Cara Membuat Sup Tofu telur puyuh

Satu lagi resep dengan bahan dasar telur burung puyuh akan saya hadirkan di sini. Kali ini telur puyuh akan dikombinasikan bersama tahu sutera (tofu), daging ayam, ebi dan jamur hioko (shiitake). Namanya adalah Sup Tofu telur puyuh.

Bagaimana cara membuatnya, langsung saja simak baik-baik bahan dan caranya di bawah ini.

Bahan untuk Membuat Sup Tofu telur puyuh :
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • ½ cm jahe, cincang halus
  • 1 buah cabai merah, iris halus
  • 1 sdm ebi, rendam dalam air panas hingga lunak
  • 100 gr daging ayam, potong kecil
  • 2 buah jamur hioko, potong kecil
  • 1 sdm daun bawang, iris kasar
  • 500 ml kaldu ayam
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm air jeruk nipis/lemon
  • 250 gr egg tofu, potong kecil
  • 10 butir telur puyuh, rebus kemudian kupas kulitnya
  • 2 sdm tepung kanji
Taburan:
  • Daun ketumbar

Cara Membuat Sup Tofu telur puyuh
Sumber gambar : food.detik.com
Cara Membuat Sup Tofu telur puyuh :
  • Panaskan minyak sayur dan minyak wijen.
  • Tumis bawang putih dan jahe hingga wangi.
  • Tambahkan cabai merah, aduk hingga layu.
  • Masukkan ebi dan daging ayam, aduk hingga kaku.
  • Tambahkan jamur dan daun bawang, aduk hingga layu.
  • Tuangi kaldu, lalu didihkan.
  • Bubuhi saus tiram, kecap asin, air jeruk nipis.
  • Didihkan dengan api kecil hingga ayam matang.
  • Selanjutnya masukkan tofu dan telur puyuh, didihkan kembali.
  • Larutkan tepung kanji dengan air.
  • Tuangkan ke dalam sup, didihkan hingga kental.
  • Angkat, beri bahan taburan berupa daun ketumbar.
  • Sajikan disaat Sup Tofu telur puyuh masih dalam keadaan hangat
Banyak macam dan cara untuk menikmati telur kecil yang kaya manfaat ini. Salah satunya dengan dibuat menjadi Sup Tofu Telur Puyuh yang penuh gizi.

Comments

  1. Mantep banget ini sop gan. :) apalagi pakek telur puyuh soalnya ini salahsatu telur kesukaan saya :) walaupun kecil rasanya besar.

    ReplyDelete
  2. izin di copy ya, buat dprint. Biar istri dirumah nambahin menu masakan, hihi

    ReplyDelete
  3. Cocok bangett nihh kalo misalkan dijadikan menu untuk buka puasa / sahur :) saya izin Copy yah mas resep resepnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, silahkan di copy, jangan lupa di paste ya mas :)

      Delete
  4. wahh ini nih jagoo masakk bener mas nya...
    :-d

    ReplyDelete
  5. sup telur puyuh plus bakso pernah nyobain, kalau pakai tofu...ehmm sptnya bakal lbh menggugah selerah neh segernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak, kelembutan tofu saat di mulut .....hmm.... coba saja sendiri :)

      Delete
  6. berrrr disaat berpuasa gini disajikan gambar yg menggiurkan :D
    saya save dulu kang resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, supaya puasanya tambah semangat ;)

      Delete
  7. hahay...liat sekrinsotnya...nikmat dan makjleb banget tuh kang...cuman kayanya nanggung kalau sekarang kudu praktekin bikin SUP TOFU TELUR PUYUH ini mah deh ih...buat besok lagi deh yah

    ReplyDelete
  8. Wah ngiler saya kang.. Sore sore di hadapkan sup tofu telur puyuh. Hehehe.
    Di lihat dari bahan bahanya saja sudah ketauan kang betapa enaknya sup tofu nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas Nady. sudah ketahuan ya kalau sup tofu telur puyuh ini bakal enak rasanya :)

      Delete
  9. sepertinya enak nih Sup Tofu telur puyuh, saya ambil resep Cara Membuat Sup Tofu telur puyuh ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga Mang, jangan lupa langsng dicoba ya Mang :)

      Delete
  10. langsung izin fotokopi resepnya ya kang
    buat di coba bekal buka pauasa

    ReplyDelete
  11. Jadi ngiler dan ingin mebuat sup tofunya telor puyuhnya kang. Coba ah... :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dua orang yang ngiler, pertama mas Nady dan keduanya Pak Indra :D

      Delete
  12. jenis makanan baru ni yakang?belum pernah denger sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena beberapa bahannya saja yang terdengar baru ya mas :)

      Delete
  13. buat sahur ntar, mantep puoll
    telur puyuh favorit banget, sayang kolestelornya tinggi bnget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau takut kolesterol, telur puyuhnya nggak usah diikutkan mas :)

      Delete
  14. wau,, sueger nih pastinya. boleh nih sahur bersama pake sup tofu telur puyuhnya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. disajikan anget-anget cocok dihidangkan pada saat sahur ya mas :)

      Delete
  15. mudah mudahan ada waktu nih bikin nya serasa enak kalo buat sahur bisa jadi makan banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau waktu sahur tidak cukup boleh dilanjutkan sampai jam 7 pagi :)

      Delete
  16. Lihat gambarnya saja sudah ngiler, apa lagi kalo liah langsung. Jadi laper nich :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mas, anda adalah orang ketiga yang ngiler di komentar ini :p

      Delete
  17. SOP TOFU TELUR PUYUH NI SEDAP...TQ BERKONGSI RESEPI..

    ReplyDelete
  18. wajib di coba nih resep sup tofu nya kang.. menu buat berbuka kayanya ok juga.. :)

    ReplyDelete
  19. nyam..nyam.. itu kalo sampingnya ada samabal, ama kerupuk tambah seger ya mas :)

    ReplyDelete
  20. aduhh kanggg,.... buat tidak tahan mau buka puasa aja... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahan dikit mas, bentar lagi beduk maghrib tiba :)

      Delete
  21. sering bgt sharing soal telur puyuh nih.. bikin saya laper mas :D

    ReplyDelete
  22. Saya simpen dulu ya kang resepnya. Nanti kalau bahan-bahannya sudah siap langsung deh saya buat Sup tofunya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong

Kupu-kupu cantik dari sampah daun