Keripik Dari Bonggol Pisang : Cemilan Sehat Kaya Serat

Sebentar lagi subsidi BBM akan dicabut yang katanya dana tersebut akan dialihkan pada sektor pendidikan, kesehatan dan pemeliharaan sarana umum. Dimana nanti sekolah akan digratiskan sampai pada tingkat SMA. Slogan orang miskin dilarang sakit tidak akan ada lagi karena semua biaya pengobatan dan perawatan khususnya bagi warga yang tidak mampu akan dijamin seluruhnya oleh negara. Itu masih katanya, kenyataannya kita lihat saja nanti.

Naiknya harga BBM tentu akan diikuti dengan naiknya harga kebutuhan pokok yang lain. Tidak terkecuali harga cemilan seperti keripik. Namun tidak usah kuatir. Kalau harga keripik ikut naik, kita bisa mensiasatinya dengan membuatnya sendiri. Silahkan baca : Belajar membuat keripik tahu atau Ketahui cara membuat keripik singkong balado.

Dan kali ini saya akan membagikan lagi cara membuat keripik dari bahan yang mungkin tidak lazim, yaitu keripik dari bonggol pisang. Bonggol pisang dipilih karena bahan ini bisa didapat dengan cuma-cuma alias gratis. Namun, banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah : Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C. Selain itu, keripik bonggol pisang juga kaya akan serat sehingga dapat dijadikan cemilan yang menyehatkan.

Keripik Dari Bonggol Pisang : Cemilan Sehat Kaya Serat
Sumber gambar : http://balitbu.litbang.deptan.go.id/
Tanpa perlu panjang lebar lagi, silahkan disimak baik-baik bagaimana cara membuat keripik dari bonggol pisang berikut ini.

Bahan yang diperlukan :
  •  250 gr bonggol pisang (Pilih boggol pisang dari pohon pisang raja atau pisang kepok)
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 kg tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Perenyah kue secukupnya
  • 1 kg minyak goreng
  • 2 siung Bawang putih
  • 1 cm kunyit (Sebagai bahan pewarna alami agar tampilan keripik tampak menarik. Ambil airnya saja)
  • Air
Cara Membuat keripik bonggol pisang :
Kupas bonggol pisang kemudian cuci bersih. Iris tipis sesuai selera kemudian rendam irisan bonggol pisang ke dalam air bersih selama 24 jam dengan tujuan untuk mendapatkan keripik bonggol pisang yang renyah dan tidak pahit. 
Setelah direndam, angkat dan tiriskan irisan bonggol pisang supaya kering sambil membuat adonan untuk kulitnya menggunakan campuran tepung beras dan bumbu yang sudah dihaluskan. Buat agak encer.
Setelah adonan jadi, masukkan irisan bonggol pisang lalu goreng sebentar pada minyak yang tidak terlalu panas, kemudian goreng lagi dengan minyak panas. Jadi sebaiknya siapkan dua buah penggorengan. Dengan cara dua kali penggorengan seperti ini maka akan didapat hasil keripik bonggol pisang yang renyah. 
Setelah keripik berwarna kuning kecokelatan segera angkat dan tiriskan.

Dengan begitu, keripik dari bonggol pisang sudah siap untuk dihidangkan.

Selamat mencoba :)

Comments

  1. Wah kalo keripik dari bonggol pisang asli saya mah baru tahu kang, mengandung banyak vitamin lagi, waduuuh koq saya gak tahu ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee...diriku ternyata dapet petromax, yesss..... :D

      Delete
    2. haha..petromaxnya buat cadangan kalau mati lampu ya mas :D

      Delete
    3. Penasaran rasa Kripik Bonggol pisang ini saya Kang Ucup
      Boleh Kang Ucup membaginya sebagai Hadiah...?

      Delete
    4. boleh mas Saud, mau dikirim kemana nih mas :)

      Delete
    5. jangan lupa saya juga Kang, ni blutut nya udah aktif juga lo :D

      Delete
  2. emang enak gitu mas keripik dari bonggol pisang? dan baru tau juga nih sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang ori nggak begitu enak sih mbak, tapi bisa juga kalau mau dikasih perasa supaya lebih enak :)

      Delete
    2. yang ori juga kalau yang bikinnya ibue' mah tetep enak ko kang

      Delete
    3. apalagi klo udah jadi trus dikirim ke saya :)

      Delete
  3. Pengen tahu rasanya keripik dari bonggol pisang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah saya juga baru tahu mbak astri ada kripik dari bonggol pisang gimana rasanya tuh, siapa juga penemunya kang... bisa dipatenkan ni mah...hihi

      Delete
    2. sudah lama kok mas, dulu sempat juga keluar di TV.

      Delete
    3. kasihan....padahal disuruh masuk ajah mang...kenapa malah disuruh keluar sih?

      Delete
    4. yang bener masuk apa keluar sih :D

      Delete
    5. yang bener tu suk suk keluar masuk..... :D adeh malah ngelantur ini ....

      Delete
  4. Saya pernah dengar kang tentang keripik dari bonggol pisang. tapi saya belum pernah nyicip sihh.. selama ini, palingan keripik pisangnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena masih jarang ya mas, jadi keripik bonggol pisang ini agak sulit ditemui

      Delete
    2. Mungkin juga kang, selama ini masyarakat masih sedikit yang tahu tentang keripik Bonggol Pisang.. ;)

      Delete
  5. wah ternyata bonggol pohon pisang bisa juga dijadikan camilan sehat kaya serat, musti dicoba nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bonggol pisang tertentu saja kok mbak yang bisa dibikin keripik :)

      Delete
  6. wah keliatanya enak kang apa lagi di tambah serbuk balado kesukaan saya pasti maknyauss,ijin simpan buat di praktekkan maklum banyak bonggol pisang yang tak di manfaatkan di desa saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu mas, rasa keripiknya jadi terasa pedas. pasti nggak mau berhenti ngemil :D

      Delete
  7. saya baru tahu juga Kang kalau bonggol pisang bisa di olah jadi camilan, rasanya seperti apa yaa?

    ReplyDelete
  8. Pisang memang tumbuhan serba manfaat, dari mulai bonggol sampai jantung bisa kita bermanfaat bagi manusia..
    Kripik Bonggol rasa balado kayanya mantap kang..

    ReplyDelete
  9. pernah dengar cuman belum pernah makan kripik ini.. dibali kayaknya banyak di jual kripik ini.

    ReplyDelete
  10. selama ini saya tahunya selain buahnya, jantung pisang bisa diolah...tapi ternyata bonggolnyapun bisa jadi camilan lezat ya kang...makasih infonya kang..

    ReplyDelete
  11. Bener nih bongol pisang bisa jadi kripik
    tapi ko ga ada bukti gambar kripik
    yang renyah dg suara krik-krik
    dan kenapa bahannya lebih banyak tepung berasnya yg diracik
    jadi rempeyek bongol pisang apa keripik

    :D

    ReplyDelete
  12. Kreatif, dan masih banyak mengandung gizinya sekalipun ada getahnya.

    Makasih juga udah berbagi racikannya, ^.^

    Ini bisa saya coba dirumah.

    ReplyDelete
  13. Penasaran sama rasanya, sayangnya pak ucup gak nyertain tester produknya ya :)

    ReplyDelete
  14. Keripik dai bonggol pisang enak juga tuh mas,,,, apalagi kalau buat temen nyemil sama ngopi. Mnataps.,,,,,

    Salam

    ReplyDelete
  15. Baru tau dan baru denger saya Kang, kalau Bonggol pisang bisa di buat
    Keripik. wah Kang Ucup memang sangat Kreatif. deh rasanya kaya apa ya Kang..?

    ReplyDelete
  16. wah saya malah baru tahu kang kalau bonggol pisang bisa juga dibuat makanan, saya tahu nya malah jantung pisang yang bisa, yakni dibikin sayur hehehe ide kreatif kang :)

    ReplyDelete
  17. Jujur saya baru tau nih nama makanan bonggol pisang, di daerah saya gak ada sama sekali yg jualan ginian. Ntar tak coba deh buat sendiri hehe :)

    ReplyDelete
  18. sungguh kreatif ...
    bisa nih sayajadikan salah satu ide usaha.. soalnya belum ada d tempat saya.. bagaimana rasanya enak kah kang ,,,

    ReplyDelete
  19. penasaran pengin mencicipi, solusi kreatif sumber makanan sehat

    ReplyDelete
  20. baru tahu kang... ternyata nama domain wismakreatif, emang kreatif ya kang,,,,
    gimana rasanya ya kang, jadi penasaran...

    ReplyDelete
  21. kreatif sekali, kalau disini sudah tidak ada pohon pisang, lebih baik kang ucup memproduksi sendiri, nanti produknya banyak yang beli, termasuk saya, hehe :)

    ReplyDelete
  22. Rasanya gimana ya, blum pernah coba..
    Pernahnya cuma kripik pisang doank..

    ReplyDelete
  23. nyam nyam.. pasti enak tuh rasanya,keripik dari bonggol pisang

    ReplyDelete
  24. Suer Kang, Saya malah baru dengar ini, kalau bonggol pisang bisa di jadikan cemilan keripik

    ReplyDelete
  25. membuatnya membutuhkan ketekunan dan ketelitian ya kang, soalnya jika tidak begitu, pasti hasilnya ndak enak, :D

    ReplyDelete
  26. jadi ingat kata ibu saya,,,dulu katanya lagi jaman susah bodogol pisang ini dijadikan salah satu makanan pengganti ,,,ternyata memang benar adanya yah,bahwa bodogol pisang ini kaya akan manfaat.,..nice pos Kang ....ijin comot resepnya....

    ReplyDelete
  27. Kunjungan rutin Kang Ucup, simak lagi kripik
    Bonggol Pisangnya, penasaran kaya apa ya Rasanya :)

    ReplyDelete
  28. bonggol pisang itu akarnya ya kang? jadi kepingin nyoba :D

    ReplyDelete
  29. wah namanya pisang semua bisa di olah ya, mantap

    ReplyDelete
  30. wah... bonggol pohon pisang ternyata bisa dijadikan kripik yia bos, kalau boleh tau ini semua jenis pisang apa hanya pisang tertentu bos?

    ReplyDelete
  31. Rasanya gimana tu mas? Belum pernah nyoba saya. Tapi bukannya bonggol pisang ada getahnya ya mas, apa ga bikin lidah gatal kalau memakannya. :D

    ReplyDelete
  32. keripik bonggol pisang, rasanya seperti apa?

    ReplyDelete
  33. Boleh juga resepnya mas :D kayaknya enak ini...

    ReplyDelete
  34. .. wachhhhh,, bagi^ tester nya donk. pengen nyoba dulu. he..86x ..

    ReplyDelete
  35. kalau bonggol pisang nya laris, kemungkinan buah pisang jadi turun kang harga nya dipasaran hehehe :D

    ReplyDelete
  36. Kreatif, kebetulan samping rumah ada pohon pisang, kayaknya bisa langsung praktek,
    Trimakasih kang resepnya

    ReplyDelete
  37. wow baru tau nih saya kang kalau bonggol pisang bisa di jadikan kripik.. terus rasanya seperti apa ya kang.. apakah ada sepet sepetnya gitu rasanya.. hehehehe :D

    ReplyDelete
  38. Wah bisa dijadiin kripik bonggol pisang. Baru tau juga rasanya gimana kang?

    ReplyDelete
  39. makin banyak aja ya kang jenis cemilan jaman sekarang, bisa dibuat dari bahan apa saja :)

    ikutan lomba yuk di blog Dicuekin.com :D

    ReplyDelete
  40. resep yahut..coba dulu, bisa dimodif tambah jahe

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri