Membuat Kandang Kelinci Sistem Battery Kreasi Sendiri

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam memelihara kelinci adalah pengadaan kandang. Kandang dibuat se-nyaman mungkin agar kelinci merasa betah di dalamnya. Walaupun dalam satu tempat atau kandang dapat ditempati beberapa kelinci sekaligus, tapi lebih baik kalau kelinci ditaruh di kandang secara terpisah antara satu dengan yang lain. Atau biasa disebut dengan nama kandang sistem battery. Dengan kandang jenis ini, kelinci dapat lebih terpantau perkembangannya dan menghindarkan tertular penyakit dari kelinci yang lain. Baca juga Cara Mengobati Scabies Pada Kelinci.

Sebenarnya kita dengan mudah dapat membeli kandang untuk kelinci di pasar hewan dengan harga bervariasi dari yang murah hingga yang mahal. Tapi tidak ada salahnya kalau sekali-kali kita Membuat Kandang Kelinci Sistem Battery Kreasi Sendiri.

Bahan yang akan digunakan kali ini berasal dari reng dan bambu. Langsung saja kita simak cara pembuatannya.

Potong reng dengan ukuran panjang 60 cm  dan 70 cm kemudian rangkai menjadi bentuk seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini. Buat dua buah untuk alas dan atap kandang nanti.

Membuat Kandang Kelinci Sistem Battery Kreasi Sendiri

Setelah jadi, tambahkan bilah bambu. Susun berjajar hingga penuh. Lihat contohnya di bawah ini.

Membuat Kandang Kelinci Sistem Battery Kreasi Sendiri

Kemudian pasang keempat kakinya.

Membuat Kandang Kelinci Sistem Battery Kreasi Sendiri

Lanjutkan dengan memasang bilah bambu pada semua sisi kecuali sisi yang akan dijadikan sebagai pintu masuk yang nantinya akan dipasang pintu.

Membuat Kandang Kelinci Sistem Battery Kreasi Sendiri

Dan yang terakhir adalah pemasangan pintu.

Membuat Kandang Kelinci Sistem Battery Kreasi Sendiri

Selesai sudah cara Membuat Kandang Kelinci Sistem Battery Kreasi Sendiri. Maaf jika dalam menyampaikan tidak secara mendetail karena saya yakin tanpa diterangkan juga anda pastinya sudah tahu :)

Semoga bermanfaat :)

Comments

  1. keren juga ya mas kandang kelinci zaman sekarang ada yug sister battery :) kalau kelinci zaman dahulu dibiarkan hidup di tanah sehingga suka bikin lubang di dalam rumah, hmmm makasih tips kreatifnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kata Mbak Indri keren sekali deh Kang Ucup kandang kelincinya
      Bisa di bilang Kandang Kelinci modern nih, Kang Ucup kreatif deh :)

      Delete
    2. Cuma kandang kelinci dari bambu mas, mbak. lebih ke pemanfaatan bahan yang hampir tak terpakai saja. kebetulan di sekitar tempat tinggal saya lagi gencar pembangunan perumahan. jadi kayu reng yang ukurannya dibawah 1 meter yang nggak terpakai saya jadikan kandang kelinci. lumayan kan :)

      Delete
  2. kreatif juga Kang Ucup.bisa menciptakan kandang Kelinci modern hehe,,,,
    Nice tips kang ,,,,

    ReplyDelete
  3. kirain kandangnya pake batu batteray jadi seperti sistem elektronik begitu,,...ternyata hanya istilah saja yang pake kata battery ya....
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kandangnya pake batu batery nanti kelincinya ikutan nge-blog Pak :)

      Delete
  4. Kandang kelincinya aja Sebagus ini yah Kang Ucup.. apa lagi
    Kerajinan lainya, sungguh sangat Kreatif Kang Ucup ini saya
    Belajar membuatnya nih Kang, buat kandang hewan piaraan saya
    Makasih atas trik nya. salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bentuk aslinya tidak serapi gambarnya mas Karris :)

      Delete
  5. hmmm bisa digunakan tutorialnya kang, kbetulan cewek saya kemaren dibelikan kelinci :D

    ReplyDelete
  6. biar ndak bikin lubang ditanah ya kang ucup jadi dikandangkan kelincinya...keren kang, kalau saya dulu pernah plihara klinci dibiarkan saja klincinya di tanah yah digali deh tanahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas. kalau di tanah kelinci juga kadang bisa kabur karena bisa menerobos dari bawah kandang karena tanahnya digali

      Delete
  7. kandang sedrhana dan cantik, sepertinya mudah cara buatnya...makasih bisa dipraktekin

    ReplyDelete
  8. caranya mudah ya ? tidak ada bedanya dengan kadang ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal masih muat, diisi hewan apa saja bisa mas :)

      Delete
  9. wah sayangnya gak punya kelinci, tapi bisa dipakai untuk yang lain juga kan? terima kasih ini bener2 kreatif..

    ReplyDelete
  10. kreatifitas yang tiada batas dari kang ucup hehe

    ReplyDelete
  11. Mantap kang kandangnya, kalo sudah ke sistem kandang batre, untuk orentasi bisnis ya.? Kelincinya ga di keluarin2 kan?
    (hati2, melanggar HAH =hak azasi hewan)
    He..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nggak juga sih mas. kadang seminggu atau sebulan sekali kelincinya diajak jalan-jalan. biar nggak stres gitu. kalau sudah begitu kan nggak bakal kena HAH mas :)

      Delete
  12. Kandang kelincinya sistem battery seperti ini jelas sekali Kang, dan kalu di lihat panduannya sangat lengkap. Dulu saya pernah buat kandang seperti ini, namun bukan buat kelenci, tapi untuk anak ayam. he,, he,, he,,,


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ayamnya mau tinggal disitu kan Kang Indra,maksudnya kerasan tinggal dikandang itu hehehe

      Delete
  13. saya juga bisa bikin kandang kelinci model yang seperti diatas itu mah kang, cuman yakin ngga bakalan serapih buatan akang...ya udah kalo gituh saya pesen 5 unit deh kang....kemana saya harus transferinnya nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tertarik nih Kang Lembu, nanti saya pesan juga deh
      Kandang kelinci modern ini, kalau Kang Lembu sudah sukses
      Makasih atas kreatif ini Kang Ucup. salam santun dan hormat selalu

      Delete
    2. kang Karryst pasti buat kandang marmot tuh heuheuheu

      Delete
  14. kandangnya mantep banget niyh maz , , ,
    jadi p[engen buat ni , , ,
    thanks ya maz ,,

    ReplyDelete
  15. Sungguh menarik dan memikat hati, ini beneran Kang Ucup bisa di pesan
    Seperti Akang Lembu katakan diatas. saya ingin juga tapi gimana transaksinya
    Atau cara pesan dan dan bayar pesanan Kandang kelincinya Kang Ucup..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ngirimnya pake kontainer mas Karris :)

      Delete
  16. wah kreatif kang, caranya juga sepertinya mudah, saya simpen dulu kang...

    ReplyDelete
  17. sesuai dengan nama blognya wisma kreatif
    artikelnya juga kreatif banget,izin saya save yakang cara membuat kandang kelinci ini

    ReplyDelete
  18. keren Kang.
    saya dulu suka bantuin bapak bikin kandang begini. buat ayam sih. begitu jadi, wah ikut bahagianya kerasa banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia mas. kalau saya punya waktu luang mending bikin apa-apa itu sendiri. merupakan kepuasan tersendiri dan juga karena ngirit juga sih :)

      Delete
  19. wah cantik ya kang hasilnya.. kalau di buat seperti rumah panggung seperti itu, maka kotoranya akan langsung jatuh kebawah dan nggak mengotori yang kelinci ya kang...?

    ReplyDelete
  20. Wah dah lama nie gak mampir disini, ternyata kang ucup dah mengudara kembali toh. Pembuatan kandang kelinci yang sangat kreatif banget nie kang :)

    ReplyDelete
  21. bisa di praktekin nnti tuh ang ucup ....hehehehe :)

    ReplyDelete
  22. waw keren kang ,,heheh,,, tapi gimana ath kalo kelincinya ke strum ,,,

    ReplyDelete
  23. wah menarik sekali kang kandang kelinci nya, jadi mirip kandang ayam juga ya kang, mungkin bisa multi fungsi ya kang. jadi lebih hemat kalau bisa bikin kandang sendiri ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri