Cara Mengobati Rangen Pada Kaki Dengan Menggunakan Garam

Selamat malam sobat-sobat semuanya. Setelah sekian lama 'koma', ternyata saya masih diberi kesempatan untuk mengurus blog saya lagi. Dan saya sangat mensyukuri itu.
Mengawali postingan perdana saya dibulan April 2014 ini, saya cuma mau berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana Cara Mengobati Rangen Pada Kaki Dengan Menggunakan Garam. 

Pada waktu musim penghujan kemarin, banjir sepertinya terjadi di setiap daerah, tak terkecuali di lingkungan tempat tinggal saya. Karena sering terendam air banjir yang tak diketahui dari mana sumbernya, akibatnya membuat kaki gatal-gatal dan lama-lama jadi perih. Kata orang itu namanya rangen atau kutu air. Letaknya biasanya diantara sela-sela jari. Yang jelas sangat mengganggu sekali karena membuat kaki tidak nyaman ketika berjalan, apalagi ketika pakai sepatu. Haduh...serba nggak enak pokoknya.

Cara mengobati rangen pada kaki dengan garam

Salah seorang teman menyarankan agar menggunakan garam sebagai obatnya. Caranya dengan menambahkannya ke dalam air hangat untuk merendam kaki yang terkena rangen tersebut. Tips tersebut ternyata manjur buat saya. Sebenarnya sudah banyak tersedia obat rangen di apotik. Tapi karena malas keluar rumah, juga rasa penasaran yang mendorong saya untuk mencoba tips yang murah meriah itu, akhirnya saya coba juga merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam selama 1 jam. Setelah dua hari, kaki benar-benar terbebas dari siksaan rangen yang menjengkelkan. Tidak ada lagi rasa gatal dan perih.
Wah, ternyata garam banyak juga manfaatnya. Selain bisa membantu meringankan sariawan, juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin :) 

Mungkin artikel kali ini, dengan judul Cara Mengobati Rangen Pada Kaki Dengan Menggunakan Garam, tidak begitu penting bagi anda, tapi mudah-mudahan ada manfaatnya.
Terima kasih sudah menyimak :)

Comments

  1. baru cari wangsit yamas akhirnya ketemu jampi2 untuk ngobatin rangen nih,hehhe.ternyata garam tuh banyak banget manfaatnya ya mas,kusimpan aja deh siapa tau kapan2 membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hore aq dapat petramax,pasti dapat bonus nih dari kangucup

      Delete
    2. haha...cari wangsit di laut selatan :D
      nanti dapat bonus ember mas, buat nampung pertamaxnya :)

      Delete
    3. Saya nampung Pertamax di artikel Kang Ucup di artikel
      Kesehatanya cara mengobati Rangen pada kaki makasih Kang :)

      Delete
  2. Ternyata garam juga bisa untuk mengobati rangen juga mas,baru tau saya.thanks yah mas info nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, yang penting jaga kaki agar jangan sampai terkena rangen deh mas :)

      Delete
  3. Ternyata banyak juga manfaat garam ya Kang ? trimas sharingnya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Pak Indra. ternyata banyak disekitar kita bahan-bahan yang bisa diambil mafaatnya, termasuk garam ini :)

      Delete
  4. wah pastih perih tuh kalau pake garam Kang, moga gk kena deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang perih mas, dan sehabis direndam, kaki akan terasa kaku seperti bengkak. tapi keesokannya akan terasa jauh lebih baik :)

      Delete
  5. bagi yang ngga kena kutu air, tentu jadi ngga penting, tapi...bagi yang sedang tersiksa oleh gatel gatelnya tu kaki akibat rangen tentu jadi sangat bermanfaat dan langsung dipraktekin.
    praktekin ah....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dipraktekin sambil makan siomay ubi cilembu :D

      Delete
    2. hahay....ongkoh keren...masa rorombeheun seh...;o)

      Delete
  6. kutu air memang mengjengkelkan,,,salah satu solusi ya dengan menggunakan garam...atau tetap menjaga agar kaki selalu dalam keadaan kering........keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  7. sekarang kan sudah sembuh, kaki sebaiknya jangan sampai lembab terutama di dalam sepatu, bisa kumat lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas agus, saat musim hujan kan agak sulit menjaga kaki tetap kering.

      Delete
  8. sepertinya bisa di terapkan ni kang, mengobati rangen menggunakan garam, Sip info kang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa jangan sampai terkena yang namanya rangen mas, tapi biarpun tidak terkena rangen, merendam kaki menggunakan air hangat dengan garam juga dapat membantu merilekskan kaki :)

      Delete
  9. Selamat pagi Kang Ucup, lama juga saya gak mampir kesisni yah?
    Langsung simak trik mengobati rangen pada kaki, setelah musim banjir
    bulan kemarin di tempat saya, 60 persen terkena penyakit ini Kang
    Sayang saya baru tau artikel ini. makasih atas berbagi sehat nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi juga mas Karris, saya juga lama nggak kesini :hehe
      ya...semoga bisa bermanfaat. ini pengalaman saya kemarin mas :D

      Delete
  10. garam pun bisa jadi obat yang mujarap

    ReplyDelete
  11. Jadi alternatf pengobatan...
    Klo sdah banyak kena air tuh..muncul rangen

    ReplyDelete
  12. dapat ilmu baru tntang pengobatan nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ilmu mas, tapi pengalaman :)

      Delete
    2. pengalaman dan menjadi ilmu pengetahuan kang,hehe

      Delete
  13. Ternyata efektif juga ya mengobati rangen dengan garam ini. berarti kalo yang deket sama pantai bisa langsung nyemplung ke laut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu mas, tapi lagi banjir. mending direndam di rumah saja sambil nge-blog :hehe

      Delete
  14. ini juga bisa disebabkan jarang mencuci sepatu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak elsa tahu banget, pengalaman pribadi ya mbak :D

      Delete
  15. Wah mudah ya mas caranya. Biasanya orang yang rangen kebanyakan yang tinggal di daerah persawahan ya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mas. nggak bisa dipastikan juga sih. rangen bisa menyerang siapa saja dan di mana saja :D

      Delete
  16. lebih ke alami lagi gampang ya kang cara pengibatan ini :)

    ReplyDelete
  17. mudah dipraktekkan sekaligus murah

    ReplyDelete
  18. baru tahu juga sob hehehehehee................

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata garam juga bisa untuk di jadikan obati rangen pada kaki ya.. weh weh, baru tau saya nih.. makasih sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas Yahya, tapi kalau nggak mau ribet sih pake salep saja :)

      Delete
  20. ah jadi inget waktu kecil dulu kang, suka rangen kalo abis ujan-ujanan hehe..makasih ilmunya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau anak-anak yang kena kasihan juga ya mas

      Delete
  21. wan bener tuh kang, selain murah mudah lagi di dapatnya. terimakasih ilmunya kang...heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada saat tertentu yang tidak memungkinkan untuk keluar rumah cara ini bisa dipakai mas :)

      Delete
  22. ternyata garam juga dapat mengubati penyakit gatal kaki ya.. terima kasih sharing ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mizz, selama rangen belum parah :)

      Delete
    2. ternyata garam sangat bermanfaat sebagai anti bakteria juga ya..

      Delete
  23. musim ujan gini memang bikin kaki rangen ya kang, soalnya seing kena air, tapi kalau pakai garam bisa perih juga rangen nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak. karena kaki dan udaranya juga lembab.
      sedikit perih sih, tapi nggak seperih saat dipakai untuk berkumur ketika sedang sariawan :)

      Delete
  24. wah meskipun sederhana menggunakan garam tapi hasilnya sangat memuaskan untuk mengatasi rangen yah mas, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  25. cara ini sering saya pakai ketika dulu masih sekolah, kaki yang keringatan ditambah kaos kaki yang jarang dicuci membuat aroma kaki semakin aduhaiiiiii,,,, baunya,,, dengan cara ini kuman2pun mati, mungkin karena keasinan kali ya jadi mereka mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Yusup bisa aja nih. Ngomong-ngomong nama akun kita hampir sama ya Kang :hehe

      Delete
    2. satu guru
      satu imu
      nih kayaknya :)

      Delete
  26. Ternyata bisa diobati pake garam ya? :)

    ReplyDelete
  27. oalah rangen itu saya kira makanan lho mas soalnya di daerah saya nyebut kue pukis itu ya rangen hehe maaf,,
    nih cocok untuk ngobatin kaki suami saya yang sensitiv sama lembabnya sepatu.. murah dan simple mksi sharenya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh...jadi kue pukis punya nama lain...tapi kok namanya rangen ya :)

      Delete
  28. Kutu air atau rangen pada kaki memang ssangat menyebalkan, selain menimbulkan rasa kurang nyaman, baunya juga kurang sedap.

    Rangen sulit dihindari bagi orang yang sering beraktivitas di air

    Makasih banget tipsnya, cara mengobati rang dengan garam, sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Pak, apalagi kalau airnya kotor. sudah bisa dipastikan baal kena rangen kalau tidak cepat dibersihkan

      Delete
  29. mengapa resepnya ini kurang manjur buat saya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas iGaligo sudah pernah nyoba ya :)
      kalau pada saya sih berhasil sembuh mas :)

      Delete
  30. Rangen ini beda ya kang sama kutu air? baru denger soalnya.. :)

    Apa kabarnya nih kang, sudah lama ga muncul,. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya sih sama mas,
      alhamdulillah kabar saya baik mas, biasalah. urusan keluarga :hehe

      Delete
  31. Dulu telapaka kaki saya pernah mengalami hal seperti kulit terkelupas hingga seeperempat total bagian telapak kaki, kadang juga sering mengeuarkan sedikit air atau keringat. Tapi sesudah 2 bulan sembuh dengan sendirinya. Apakah itu bisa dibilang ranget mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, saya kurang tahu mas, tapi rangen juga membuat kulit telapak kaki akan terkelupas dan akan menimbulkan rasa gatal bercampur perih.
      lama juga ya mas kalau harus menunggu selama dua bulan

      Delete
  32. pasti bermanfaat kang ucup, apalagi tips pengobatan rangen yang tergolong sudah umum ... :)

    ReplyDelete
  33. Ada yg pernah ngasih saya tips spt ini, tp utk meghilangkan cape di kaki... brt manfaatnya bisa dua nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas, kadang kalau kaki terasa capek juga saya rendam dengan air hangat diberi garam sedikit biar nggak bau :)

      Delete
  34. wah ternyata garam bisa dipakai untuk obat rang pada kaki ya mas. terimakasih infonya..

    ReplyDelete
  35. alhamdulilah mulai dulu gk pernah kutu air, mungkin karena saya jarang main di air :D

    ReplyDelete
  36. membayangkan rasanya pastilah perih sekali ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya memang perih mas, agak lama dikit kaki jadi bengkak. tapi besoknya sembuh :)

      Delete
  37. dulu penyakitnya para petani. sekarang penyakitnya orang kota (efek banjir) hehe.. nice info kang. btw, rangen tu bahasa indonesia ya? :hammer

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. pemerataan :)
      wah, rangen itu kalau nggak salah dari bahasa jawa. saya sendiri kurang tahu :hehe

      Delete
  38. ini malah baru tau saya, secara kepikiran saja, apa nggak perih ya rangen itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. perih banget mas, gatel lagi. jangan sampai terkena ya mas :)

      Delete
  39. ini biasanya kebanyaken diair ya kang jadi penyakit ini muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah mas Onqi, kalau kaki selalu basah kemungkinan terkena rangen semakin besar :)

      Delete
  40. Kunjungan rutin di malam ini Kang Ucup kembali simak artikel
    Cara mengobati rangen pada kakinya, sangat bermanfaat nih Kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, mas Karris ini. lagi ronda ya mas. terima kasih ya sering datang kemari :)

      Delete
  41. owh rangen itu kutu air yaa, hehe baru tau :) makasih udh share cara mengobatinya :)

    ReplyDelete
  42. gk nyangka ternyata bs jg pake garam.., lbh simple n murah, makasih pak infox :)

    ReplyDelete
  43. Wah bisa menggunakan garamm juga ya mas :)
    makasih tips nya

    ReplyDelete
  44. Hmhmh syukurny ane kagak rangen gan....

    ReplyDelete
  45. ternyata cuma pakai garam saja ya kang, garam memang top dah

    ReplyDelete
  46. waw ternyata caa membunuh kutu air di kaki itu sangatt mudah yahhh tinggal direbusss ehhhh direndam aje pake air angett + garam hehe :D kerenn nihhh infonyaaa makasii yah pak

    ReplyDelete
  47. sangat bermanfaat sekali, caranya, saya terapkan semoga berhasil. Aamiin.

    ReplyDelete
  48. meskipun perih tapi bisa cepat sembuh ya kang kalau kita mengobati kaki rangen dengan garam ini, bisa dicoba kang tips nya ;)

    ReplyDelete
  49. harus dicoba tips diatas ya kang biar rangen di kaki bisa segera sembuh ;)

    ReplyDelete
  50. Simak kembali artikelnya Kang Ucup, sangat bermanfaat nih
    Buat Mengobati Rangen pada kaki ya Kang makasih atas cara ini :)

    ReplyDelete
  51. Menarik kang.. perlu dicoba ne kalau mengidap penyakit ragen

    ReplyDelete
  52. biasanya sih pake obat merah,kalo ngobati rangen saya kang....

    ReplyDelete
  53. rangen ini biasanya karena sering main di air ya mas, orang yg suka cari ikan di kali biasanya kakinya pada rangen semua, hmmm :D

    makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  54. sip, bisa di praktekin ini kang, kebetulan kaki sebelah kanan saya sudah sebulan ini terserang kutu banyu, tips yang sangat bermanfa'at kang

    ReplyDelete
  55. Mantap nih informasinya, untungnya ane jarang kenapa penyakit ini, tapi bisa dijadikan referensi pengobatan nih kalau sewaktu-waktu kena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampai terkena deh mas. karena rasanya tidak menyenangkan :)

      Delete
  56. meskipun agak perih saat megobati rangen dengan garam, yang penting bisa cepat sembuh ya kang rangen nya ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong

Kupu-kupu cantik dari sampah daun