Membuat sendiri perangkap tikus dari botol air mineral

Punya botol bekas air mineral di rumah? Jangan dibuang dulu. Karena botol bekas tersebut dapat dimanfaatkan lagi. Salah satunya sebagai alat untuk menangkap tikus atau perangkap tikus. Perangkap tikus dari botol bekas air mineral ini dapat dibuat menjadi 3 versi menurut bentuk dan cara kerjanya. Salah satunya yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung saja kita simak.

Sebelum melangkah kecara pembuatan, lebih dulu siapkan bahan dan alat yang akan digunakan.
  • Botol bekas air mineral ukuran 1 liter
  • Gunting/ Cutter
  • Kawat ram
  • Isi bolpoin yang sudah habis (bisa diganti dengan lidi atau kawat)
  • Jarum jahit sol sepatu (kalau ada)
Membuat sendiri perangkap tikus dari botol air mineral

Cara membuat perangkap tikus dari botol bekas air mineral :

Potong bagian atas botol menggunakan gunting atau cutter.

Membuat sendiri perangkap tikus dari botol air mineral

Lalu potong kawat ram menjadi lingkaran. Diameter kawat ram harus lebih kecil dari diameter botol supaya kawat ram bisa masuk. Kawat ram ini fungsinya sebagai pintu. Kawat ram juga bisa diganti dengan bahan lain seperti mika yang transparan. Tujuannya agar tikus bisa melihat umpan yang ada di dalam botol.

Kemudian beri lubang pada botol yang sudah dipotong tadi sebagai tempat menyisipkan pintu dan isi bolpoin. Lubangi pada tempat yang ditunjukkan dengan tanda panah. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Membuat sendiri perangkap tikus dari botol air mineral

Sampai di sini perangkap tikus sederhana sudah berhasil dibuat dan sudah siap untuk digunakan hanya dengan memberi umpan di dalam botol untuk menarik perhatian tikus dan meletakkannya di tempat yang biasa dilalui oleh tikus.

Bagaimana perangkap tikus sederhana ini bekerja? Simak gambar berikut ini.

Membuat sendiri perangkap tikus dari botol air mineral

Perhatikan gambar A di atas. Ketika melihat ada makanan di dalam botol, tikus akan tertarik dan akhirnya masuk melalui pintu. Begitu tikus berhasil masuk ke dalam botol, dia tidak akan bisa keluar karena pintu terhalang isi bolpoin (isi bolpoin diilustrasikan dengan titik berwarna ungu). Lihat gambar B.

Nah begitulah kira-kira cara kerja perangkap tikus dari botol bekas air mineral yang bisa saya sampaikan kali ini. Dengan alat yang sangat sederhana ini semoga bisa mengurangi jumlah tikus di rumah. Selain itu, dengan memanfaatkan benda tak terpakai berarti kita sudah turut mengunrangi jumlah sampah.

Comments

  1. waaah kreatif iya, mau di coba ah di rumah ada tikusnya tuh suka ngagetin aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja mbak, mudah sekali kan cara membuatnya

      Delete
    2. Mumpung Kang Ucup bagi Ilmu membuat perangkap Tikus
      Mendingan bikin sendiri yah Kang daripada beli. makasih Kang Ucup

      Delete
    3. bikinin saya sekalian ya kang saud yah...da kasep ;)

      Delete
    4. boleh dong di bikinin sekalian sama kang ucup? hahahahahaa

      Delete
    5. Wahhh.. ilmu baru ini kang. cukup simple ya caranya. tp, tahan lama tidak ini kang??

      Delete
  2. wah kang ucup kreatif sekali, langkah2nya sepertinya mudah kang...nanti kan saya coba praktekan kalau dirumah ada tikus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, sangat mudah bahkan, lumayanlah ngirit dikit dari pada beli

      Delete
    2. ngirit pangkal kaya, belajar pangkal pinter,menabung pangkal apa coba?

      Delete
  3. Boleh juga nih perangkap tikusnya ....... gampang dan bahannya mudah didapat

    Thanks sharingnya ya :)

    ReplyDelete
  4. Ada saja idenya, ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ide datang dari mana saja mbak, hehe

      Delete
  5. Wah tipsnya keren kang...ngapain kita harus beli perangkap klu bisa bikin sendiri..bener2 kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan bahannya mudah sekali didapat mas, karena banyak di sekitar kita

      Delete
  6. kayaknya tikus nya tetap bisa lari kang soalnya perangkape terlalu sederhana sekali, apalagi tikus jaman sekarang itu pinter & licik, suka makan uang rakyat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sih tikus berdasi mbak, lain lagi itu mbak :D

      oh iya, barusan saya dapat satu tikus yang berhasil masuk perangkap yang tadi saya pasang, sayangnya lepas lagi saat mau ambil gambarnya, dasar tikus jaman sekarang :D

      Delete
  7. bener-bener kreatif kang Ucup,malah tidak pernah terpikirkan oleh saya idea bagus seperti itu,,pokonamah nice post Kang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alternatif mas, pemanfaatan sampah juga :)

      Delete
  8. Wah pinter kang Ucup, kreatif banget ... jadi tikusnya bisa masuk gak bisa keluar ya kang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mang, dan perangkap sederhana ini 100% work :-bd

      Delete
  9. Soal yang Kreatif kreatif Kang Ucup pasti Fakar nya deh
    Tapi boleh juga Ide nya nih Kang. saya coba bikin ya Kang Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin yang banyak dan letakkan disetiap sudut rumah mas, biar jumlah tikus semakin berkurang

      Delete
  10. Biasanya saya pake lem tikus untuk menjebaknya, tapi kasian tikusnya,
    Nah pake trik ini kayaknya lebih mudah menangkap tikus tanpa harus membunuhnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. biarpun benci sama tikus tapi saya tidak tega membunuhnya. setelah ketangkap biasanya saya ceburin ke tempat sampah yang dalamnya 10 meter lebih biar nggak bisa naik lagi :)

      Delete
  11. Oiya. Yah.. g kpikiran smp sana. Mntap mas..
    Klo bt perangkap nyamuk ada g mas, lg bnyk nyamuk nih.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih bermasalah sama nyamuk nih mas :)

      Delete
  12. Ini nih yang aku cari2, he he...Wah, Kang Ucup bener2 kreatif banget!

    ReplyDelete
  13. Kreatif banget sob.. jadi enggak perlu beli perangkap tikus lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi perangkap tikus ini nggak secanggih yang ada di toko mas :)

      Delete
  14. wah,,,alat sederhana bisa menghasilkan hasil yg hebat,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, hebat dan luar biasa hasilnya :D

      Delete
  15. Wah, kreatif nih.....kalo perangkap tikus berdasi ada ndak pals?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dong mas...kasih saja cewek, pasti terjerat tuh tikus :D

      Delete
  16. gak salah, ngasih nama blognya wismakreatif, jadi lebih sederhana dan tentunya hemat biaya ya Kang perangkap tikus ini :)

    ReplyDelete
  17. wah kalau kang ucup ni memang kreatif ya, sesuai dengan tema blognya

    ReplyDelete
  18. untung saya mah cerdik, walaupun udah dipasangi perangkap...saya tetap bisa lolos dan tetap berlenggang...nyantey kaya dipantey

    ReplyDelete
    Replies
    1. whats kalo gitu yang sering gondol padi di rumahku mas cileeeeeeeem..............ya

      Delete
  19. Posting yang bagus gan :)
    Bermanfaat :)

    Cerita Update

    ReplyDelete
  20. hanya satu kata untuk admin nya KREATIF

    ReplyDelete
  21. kreatif banget kang, aku aja kepikiran, ide baru yang bisa di terapkan

    ReplyDelete
  22. bole di coba ni kang, kebetulan dirumah saya walaupun ada kucing, tikusnya masih bnyak,,,

    ReplyDelete
  23. wah kreatif juga. saat ini kehadiran tikus di rumah benar-benar sangat mengganggu.

    ReplyDelete
  24. wahhh salut saya kang. cara kerjanya sederhana, tapi banar-benar kreatif :D, pengen buat juga, makasih kang atas ide kreatifnya :D

    ReplyDelete
  25. benar-benar kreatif, selaras banget dengan nama blognya, wismakreatif.com, lanjutkan....

    ReplyDelete
  26. Kreatif bener dahh.. Trik yang sangat bermanfaat buat keseharian.. Salam Kenal.. Salam mystupidtheory :D

    ReplyDelete
  27. kreatif dan sangat mudah diterapkan tapi sangat bermanfaat. nice post. .salam sahabat blogger dan ditunggu kunjungan balik di bengkel blogger.

    ReplyDelete
  28. Keren.. Alatnya kreatif. Tangkap tikus sampai habis. Aku paling anti sama tikus

    ReplyDelete
  29. idenya mas Ucup sangat bagus mas
    saya ingin coba ini

    ReplyDelete
  30. mas.. pintunya dibiarkan tertutup gitu aja? jadi yg nyundul masuk tikusnya? atau dibuat terbuka kedalam, cara kerjanya seperti jebakan tikus yang dijual di pasaran? pingin nyoba.. kayaknya efektif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibiarkan tertutup saja mas, nanti tikus akan masuk karena melihat ada makanan di dalam botol. begitu tikus masuk nanti tidak akan bisa keluar lagi mas

      Delete
  31. ini nih yg ane cari sob, dikamar tidur ane byk bgt yg namanya tikus srantal sruntul, hehe... biar kapok nih..

    ReplyDelete
  32. Kreatif sekali kang, bisa buat sendiri perangkap tikus.

    ReplyDelete
  33. Di tempat saya Tikusnya GEDE-GEDE kucing ja takut..hehehe.. umpanya pake keju y kang??? kaya tom n jerry..hehehe

    ReplyDelete
  34. wihhh kereennn caranya sangat simplee sekali yah ternyata hihihi jujur sama sekali tidak terfikirkan oleh saya :v

    ReplyDelete
  35. wah,pinter juga ni buat perangkap tikusnya.Nanti saya cobain mas caranya :)

    ReplyDelete
  36. nemu artikel ini terbantu sekali, trims ya Kang..
    saia ada dendam membara sama tikus2 di rumah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. umpannya dikasih racun sekalian mbak, nanti tikus mati di dalam perangkap karena tidak bisa keluar.

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri