih lain lagi ceritanya Kang, harus segera disalurkan....nyruput kopinya :)

      Delete
  7. kalau saya malah kak suka perhatikan waktu yang pas buat minum kopi kang, sekarang juga sambil ngeblog sambil minum kopi padahal baru banguntidur dan selesai makan kecil hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar mata jadi melek ya Mang.

      itu namanya kecanduan kopi Mang :D

      Delete
  8. Waduh saya pagi pagi perut kosong suka langsung minum kopi. tapi ngk dibarengi roko sih.

    ReplyDelete
  9. betul mas kadang setelah minum kopi sehabis bangun tidur perut terasa kembung ,dan kalau minum teramat banyak pikiran jadi kacau apa kopi juga bisa memabukkan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan itu sih mas, jadi kopi bisa bikin mabuk juga ya :D

      Delete
    2. asal jangan mabuk janda aja ya kang hihihii...
      bisa berabe deh urusannnya :D

      Delete
  10. kalau kopinya masih ogol juga gak baik ya mas diminum, bisa keselek. hehee

    ReplyDelete
  11. Wah saya langsung melanggar yang nomer satu, sebab setiap hari saya minum kopi hanya segelas tapi saya lakukan selepas pulang shalat subuh. Kalo nggak kopi pasti ngantuk berat dan nggak bisa ngeblog

    ReplyDelete
  12. minuman wajib setip hari, pagi siang sore malam kadang nambah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama kayak saya tuh mas, udah terjadwal banget kalo saya mah...
      kalo pagi biasanya minum kopi susu, tapi kalo siang kira-kira Dzuhur setelah makan siang minum kopi item warisan karuhun, begitu juga malem embat lagi denan kopi item, kalo disiang bolong kopi susu buat saya kayaknya kurang nendang banget gitu loh :D

      Delete
    2. Waduh istrinya apa ndak marah mas :)

      Delete
  13. hehe, poin pertma itu memang benar sekali kang. sudah belasan tahun saya setiap bangun tidur setelah minum air putih langsung nyambung minum kopi. dan sekrang begitu bangun klo ga ngopi bingung rasanya. hehe, thx inpona

    ReplyDelete
  14. Waduh, aku pernah tuh nglakuin yg poin 2 sob... tp cm sekali doank sih.. emang bnr pengaruhnya ke pencernaan

    ReplyDelete
  15. kopi banyak menimbulkan efek buruk pada kesehatan Kang, saya sudah lama tidak mengkonsumsi kopi.

    ReplyDelete
  16. Selain ada manfaat juga ada efek buruknya ya pak :)

    ReplyDelete
  17. saya buka 10 tab untuk blogwalking, blog kang ucup paling wussss... apa ni resepnya kang ..
    maaf OOT :D

    ReplyDelete
  18. Saya fans KOPI tapi tidak PURE kopi tubruk Saya fans KOPI yang tidak murni alias kopi sachet yang banyak dijual bebas di pasaran. Kopi yang tiadak ada ampasnya. Tapi kalaupun saya minum kopi dipastikan tidak setiap hari

    ReplyDelete
  19. Berarti sy harus ninggalin kebiasan buruk ya kang.. kalo pagi yg di sruput kopi duluan :)

    ReplyDelete
  20. Malah setelah bangun tidur itu yang paling enak mas bro.. ternyata gak baik juga ya?
    sama kayak mas pur.. tos mas.. :D

    ReplyDelete
  21. Harus bisa mensiasati aktu juga ya Kang untuk menikmati kopi.

    Salam

    ReplyDelete
  22. untungnya aja saya ngga terlalu kecanduan minum kopi, nah kalo kecanduan minum susu coklat hobi saya tuh hihihi

    ReplyDelete
  23. 1 tambahan dari saya kang. minum kopi di sore hari,
    Bisa mengganggu jadwal tidur malam..

    ReplyDelete
  24. wah saya ngak teratur pak, kalau mau ya buat, hahahaa

    ReplyDelete
  25. kalau saya seringnya justru kalo baru bangun tidur kang :)
    tapi sebelum minum kopi saya minum air putih dulu yang banyak kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga begitu mas abis bangun tidur setelah mandi bikin kopi duaaah terus ngonline deh sambil seruput kopi ame ruti sembari ngeruku di puun :D

      Delete
  26. minum kopi saat perut kosong membahayakan lambung, jadi sebisa mungkin sebelum minum kopi, perut terlebih dahulu harus diisi.

    ReplyDelete
  27. aku suka sekali kopi, tapi khawatir juga tuh pengaruh kafein yg tinggi pd biji kopi apalagi yang sudah di ekstrak, takut membuat kecanduan dan, ga punya uang tuk membelinya hehe..

    ReplyDelete
  28. Haduuuh, saya malah belum doyan nih. Padahal bermanfaat juga yooo.

    ReplyDelete
  29. banayak tuuh bangun tidur pada minum kopi

    ReplyDelete
  30. Wah kalo urusan minum kopi mah saya mah dah gak beraturan banget kang, pagi-pagi aja saya dah terbiasa minum kopi padahal belum sarapan sama sekali. Emang rada susah kalo dah menjadi kebiasaan. Begitu juga siang sambil makan siang saya juga biasanya dah siapin segelas kopi, parahnya lagi disaat mau tidur saya juga terbiasa meyempatkan minum kopi dulu hehehe...keturunan si abah banget saya mah :D

    ReplyDelete
  31. satu lagi kang harusnya : kalau tidak ada kopi jangan maksain buat minum kopi :p

    ReplyDelete
  32. Kalau saya lebih memilih di pagi hari kang. habis sarapan, terus minum kopi. rasanya mak nyussssss kang.. :D

    ReplyDelete
  33. untung saja saya jarang minum kopi kang jadi nya nggak perlu kwatir deh hehehe :D

    ReplyDelete
  34. satu lagi mas, kalau sudah ngantuk berat juga tidak tepat minum kopi, memaksakan mata untuk terbuka padahal sudah ngantuk :)
    biasanya teman-teman blogger yang sampai larut malam nich.. :)

    ReplyDelete
  35. wah padahal saya kalau bangun pagi selalu kopi dulu yang dicari kang,ternyata nggak bik ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri