Cara Membuat Sambal Goreng Buncis

Buncis merupakan sejenis polong-polongan dimana buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Buncis kaya akan kandungan protein.dan vitamin dan dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah. Karena itu, buncis sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi.

Kali ini saya akan membagikan sebuah resep sederhana dengan bahan dasar buncis. Mungkin resep ini bisa digunakan sebagai teman makan sahur anda nanti bagi yang menjalankan.

Bahan-bahan :

Minyak sayur
2-3 Bawang merah, iris membujur
2 Siung bawang putih, iris tipis
2 Cabe merah, iris halus
2 cm Lengkuas, memarkan
400 gr Buncis, potong-potong
1 Buah tomat ukuran sedang, cincang
150 ml Santan
100 ml Air bersih
1 Sendok teh gula aren
Garam secukupnya
1/2 Sendok teh bubuk udang kering atau bisa juga menggunakan terasi

Cara Membuat Sambal Goreng Buncis
Sumber gambar : theguardian.com

Cara Membuat Sambal Goreng Buncis :

Panaskan 2 sendok makan minyak sayur dalam panci di atas api sedang. Tambahkan bawang merah, bawang putih, cabe dan lengkuas. Aduk semua bahan secara perlahan sampai bawang merah berubah warna menjadi kecoklatan.

Kemudian masukkan buncis dan tomat lalu tumis selama 2 sampai 3 menit. 

Tambahkan santan, air, gula aren, garam dan bubuk udang kering atau terasi. Didihkan selama 15 sampai 20 menit, aduk sesekali agar santan tidak mengental. Jika dirasa buncis sudah cukup matang, tapi tidak terlalu lembek, maka sambal goreng buncis bisa diangkat dari kompor dan siap untuk disajikan.

Selesai sudah Cara Membuat Sambal Goreng Buncis dan semoga bermanfaat untuk anda.

Comments

  1. Ini salah satu menu favorit saya Kang Ucup..hahahyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mas, kebetulan saya suka semua sayur sayuran :)

      Delete
    2. rasa pedasnya yang bikin enak.

      Delete
    3. Apalagi kalau nasinya panas enak bener deh sambal goreng buncisnya.

      Delete
    4. apalagi kalau nyocol sambal goreng buncisnya sambil nyanyi...cis kacang buncis nyengcle...nyengclenya di atas batu kali...lalalaa...yeyeyeee...laalaaa

      Delete
  2. berkuah yah, Mas, saya pikir keringan. tapi sedap kalau dimakan sama nasi putih hangat. lapar :D

    ReplyDelete
  3. wah boleh juga itu kang, kirim satu mangkok ke tempatku...buat buka nanti sore.

    ReplyDelete
  4. Hmmmm saya bisa lgsung praktek nih kang, kynya bisa menggugah selera makan nyam nyam

    ReplyDelete
  5. mantap ni resepnya, izin save gan.

    ReplyDelete
  6. wah kelihatannya mantab nih sambal goreng buncisnya, cocok buat menu sahur. hehee

    ReplyDelete
  7. wah,,enak banget nih kang,,,pintar masak ya si akang...

    ReplyDelete
  8. enak banget nih gan, kasih tau mama dulu ah . hehehe

    ReplyDelete
  9. wihh sedap nih kang, boleh dicobalah untuk buka atau sahur nanti hehe :D

    ReplyDelete
  10. kalau saya kurang suka ama sambel goreng kaena biasanya minyaknya banyak bangeet ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyaknya sedikit mas, kan cuma buat numis saja :)

      Delete
  11. saya sangat suka sambal goreng apalagi kalau ada ayam gorengnya, hehehe...
    sepertinya sambal goreng buncis boleh juga nih... cara membuatnya juga nggak terlalu sulit...

    ReplyDelete
  12. Wow sambel sambel sambeeeeeeeeel
    saya fans berat Sambel Soalnya makan berat kalau tidak ada sambel rasanya seperi tidak makan. Alias makan kolak aja Hiehiehiee. Sambel Buncis juga sudah pernah saya buat walaupun hasilnya agak mengharukanl hiehiehiheihee. Resep ini akan semakin menyempurnakannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Aku sih belum pernah nyoba sambel goreng buncis, biasnaya sambel goreng labu, krecek atau kentang.
    Kayaknya perlu nyoba nih ....... thanks resepnya ya kang :)

    ReplyDelete
  14. waw... kayak nya seger bener deh nih
    cocok banget untuk berbuka puasa :D

    ReplyDelete
  15. saya lebih suka kalau buncis di santan kang. di makan dengan lontong atau ketupat. hemmm.... jadi laparrrrrr.... Upsssss, lupa kalau sekarang bulan puasa.. hehehehe.. :D

    ReplyDelete
  16. sayangnya saya nggak suka buncis nih kang

    ReplyDelete
  17. kalo di saya gak disebut sambal goreng kalo begitu, oseng-oseng kalo gak salah

    ReplyDelete
  18. mantap krina ya kang, buncis termasuk makanan kesukaan saya dan saya siap praktekkan langsung caranya :D

    ReplyDelete
  19. saya paling suka kang kalau yang namanya sambal goreng buncis, boleh juga nih resepnya kapan-kapan saya mau coba ah... makasih sharingnya kang bikin ngiler nih :)

    ReplyDelete
  20. wah ternyata kang ucup pintar masak juga toh hehehehe.. oya kirain yang namanya sambel goreng itu kering kang.. eh ternyata ada kuahnya juga to.. maklum kang saya kurang paham kalau masalah masakan hehehe :D

    ReplyDelete
  21. cocok untuk sahur nich kang,apa lagi yang pedas pedas ini kesukaan istri banget

    ReplyDelete
  22. Wah ahli masak juga to, salut tenan.

    ReplyDelete
  23. nyam nyam.. pasti wuenaak nih,tapi ntar aja dimakan pas buka puasa hehe..

    ReplyDelete
  24. langsung di catat untuk dibuat buka besuk kang,,, sepertinya sangat sueger di makan sama lalapan. hehe. thx

    ReplyDelete
  25. Sama seperti sayur buncis ya kang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong

Kupu-kupu cantik dari sampah daun