Manfaat Vs Efek Samping Mengkonsumsi Daun Katuk

Semua pasti sudah tahu kalau daun katuk merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai pelancar ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Daun katuk dapat dibuat menjadi sayur atau bisa juga dibuat jus. Apa saja kandungan yang terdapat di dalam daun katuk, berikut yang saya dapatkan dari Om Wiki.

Daun katuk mengandung hampir 7 % protein dan serat kasar sampai 19 %. Daun katuk kaya vitamin K, beta karoten, vitamin B, dan vitamin C. Daun katuk juga mengandung kalsium, zat besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi. Cara memanfaatkan daun katuk dapat diolah seperti kangkung atau daun bayam.

Berikut beberapa manfaat yang saya rangkum dari beberapa sumber :
    Manfaat Vs Efek Samping Mengkonsumsi Daun Katuk
  • Dun katuk dipercaya dapat melancarkan ASI.
  • Mencegah Osteoporosis karena mengandung kadar kalsium yang tinggi
  • Mengandung efedrin karena itu sangat baik bagi penderita influenza
  • Kaya senyawa yang dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma, serta mampu membangkitkan vitalitas pria dan wanita.
  • Merupakan sumber vitamin A yang berguna untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, dan menjaga kesehatan kulit
  • Senyawa utama tubuh untuk pembuatan kolagen, pengangkut lemak, pengangkut elektron,pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas. Juga untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak supaya dapat bekerja dengan maksimal.
  • Daun katuk kaya akan klorofil yang dapat membersihkan jaringan tubuh dan tempat pembuangan sisa metabotisme, mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh.
  • Daun katuk dapat digunakan sebagai pelangsing tubuh.
  • Daun katuk dapat menanggulaingi anemia karena daun katuk mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Setiap 100 gr daun katuk mengandung sekitar 2.7 mg zat besi.
  • Mencegah dan memperbaiki ganguan reproduksi pada pria dan wanita.
  • Menghambat penyakit jantung serta ganguan pembuluh darah
Namun perlu diketahui bahwa daun katuk mengandung papaverina, yaitu suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Mengkonsumsi daun katuk secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.

Mengkonsumsi daun katuk sebanyak 150 gr dalam keadaan mentah selama 2 sampai 7 minggu, dapat menimbulkan efek samping seperti sulit tidur dan sesak nafas. Hal semacam ini pernah terjadi di Taiwan ketika 44 orang mengkonsumsi jus daun katuk mentah. Namun gejala tersebut berangsur-angsur menghilang setelah pemakaian dihentikan selama 40-44 hari.

Selain itu, kasus kelainan paru-paru juga terjadi pada mereka yang mengkonsumsi daun katuk mentah dalam jangka waktu yang cukup lama. Pengobatan yang dilakukan pada penderita hampir tidak membuahkan hasil. Protozoa yang terdapat pada daun katuk disinyalir menjadi penyebabnya.

Meskipun daun katuk mempunyai banyak manfaat, namun apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Karena itu, untuk menghindari segala efek samping yang ditimbulkan, sebelum mengonsumsi daun katuk lebih baik dilakukan proses perebusan terlebih dahulu. Proses perebusan ini dilakukan untuk menghilangkan sifat racun yang terdapat dalamnya.

Comments

  1. Dari artikelnya memang cakep ulasannya tapi kok aneh sumbernya enggak disebutkan dengan jelas ya pak?

    Kan ciri artikel berkualitas ada sumber referensinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tulisan yg kita sajikan pasti berdasarkan pengalaman, membaca dan lain-lain sebagainya ,,, dari stu kita mencoba menyajikan kembali dengan gaya dan bahsa kita sendiri ,,, :)

      Salam Suskses Mulia ,,,,

      Delete
    2. sepertinya sudah saya sisipkan link aktif dari sumbernya Pak :)

      Delete
  2. weeeww.... banyak amat ternyata manfaatnya .... :)

    ReplyDelete
  3. sudah tak dinyana lagi khasiat daun katuk, terutama bagi para bapak yang istrinya baru dan akan melahirkan, katuk pasti jadi incaran menu utama hari-harinya deh

    ReplyDelete
  4. Ada gak sih nama lain dari daun katuk? Soalnya baru dengar nih..

    ReplyDelete
  5. wah ada efek samping nya juga ya , jadi harus sesuai aturan untuk mengkonsumsi daun katuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik :)

      Delete
    2. terimakasih ya kang atas infonya , dan terimakasih sudah bekunjung ke blog kami :)

      Delete
  6. banyak menafaat daun katuk ya di M'sia dipgelar asin-asin

    ReplyDelete
  7. Saya pernah makan kripik daun katuk, rasanya enak hanya saja udah tersugesti kalau daun katuk itu itu memperlancar ASI, alhasil malah ngerasa eneg sendiri. hehe.

    ReplyDelete
  8. Banyak banget manfaatnya yah mas daun katuk itu. Tapi ko saya baru denger mas ada daun katuk.. Hehe :D

    ReplyDelete
  9. selamat sore mas... kalau saya baru pertama kali ini mendengar yang namanya daun katuk, ternyata yang namanya daun katuk banyak sekali ya Sob manfaatnya...

    ReplyDelete
  10. gara-gara keburu ada tamu...saya jadi lupa mo ngomenta apa ya..

    ReplyDelete
  11. berarti harus diperhatikan juga biar nggak overdosis ya kang :D

    ReplyDelete
  12. ternyata daun katuk juga bisa menyebabkan keracunan papaverin dan susah tidur ya kang ... hmmm, untungnya kau gak pernah konsumsi hehehee

    ReplyDelete
  13. wah boleh juga nih... :) cuman gatau dimana nyari daunnya yaw.. :)

    ReplyDelete
  14. Saya malah baru tau tentang daun katuk ini mas, btw terimakasih mas sharingnya,,,dengan membaca artikel ini saya tau akan daun katuk yang sebelumnya blum pernah tau.

    ReplyDelete
  15. ternyata sangat dahsyat ya kasiat daun katuk untu ibu ibu yang menyusui.. pantesan orang tua jaman dulu tu kalau anak perempuannya habis ngelairin di buatkan jamu daun katuk

    ReplyDelete
  16. Saya jadi ingat pertama kali makan Sayur Daun Katuk saat duduk di bangku SD di Jakarta. Era taon 1976 gitu deh,. Tahun jadul memang. Saat itu ada acara masak masak , grup sekelas kami kebagian masak pake daun katuk

    ReplyDelete
  17. baru denger daun katuk perlu di coba nich tapi efek sampingnya ?

    ReplyDelete
  18. masih penasaran dengan daun katuk nih kang.soalnya belum pernah dengar apasih nama lainnya?liat gambarnya juga masih bingung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau nanti saya paketin buat mas Yanto :)

      Delete
  19. wah ternyata selain punya manfaat, punya efek samping juga ya kang, saya malah jarang banget nih makan daun katuk ;)

    ReplyDelete
  20. Kalau aku nyebutnya, duan katup. Karena kalau malam, daunnya terkatup (kuncup)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau malam jarang merhatiin mas, ternyata mas Rian jeli juga ya :-)

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri