Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya

Rambut panjang kurang perawatan dan lingkungan yang kurang bersih dapat menyebabkan kepala dihinggapi kutu rambut. Rambut kepala merupakan hunian yang nyaman bagi mereka. Mereka dapat hidup dan berkembang biak dengan baik di dalam rimbunnya rambut kepala yang kotor. Kutu rambut ini akan menghisap darah di kepala sampai benar-benar merasa kenyang. Kegiatan seperti ini yang membuat kulit kepala menjadi gatal-gatal bahkan lebih parah lagi kulit kepala bisa terinfeksi bakteri. Nggak enak banget kalau pas berada di lingkungan umum harus garuk-garuk kepala terus.

Kutu rambut dapat menular melalui sisir, handuk, bantal, bersentuhan langsung dengan rambut orang yang dihuni kutu. Kutu rambut juga dapat berpindah dari satu kepala ke kepala yang lain dengan cara melompat. Seperti sepidermen ya :D

Mengusir kutu rambut dari kepala bukanlah pekara mudah. Meski sudah menggunakan sisir khusus untuk kutu namun kutu rambut masih tetap ada. Itu karena telur atau anak-anak kutu yang kecil masih tertinggal di kepala. Bahkan setelah diberi obat kimia kutu rambut tetap saja ada. Kalau sudah begini jalan satu-satunya adalah dengan menggunduli rambut.

Jika kepala sudah terlanjur didiami kutu rambut tapi mau beli obat di apotek merasa malu, lebih baik gunakan obat pembasmi kutu rambut dari bahan alami berikut ini. Cara membuatnya mudah, selain itu anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Bahan apakah itu ?

Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya

Daun sirsak. Daun sirsak ternyata dapat membunuh parasit dan bakteri termasuk kutu rambut. Cara menggunakannya cukup dengan melumat beberapa lembar daun sirsak (bisa menggunakan blender) kemudian diusapkan-usapkan pada kulit kepala hingga merata. Diamkan beberapa saat kemudian bilas. Hal ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari sampai kutu rambut tidak ada lagi. Nah...mudah sekali bukan ?

Setelah kulit kepala terbebas dari kutu rambut yang menjengkelkan, sebaiknya lakukan pencegahan supaya kutu rambut tidak kembali lagi. Mencuci rambut dengan sampo minimal 3 kali dalam seminggu adalah tindakan yang harus selau dilakukan.

Demikian sekilas mengenai kutu rambut dan cara mengatasinya. Ingat selalu bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Salam :)

Comments

  1. walah, ternyata daun sirsat bisa buat ngebunuh tu kutu (tumo) ya Kang, sngat berguna sekali ni Kang infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee....ngomong tumo...jadi inget sama si m'bah

      Delete
    2. ish jangan bilang gendut...ntar ada yang sensi loch...:D

      Delete
  2. dulu waktu SD aku kutuan,,terus di sampo pake peditok..ilang deh kutunya,,,hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah .... bukanya mbk dwi sekarg juga msh bnyak kutunya .... xixixixixi /....hayuuuuu ngaku .... :D :P

      Delete
    2. kalo masih ada kutunya berarti peditoknya kurang ampuh mas, musti pake jurus terakhir tuh dengan cara disisir serit kayak emak-emak hehehe

      Delete
    3. sudah pada pengalaman ternyata :D

      Delete
    4. hahahahahha, iya serit ntu alat nyari ktunya emak2 ...

      Delete
  3. drpd susah susah nyari daun sirsak mendingan digundulin aja kang,dijamin kutu nggak datang lagi.kwkwkw

    ReplyDelete
  4. wah... sangat cocok sekali nih buat yang terkena kutu rambut, alhamdulillah saya nggak pernah kena, hehehe.....

    ReplyDelete
  5. kata tetanggaku sob, caranya itu gampang loh, pake autan sob, olesin rambut pake autan trs di tutup ama kain selama satu malam... nanti besoknya dibuka kutu2nya pd mati, baru bilas pake sampo... aku sih blm pernah nyoba, coz rambutku bersih.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayakanya ide baru nie mas, saya mah kangan kata rambut saya diolesin autan mas lawong pake autan di kulit aja gak betah banget saya mah :D

      Delete
  6. Daun sirsak bisa juga ya kang untuk dijadikan sebagai pembasmi kutu rambut, mungkin buat yang rambutnya pada kutuan bisa dicoba nie tips yang ditulis kang Ucup :D

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat kang.. Bisa di coba tips klo pas lagi banyak kutu.. Hehe.. Makasih kang..

    ReplyDelete
  8. baru tau klu daun sirsat bisa basmi kutu, thanxs infonya bermanfaat.. kirain daun sirsat cuma buat jamu

    ReplyDelete
  9. Saya paling benci yang namanya Kutu itu mas..gatel banget soalnya..
    Saya akan coba dengan cara ini untuk mengatasi ketombe tersebut :) makasih ya mas ;)

    ReplyDelete
  10. saya mah yakin...pengalaman pribadi banget soal kutu rambutnya ini mah lah.

    ReplyDelete
  11. daun sirsak banyak sekali manfaatnya , tapi susah di daerah ku cari daun sirsak

    ReplyDelete
  12. untung rambut saya tak potong pendek terus mas, alias semi gundul jadi alhamdulilah ga ada kutunya, untuk tips ini biar saya kasih tau ke teman saya satu kantor masak masih kutuan mas....hehe..

    ReplyDelete
  13. Wah begitu ya, alhamdulillah saya belum ada kutu, hahahha

    ReplyDelete
  14. terima kasih infonya mas, bermanfaat bgt nanti saya akan kasih tau sama sodara2 saya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri