Membuat Telur Asin dari Telur Burung Puyuh

Selain enak dibuat sate, telur puyuh dapat diolah menjadi telur asin. Seperti halnya membuat telur asin menggunakan telur itik, proses pembuatannya sama persis. Mungkin yang membedakan hanya lamanya proses penggaramannya saja. Karena kulit telur puyuh lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit telur itik.

Untuk Membuat Telur Asin dari Telur Burung Puyuh dibutuhkan ;

Alat dan bahan :

1. Telur Puyuh
2. Garam
3. Abu gosok atau bata merah halus.
4. Baskom atau ember plastik

Cara Membuat :
Membuat Telur Asin dari Telur Burung Puyuh

1. Pilih telur puyuh dengan kualitas baik. Telur dalam kondisi utuh dan tidak retak pada kulitnya.
2. Cuci telur puyuh untuk membersihkanya dari kotoran yang melekat.
3. Tiriskan sampai permukaan telur puyuh yang telah dicuci tersebut kering. 
4. Buat adonan untuk mengasinkan telur. Adonan yang digunakan sama seperti adonan untuk mengasinkan telur bebek. Campurkan garam dan abu gosok dengan perbandingan 2 : 1. Kemudian tambahkan air secukupnya sampai adonan menjadi sedikit mengental. Selain abu gosok dapat juga menggunakan bata merah yang dihaluskan.
5. Membungkus setiap telur puyuh dengan adonan pastinya akan memakan waktu yang cukup lama. Jadi bisa diganti dengan cara membenamkan telur-telur puyuh ke dalam adonan.
6. Simpan telur puyuh dalam wadah baskom atau ember plastik selama 5 - 7 hari. Letakkan pada ruang terbuka.
7. Setelah 5 - 7 hari, bersihkan telur puyuh dan dengan hati-hati untuk menjaga telur puyuh dalam keadaan baik.
8. Terakhir, rebus telur puyuh dan telur puyuh asin siap untuk dinikmati.

Dengan menjadikan telur puyuh menjadi telur asin, maka daya simpan telur akan sedikit lebih lama dengan rasa yang lebih gurih tentunya. Bagi yang gemar makan telur puyuh, rasanya belum lengkap kalau belum mencicipi Telur Asin dari Telur Burung Puyuh :)

Comments

  1. Met pagi Kang,,,
    Wah boleh juga nich ilmunya di peraktekan. Siapa tau kalo ditekuni bisa jadi penghasilan yang bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang mas ....
      haha...bisa jadi juragan telur puyuh nanti mas :)

      Delete
    2. namanya juga juragan..pasti duitnya banyak.

      Asal jangan jadi juragan kemplud saja ya :p

      Delete
  2. menurut rumornya telor puyuh itu banyak kolesterol, benarkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kolesterol yang terkandung dalam telur puyuh justru kolesterol yang baik untuk tubuh Pak De, jadi aman untuk dikonsumsi segala usia :)

      Delete
    2. hiya pak bener apa yang di bilang kang ucup. saya pernah baca keterangannya di trubus

      Delete
    3. hiya pak bener apa yang di bilang kang ucup. saya pernah baca keterangannya di trubus

      Delete
  3. Bisa juga ni dicontoh tipsnya sebagai cemilan nonton piala dunia ya kang, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti malah ganggu acara nonton mas, kan ngupasnya lumayan susah karena telur puyuh kan kecil-kecil :)

      Delete
  4. Wah ternyata telur burung puyuh juga bisa jadi telur asin ya, tapi kan kecil? :D

    ReplyDelete
  5. Bisa jadi bisnis sampingan y kang?
    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  6. Tampil beda ya telur asinnya ... kali ini kecil dan bintik-bintik , jadi telur asin gak cuma telur berukuran besar berwarna hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, biar nggak jenuh melihat telur asin yang warnanya hijau melulu :)

      Delete
  7. ide kreataif sebab biasanya kan terbuat dari telur ayam sama bebek

    ReplyDelete
  8. sayangnya saya sudah nggak berani lagi makan telur puyuh, soalnya penyebab kolesterol tertinggi

    ReplyDelete
  9. asiiik dapat ilmu lagi :)
    mas ucup memang kretif sekali, sampai kepikiran menjadikan telur puyuh jadi telur asin, terima kasiih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar tidak bosan dalam mengonsumsi telur puyuh mas :)

      Delete
  10. nah,yg ini saya pernah liat caranya mas,pakai abu gosok biar jadi asin di tambah dg garam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sederhana sekali kan caranya

      Delete
  11. ternyata telur puyuh dapat diasinkan juga ya, aku kirain itu telur tinggal rebus saja ternyata ada tahapan pengasinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. direbus langsung juga enak kok mas

      Delete
  12. kalau telur asin sih salah satu makanan favoritku nih kang tp belum pernah ngrasain telur asin dari burung puyuh.gimana ya rasanya,coba saya dikirimin kang.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas Yanto, mana alamatnya, nanti saya kirim telur puyuhnya :D

      Delete
  13. lumayan lama juga ya kang 5-7 hari, kirain karena cangkangnya yg lebih tipis, bisa lebih cepet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dipercepat kok mbak, tergantung selera

      Delete
  14. tidak terlalu sulit juga cara membuatnya yia bos...

    sebenarnya saya suka banget sama telur puyuh asin, tapi kadang males mengupasnya, coba aja ada yang mau ngupasin, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harus usaha dulu dong mas :)

      Delete
    2. siap bos, tapi tetep lebih enak kalau ada yang ngupasin bos, hehehe...

      Delete
  15. wah saya malah baru tau kalau telur puyuh juga bisa di bikin telur asin... hmm sayang di tempat saya agak langkan telur puyuh kang.. kalau telur puyuhnya di ganti dengan telur ayam bisa nggak ya kang...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga mas menggunakan telur ayam

      Delete
  16. sama seperti Mas Nady, saya juga baru tau ini Kang, kalau telur puyuh bisa juga kita jadikan telur asin.

    ReplyDelete
  17. Ternyata ada ya Kang telur asin dari telur puyuh ? nanti coba cari ah.....

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat berburu telur asin puyuh Pak Indra :D

      Delete
  18. terobosan baru..sangat jarang ada telur puyuh diasinkan. Kalo ibu saya malah telur ayam yang diasinkan..cukup direndem dalam air garam, lalu dibiarkan seminggu dua minggu jadi dech. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pengalaman dong kalau begitu mbak :)

      Delete
  19. baru tau saya,,kalo telur puyuh yg kecil bisa juga dibuat menjadi telur asin....
    keep happy blogging always,,salam dari Makassar ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sama-sama telur Pak Har, ukuran tidak jadi masalah hehe :)

      Delete
    2. Yang jadi masalah di kenyangnya tau tidak ya Kang ha, ha,, ha,, :D

      Delete
  20. wah...wah...wah ternyata telur puyuh bisa juga dibuat telur asin ya kang, baru tahu saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, rasanya nggak kalah enak dengan telur bebek

      Delete
  21. membuat telur asin dari telur burung ternyata cara membuatnya tidak jauh beda ya dengan telur bebek. saya belum pernah coba mas, kira-kira gimana ya rasanya? hehe

    ReplyDelete
  22. ternyata telur puyuh bisa dibikin telur asin juga ya kang, saya malah baru tahu, soalnya setahu saya hanya telur bebek aja :D dulu soalnya sering bikin telur asing pas masih memelihara bebek banyak di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Ririn ternyata mantan juragan bebek ya :)

      Delete
  23. saya pernah nyoba kang, bahan dan caranya sama kayak yang diatas, dan berhasil kang :D

    ReplyDelete
  24. telur asin puyuh pas buat cemilan diwaktu senggang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pas dinikmati diwaktu nyantai :)

      Delete
  25. Selama ini tahunya telur asin itu dari telur bebek. Pasti unik rasanya kalau dari telur puyuh

    ReplyDelete
  26. ini dia Kang, tapi btw, sebenarnya sama bukan, dengan bikin telor asin dari telor bebek ya?

    ReplyDelete
  27. wahhh ternyata telur puyuh bs d buat asin jg yh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, telur puyuh juga bisa dibuat menjadi telur asin

      Delete
  28. Apakah rasanya akan lebih enak ketimbang dengan telur bebek,,, telur puyuh bisa sekali makan itu satu,, gimana rasanya yah jadi penasaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja rasanya nggak kalah sama telur bebek mas, mau coba :) ?

      Delete
  29. cara tradisional ya gan, hanya memakai abu gosok dan tumbukan bata merah. kalau semua pedagang telur asin puyuh memakai metode ini sehat semua konsumen. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena tidak pakai bahan kimia ya mas

      Delete
  30. Tanpa diapa apain pun anak anak saya sangat suka TELUR ASIN dan Telur Burung Puyuh. Untuk telur burung puyuhnya sendiri direbusm dan dijadikan cemilan. Anak anak saya sangat suka. begitu juga dengan TELUR ASIN. Mereka juga senang. Sayang sekali untuk KUNING TELUR nya anak anak tidak pada suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kuning telur membuat enek, jadi anak-anak kurang suka ya Pak :)

      Delete
  31. Replies
    1. bisa mas, mudah kok cara bikin telur asin dari telur puyuh ini :)

      Delete
  32. kadang saya juga heran kenapa telur yang dimasukkan ke abu bekas masak kok bisa asin rasanya hmmm mungkin sudah dari sana nya kali ya :D

    ReplyDelete
  33. caranya ya gk jauh berbeda kaya bikin telor asin ya mang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang beda cara buat telor asin sama telor goreng ya Kang ? ha,, ha, ha,,,

      Delete
    2. iya mas Intan, judulnya juga hampir sama :hehe
      telur goreng kalau kebanyakan garam juga jadi asin Pak Indra :D

      Delete
  34. wah saya belum pernah coba telur puyuh asin kang, kapan saya coba deh tips membuat telur puyuh asinnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lama-lama kalau mau nyoba bikin mas :)

      Delete
  35. wahhh, baru kali ini mas saya dengar telur asin dari telur burung puyuh. biasanya kan telur bebek. sepertinya boleh di coba nih mas, belum pernah makan telur asin dari telur puyuh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dicoba biar nggak penasaran mas :D

      Delete
  36. kalau telur asin ayam pernah praktek mas, yang telur puyuh kepingin mencoba kapan-kapan

    ReplyDelete
  37. telur asin emang enaknya buat lauk mas,membuat makanan tambah lezat di santap

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menambah nafsu makan ya mas, bagi yang suka :)

      Delete
  38. Saya belum pernah buat telor asin tp kayaknya pengen nyoba deh buat telur asin dari telur puyuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga dicoba mbak sebagai variasi olahan dari telur puyuh :)

      Delete
  39. gapernah nyoba kalo ini gan, klo telor ayam pernah wkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar adil, coba juga dong mas bikin telur asin dari telur puyuh :hehe

      Delete
  40. udh lama nggk makan telur puyuh,jadi pengen makan lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah kangen, obatnya harus ketemu mas :)

      Delete
  41. eeeem..kreatif sekali yaaaak... kecil-kecil asin gituuuh

    ReplyDelete
  42. baru tau saya kalau telur puyuh bisa dijadikan telur asin...

    ReplyDelete
  43. di pasar belum atau masih jarang yg ngejual jadi ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih jarang mas, mungkin karena nggak diapa-apain juga sudah laris :)

      Delete
  44. kalau saya lebih suka kalau di buat sate kang telur nya, rasanya maknyus hehehe :D
    kalau telur puyuh asin belum pernah coba :D

    ReplyDelete
  45. wowoowo! udah lama ga maakan telur asin,padahal ishmah suka banget

    ReplyDelete
  46. unik juga nih kang telur asin dari puyuh biasanya kan telur asin dari telur bebek.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. supaya lain mas, untuk daya tahan telur bebek lebih baik karena kulitnya lebih tebal

      Delete
  47. Wah...enak gak ya telur asin puyuhhh.

    Hmm.... Jadi inget waktu kecil. Dulu saya pernah nyoba bikin telur asin dengan telur bebek, ternyata setelah sekian lama gak jadi wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong mas....:)

      ya maklum mas, kan masih kecil. tapi kalau sekarang kan sudah gede mas, kalau bikin telur asin lagi harus jadi ya :D

      Delete
  48. lucu lucu yah komen nya......seakan mereka berasal dari planet mana gitu...???...telur puyuh mudah ditemukan tiap hari dipasar dan swalayan....seolah benda asing saja!.....hehehehe...

    ReplyDelete
  49. kandang puyuh kediriFebruary 15, 2017 at 3:42 AM

    Like...................

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri