Manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan

Bagi sebagian orang, makan permen karet ditakutkan dapat merusak gigi dan apabila sampai tertelan, maka permen karet akan menempel di usus sehingga akan menimbulkan masalah. Ternyata semua itu hanyalah mitos belaka. Permen karet yang tertelan akan tetap dapat dicerna dan dapat keluar ikut bersama feses. Jadi, tidak perlu kuatir lagi kalau mau makan permen karet :)

Sebagian orang lagi mengatakan kalau kebiasaan mengunyah permen karet merupakan kebiasaan yang tidak baik. Ada yang bilang mengunyaj permen karet dapat menekan nafsu makan, ada juga yang bilang mengunyah permen karet justru membuat perut jadi suka lapar.

Terlepas dari itu semua, ternyata permen karet tidak selamanya berdampak buruk. Penelitian membuktikan bahwa ada beberapa manfaat yang didapatkan saat mengunyah permen karet. Apa saja itu, berikut beberapa manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan.

Manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan

Meningkatkan konsentrasi
Setelah dilakukan penelitian, ternyata mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi terutama ketika bekerja menggunakan memori otak.
Permen karet dapat meningkatkan kinerja dan aktivitas otak seseorang. Ketika mengunyah permen karet, bagian hippocampus pada otak, yang berperan utama dalam menyimpan memori terstimulus. Selain itu, aliran darah di otak serta denyut jantung meningkat serta meningkatkan pemompaan oksigen. Sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar.

Membantu memperbaiki pencernaan
Mengunyah permen karet dalam kondisi setelah makan. Air liur yang diproduksi saat mengunyah permen karet mampu menjaga tingkat keasaman lambung sehingga baik untuk pencernaan. Permen karet juga dapat melindungi gigi dari pembusukan, dan juga membuat rahang di mulut kuat.

Meredakan stres
Permen karet dipercaya bisa mengurangi stress dan rasa cemas. Selain itu mengunyah permen karet dapat meningkatkan kinerja dan kepercayaan diri menjadi lebih baik. Mengunyah permen karet mampu membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Menjaga keseimbangan pendengaran
Pada telinga tengah terdapat saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut yang disebut saluran Estachius. Fungsi saluran ini adalah untuk menyeimbangkan tekanan udara di luar dan di dalam telinga sehingga gendang telinga tidak rusak. Telinga bagian tengah berfungsi untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga luar ke telinga dalam. Pada saat melakukan perjalan jauh, biasanya saluran Estachius akan tersumbat oleh udara. Dengan mengunyah permen karet sepanjang perjalanan, Estachius tidak akan tersumbat.

Mengencangkang kulit wajah
Cukup dengan mengunyah permen karet wajah akan terlihat segar secara alami. Sebuah penelitian menyatakan, mengunyah permen karet selama 15 menit setiap hari bermanfaat bagi otot wajah. Karena saat mengunyah dapat memperlancar aliran darah di bagian wajah.

Namun dalam memilih permen karet harus jeli. Untuk mendapatkan manfaat yang baik terutama bagi kesehatan, lebih baik memilih permen karet yang rendah gula atau yang tanpa gula sama sekali. Pilih juga permen karet dengan warna alami. Permen karet dengan warna ngejreng bisa jadi menggunakan bahan pewarna yang berdampak buruk bagi tubuh.

Mungkin itu saja beberapa manfaat mengunyah permen karet yang dapat saya sampaikan saat ini. Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian, saya mohon koreksinya.

Comments

  1. Kalau sudah ngomongin soal Permen Karet, jadi ingat langsung serial LUPUS aja deh, Heeiiehieei Soalnya identik dengan Permen Karet tuh. Kalau di Singapura sudah ada UU nya Yang buang permen karet sembarangan bisa kenda DENDA

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung kita tidak tinggal si singapura ya pak, jadi buang sampah sembarangan juga tidak apa-apa :D

      Delete
  2. Banyak juga ya manfaatnya mengunyah permen karet ini. Pantessan orang luar negeri kalo kerja sambil ngunyah :)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lihat di film-film juga mereka pada ngunyah permen karet ya mas :)

      Delete
  3. lha ini ternyata permen karet yang ke telen dapat di cerna ,baguslah jadi tak terlalu kawatir anak anak makan permen karet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tapi kalau anak-anak harus diwaspaai juga, karena takut nanti permen karetnya nyangkut di tenggorokan

      Delete
  4. Bisa juga buat olahraga y gan, kalo saya liat atlet pemain bola sering ngunyah permen karet

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. olah raga mulut mas, biar wajah tidak cepat keriput

      Delete
  5. Kalau saya gak deh...
    soalnya gigi saya berlobang mas..jadi untuk saat ini gak berani untuk mengunyah permen karet :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. takut ya mas, nggak apa-apa, kan sekalian membersihkan kotoran yang ada di dalam gigi yang berlubang :)

      Delete
  6. saya baru tahu info ini, heheh ternyata permen karet banyak manfaatnya. Tapi kalo giginya berlubang bete juga loh ngunyahnya :D salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...betul juga sih, bisa-bisa tertinggal di dalam lubang gigi ya mas :D

      Delete
  7. beneran nih,,,mau beli permen karet ah ntar,,,lumayan juga nih,,,

    ReplyDelete
  8. oh ya saya pernah denger juga permen karet katanya salah satu buat mengecilkan badan, soalnya kan katanya sih permen karet penahan lapar, tapi ga tau juga sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan mengunyah permen katanya bisa mengelabuhi otak supaya tidak mudah lapar

      Delete
  9. eh ngomong2 itu gambarnya koq seperti mantanku dulu yakang.kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu, gambarnya boleh disimpan mas :D

      Delete
  10. wah... ternyata banyak juga manfaat mengunyah permen karet yia bos... tapi kok saya sering denger ibu-ibu marahin anaknya yia, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimarahin karena jajan mulu mas, bukan karena alasan lain :D

      Delete
  11. kalau harus mengunyah permen karet tanpa gula terus gimana rasanya kang? hehee

    ReplyDelete
  12. wah saya sih ngga begitu suka sama permen, apalagi yang dikunyah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mbak kok sampai nggak suka sama permen ?

      Delete
  13. Dulu mah saya juga suka banget ngunyah permen karet kayak gitu kang sampe rasa manisnya ilang tetep aja blom dibuang abis seneng buat ditiup kayak balon gitu, dulu yang namanya permen karet nie cukup ngetrend juga gara-gara liat filmnya Lupus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, lupus identik dengan permen karet. saya juga suka tuh mas sama lupus, soalnya kocak banget anaknya :D

      Delete
  14. Mengencangkan kulit wajah ? wah cocok nih buat ane. biar tambah ganteng. hahaha #Ngimpi
    Nice info bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, biar gantengnya awet sampai tua :)

      Delete
  15. Banyak manfaatnya ternyata. tapi kadang ada yang mengunyah dengan lagak sok, mulut dan tatapannya gimana gitu :D. saya masih kecil sering beli permen karet. B*gbabol, hhaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sih orang yang sombong mas :D
      kalau saya sukanya permen karet rasa mint mas, untuk mengurangi bau mulut juga :D

      Delete
  16. tp ga sedikit juga ya akibat kurang baiknya mas kalau makan permen karet, misalnya membuat masalah pada gigi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rajin saja sikat gigi setelah mengunyah permen karet mbak :)

      Delete
  17. Salya tahunya kalau makan permen karet untuk lebih iseng saja mas, ternyata banyak juga ya, dan bisa menambah konsentrasi segala.

    Salam

    ReplyDelete
  18. Wah ternyata besar juga manfaat mengunyah permen karet...

    ReplyDelete
  19. saya mengetahui info ini dari acara DR OZ Indonesia kang, dan ternyata memang sangat banyak sekali manfa'at dari permen karet ini

    ReplyDelete
  20. intinya mengunyah permen karet sangat bermanfaat yah kang, nanti saya mau sering-sering ngunyah permen karet ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah mas, ada beberapa manfaat walaupun tidak menutup kemungkinan ada juga bahayanya :)

      Delete
  21. ternyata bisa menjaga keseimbangan pendengaran ya.... , kalo mengencangkan wajah sich..sudah salam saya tahu...terkait dengan senam wajah saat mengunyah permen karet....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  22. ini nih kayaknya patut di coba, yang nggak nahan awet mudanya itu loh mak jlebb banget deh hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...pengennya awet muda terus ya mas :D

      Delete
  23. Mengunyah permen karet berguna juga untuk ngilangin gugup. Aku pernah ngalamin. Sebelum ujian sekolah, dulu sering ngunyah permen. Biar gk gugup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga salah satunya mas, wah terima kasih sudah menambahkan. daripada goyang-goyang kaki mending makan permen karet untuk ngilangin gugup ya mas :D

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong

Kupu-kupu cantik dari sampah daun