Manfaat Cokelat Hitam (Dark Chocolate) Bagi Lansia.

Pada umumnya cokelat sangat disukai anak-anak hingga para remaja karena rasanya yang manis. Mengonsumsi cokelat juga dapat membuat bahagia. Itu karena zat phenethylamine yang terkandung di dalam cokelat, yang mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin adalah hormon yang dapat membuat seseorang merasa seperti sedang jatuh cinta.

Lemak pada cokelat justru baik untuk kesehatan, karena lemak cokelat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Cokelat juga mengandung antioksidan yang berfungsi mereduksi radikal bebas di dalam tubuh dan dapat mencegah timbulnya aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah pada tubuh. Tapi, tetap saja tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi cokelat, karena kandungan gula dan lemak yang tinggi pada cokelat juga bisa meningkatkan berat badan.

Bagi para lansia, dianjurkan untuk memilih cokelat hitam saja. Karena gula yang terkandung dalam cokelat hitam hanya 20-30% saja. Karena itu, rasa cokelat hitam sedikit pahit.

Manfaat Cokelat Hitam (Dark Chocolate) Bagi Lansia

Manfaat Cokelat Hitam (Dark Chocolate) Bagi Lansia.

Penyakit Arteri Perifer atau Peripheral Artery Disease (PAD) adalah penyakit kardiovaskuler yang paling sering mempengaruhi arteri pada kaki. Gejala ini sering menjangkiti seseoarang dengan usia di atas 70 tahun. Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan nyeri, kram atau kelelahan di kaki atau pinggul pada saat berjalan.

Dalam studi percontohan pasien pengidap PAD, 14 laki-laki dan enam perempuan berusia 60-78 meningkatkan kemampuan mereka untuk berjalan tanpa bantuan setelah makan cokelat hitam.

Setelah mengonsumsi cokelat hitam mereka berjalan rata-rata 39 meter lebih jauh dan 17 detik lebih lama dari pada hari sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan di kakao, yaitu Polifenol dapat meningkatkan aliran darah.

Comments

  1. wow, info yang sangat bermanfaat sekali kang. ketepatanditempatku banyak sekali manula yang membutuhkan info bermanfaat ini, biar nanti saya langsung share via mulut pada beliu beliu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin semacam penyuluhan gitu ya Pak :)

      Delete
    2. meskipun coklat hitam itu enak dan banyak manfaatnya tapi saya kurang begitu suka krn bikin gigi sakit setelah memakannya :D

      Delete
  2. wah,,ternyata bermanfaat banget ya,,terima kasih infonya kang,,,

    ReplyDelete
  3. manteb yaa boz manmaatnya. tapi saya gak suka dengan kopi coklat.
    tetapi infonya keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, sayang sekali nggak suka cokelat, padahal enak lo mas, anak saya juga suka banget tuh :)

      Delete
  4. Replies
    1. cokelat hitam disebut juga cokelat kesehatan mas :)

      Delete
  5. sy suka banget tuh kang ucup dengan cokelat ,,,,, hehehe

    ReplyDelete
  6. Mumpung masih pada muda. sebaiknya diperbanyak makan buah2an yg mengandung vitamin :D hehehe

    ReplyDelete
  7. wah saya suka baget cokelat, tapi kalau cokelat hitam sih belum pernah coba, kapan-kapan bolah coba ya kang, ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka mbak, tapi takut badan gedean hwehehe @@,

      Delete
  8. wihh biasanya coklat warnanya coklat ini malah hitam nya :D

    ReplyDelete
  9. cokelat hitam kalau mau membelinya dimana tu mas, apa ada ya disetiap toko makanan, soalnya saya belum pernah makan cokelat hitam seperti ini :D

    ReplyDelete
  10. Baru tau nih disamping bisa membuat bahagia,ternyata coklat juga bermanfaat buat lansia yah mas.makasih mas informasinya.

    ReplyDelete
  11. wah walaupun saya belum jadi lansia tapi tidak ada salahnya yah menkonsumsi Dark Chocolate,mulai sekarang hehe

    ReplyDelete
  12. saya suka coklatttt..hmmm stok coklat terus untuk buka puasa hehehe

    ReplyDelete
  13. Cokelat adalah buah dari kebaikan alam. alam juga telah menyediakan kebutuhan, obat atau makanan untuk kita ya kangg.. :)

    ReplyDelete
  14. saya yang masih abegeh ini tentu belum perlu mengkonsumsi coklat hitam ini dong kang?

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri