Cara membuat sayur asem jawa

Sayur asem - Sayur ini memberikan efek menyegarkan ketika dimakan, baik itu pagi hari, siang ataupun malam (tentunya hanya bagi yang suka dengan sayur asem). 

Bagi yang ingin mencoba membuatnya di rumah, silahkan catat dan praktekkan bahan, bumbu dan cara memasak yang saya tulis di bawah ini :

Bahan membuat sayur asem jawa :

  • 500 cc air bersih
  • 2 ikat kacang panjang, potong-potong sesuai dengan selera
  • 2 sendok makan kacang tanah. Rebus dan kupas.
  • 1 buah labu siam dipotong dadu
  • 3 sendok makan kulit melinjo
  • 1 buah jagung manis
  • air asam jawa secukupnya


Bumbu :
  • 8 siung bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • 2 ruas jari lengkuas
  • cabe merah sesuai dengan selera

Sudah pernah coba membuat sayur asem Jawa ?

Cara membuat sayur asem jawa :
  • Masukkan air ke dalam panci, lalu masak sampai mendidih. Kemudian masukkan semua bumbu ke dalam panci.
  • Masukkan kacang panjang, kacang tanah, jagung manis dan kulit melinjo. Masak hingga setengah matang.
  • Terakhir. masukkan labu siam. sambil diaduk-aduk. lalu tambahkan air asam. Masak hingga matang.
Nah, sayur asem jawanya sudah jadi dan siap untuk dihidangkan.

Semoga berhasil :)

Comments

  1. yang paling aku suka di sayur asem ini.. kuah nya itu loo ^_^ sgeeerrrr!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas :)
      jagung manisnya juga enak mas :)

      Delete
  2. kalau sayur asem dimakan waktu tengah hari cocok banget yakang,seger banget menambah selera makan

    ReplyDelete
  3. asam bahasa jawannya kan kecut... berarti ini sayur kecut yia bos, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedikit kecut mas, lebih tepatnya seger, karena sayur ini ada bahan campuran dari asam jawa, bisa diambil sarinya saja atau diikutkan juga boleh, tergantung selera.

      Delete
  4. saya keturunan jawa, tapi tiap kali ibue bikin sayur asem ngga pernah dikasih nama sayur asem jawa deh :p

    ReplyDelete
  5. Wah sayur kesukaan saya nih, Namanya sayur asem tapi yg bikin saya heran rasanya ko tidak asem ya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya condong ke seger ya mas, kalau rasanya asem nanti dikira sayur basi mas

      Delete
  6. Berasa nikmat bgt dh klo makan sama sayur yg satu ini,, heee

    ReplyDelete
  7. Sayur asem Jawa paling nikmat dengan ikan teri asin medan dan kacang goreng kang. :D

    Salam

    ReplyDelete
  8. syur asem + tempe goreng + sambel = maknyus ,,,,,

    betul gtu kn kang ucup ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas Fiu, pas banget tuh buat menu siang hari :D

      Delete
  9. waduh,,,ini mah selalu ada di kantin sebelah kantor,,,tapi sekarang kantinnya tutup selama puasa,,,tiap hari aku makan ini,,,tapi lama2 blenek juga mas,,,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jangan keseringan lah mbak, sudah tentu blenek :p

      Delete
  10. Sayur asem, jodohnya sambel terasi kang. wuihhhhhh... tambah mantapppppss....

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong

Kupu-kupu cantik dari sampah daun