Cara Membuat Stempel Sendiri (Bagian 2)

Pada artikel sebelumnya, yaitu Cara Membuat Stempel Sendiri (Bagian 1) kita sudah membuat disain stempel dengan CorelDraw. Sekarang kita lanjutkan pada tahap selanjutnya. Langsung saja kita mulai tahap demi tahap Cara Membuat Stempel nya.

Membuat film.
Cetak desain yang sudah dibuat pada kertas kalkir atau plastik stiker menggunakan printer. Untuk hasil paling bagus sebaiknya menggunakan printer Laserjet. Namun saya coba dengan printer Inkjet juga bisa.
Cara membuat film.
Buat sebuah kotak ukuran berapa saja yang penting disain stempel bisa masuk di dalamnya. Beri warna putih pada kotak tersebut dan letakkan di belakang desain. Perhatikan gambar.
Gambar 1:
Cara Membuat Stempel Sendiri (Bagian 2)
Lalu blok seluruh gambar, kemudian di menu bar pilih Effects > Transform > Invert. Maka warna gambar akan terbalik (warna putih menjadi hitam, dan warna hitam menjadi putih).
Gambar 2:
Cara Membuat Stempel Sendiri (Bagian 2)
Kemudian print gambar. di atas kertas kalkir atau palstik stiker.
Supaya gambar lebih tajam, olesi gambar dengan minyak kayu putih atau minyak kelapa. Kalau saya biasanya menggunakan plastik stiker karena sudak transparan jadi tidak perlu diolesi minyak lagi.

Siapkan bahan-bahan :
Karet Runaflek (bisa dibeli di toko perlengkapan percetakan)
bentuknya seperti ini :
Gambar 3:
Cara Membuat Stempel Sendiri (Bagian 2)
Gagang Stempel. Ada yang terbuat dari kayu dan ada yang dari akrilik. Yang dari kayu harganya lebih murah :)
Kuas atau sikat gigi, Doubletip, Cutter, Gunting.
Hairdryer
Bensin, Tinner.

Cara membuat stempel :
Potong Runaflek menggunakan Cutter atau gunting sesuai kebutuhan.
Lepas busa dan lapisan plastik pada runaflek. Ada 2 lapisan, lapisan yang paling luar berupa mika, sedangkan lapisan yang kedua berupa plastik tipis sekali. Untuk melepas lapisan yang kedua bisa menggunakan bantuan doubletip. Tempelkan doubletip di sudut runaflek kemudian tarik perlahan sehingga lapisan terkelupas seluruhnya.

Tempelkan film pada runaflek. Bagian muka film (yang ada tintanya) menempel dengan permukaan karet runaflek. Letakkan di bawah terik Matahari dengan posisi karet berada di bawah film. Lama penyinaran tergantung seberapa terik Matahari saat itu. Ketika Matahari sedang panas panasnya, antara pukul 11.00-14.00 siang lama penyinaran cukup 5-7 menit. Penyinaran juga bisa menggunakan lampu Ultraviolet (UV) 2x10 Watt dengan lama penyinaran 7-10 menit. Penyinaran menggunakan lampu UV bisa dilakukan meski cuaca mendung atau pada waktu malam hari sekalipun. Baca Cara Membuat Mesin Stempel Sederhana.
Sambil menunggu, siapkan bensin dan tinner dengan perbandingan 2 : 1 kedalam sebuah wadah.

Setelah itu, angkat karet runaflek. Pada bagian belakang karet tempel doubletip kemudian rekatkan di tempat yang datar. Tujuan agar ketika karet disapu dengan kuas atau sikat posisinya tidak bergeser.
Lepaskan film yang menempel, lalu basahi karet dengan campuran bensin dan tinner. Tunggu sebentar, lalu lanjutkan dengan menyikat karet sampai muncul bentuk yang diinginkan.
Setelah cukup, keringkan menggunakan hairdryer.

Letakkan kembali karet dibawah sinar Matahari kurang lebih 1 menit untuk membuat karet lebih matang.

Jika sudah, tempelkan karet runaflek dengan busa yang melapisi karet runaflek tadi menggunakan doubletip kemudian potong menyesuaikan bentuk desain stempel. Terakhir, tempelkan pada gagang stempel juga menggunakan doubletip.


...::: Selesai :::...

Catatan :
Jika dalam prakteknya anda mengalami kegagalan itu adalah suatu kewajaran. Yang penting terus mencoba dan jangan menyerah. Karena jika sudah mahir, satu buah stempel selesai dalam waktu kurang dari satu jam.

Bagi yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.
Semoga bermanfaat :)

Comments

  1. Selamat sore Kang Ucup Lanjutan yang Kemarin artikel ini
    'Yah Kang saya simak dan belajar cara membuat Stempel
    Berarti buat di karet Runaflek/ kalau buat di bawah postingan
    Blog semacam box author bisa gak Kang caranya gimana.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, yang kemarin kan masih tahap desain saja.
      wah..kalau yang itu saya tidak paham mas :)

      Delete
    2. Wah makasih banget Kang saya jadi nambah ilmu deh :-d
      Sangat beruntung saya punya Sahabat sebaik Kang Ucup

      Delete
    3. saya pesan stempel yang digital aja mas, biar bisa digunakan nyetempel di blog, hehehe :D

      Delete
    4. kalau itu pesennya sama mas Karrysta mbak :)

      Delete
  2. Sik - Asyik dapat Pertamax lagi dari Kang Ucup
    Kumpulin akh buat paersediaan makasih atas artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mas, kumpulin nanti akhir tahun dituker sama gelas :)

      Delete
    2. Yah betul Kang sekarang kan di Kampung saya
      Lagi paceklik kaya nya sangat berharga sekali nih isi celengan :D

      Delete
  3. Wuuuhhh makin mumet kang...
    Bener kata kang ucup.. Enakan pesen sama kang ucup
    Btw trims kang atas sharingnya.. Mengamalkan ilmu itu ibadah!!!
    Dan pasti ada yang tertarik untuk membuat stempel diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, kalau pesen kan mbak tinggal terima bersih aja :d
      mudah mudahan bisa diambil manfaatnya ya mbak :)

      Delete
    2. Met malam kang.. Yaaa mudah"n kang.. Amiin..
      Kesini lagi lihat" takut ketinggalan postinganya kang ucup :-D

      Delete
    3. datang lagi dengan penampilan baru :)

      Delete
  4. Walau terlihat tidak mudah untuk membuat setempel, bila mengikuti cara membuat setempel sendiri pada bagian ke 2 ini sepertinya harus di ulang-ulang terus deh Kang, jadi biar bisa.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Pak Indra. untuk mendapatkan hasil yang memuaskan memang harus mencobanya berkali kali :)

      Delete
    2. Tapi kalau tidak mau repot tinggal mesan kan boleh ya kang. he,, he,, he,,,,

      Delete
    3. sangat dianjurkan itu Pak, apa lagi kalau pesennya ke saya :d

      Delete
  5. wah Kang, rumit dan njlimet banget ya. saya masih belum pernah melihat runaflek secara langsung, belum paham, adakah istilah yang lebih umum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibaca memang kelihatannya rumit mbak. tapi kalau sambil praktek saya jamin tidak terasa njlimet lagi.
      istilah umumnya ya runaflek itu mbak, mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang tahu :)

      Delete
  6. Mmm... bagus juga ya, gk sampai sejam udah jadi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sampai se-jam mas, kecuali kalau listrik mati dimalam hari :)

      Delete
  7. yang bagian 1 kemarin saya klik kok nggak ada kang....
    tapi ini bisa dicontoh deh dari tutorialnya kang ucup

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena ada kesalahan teknis mbak, tombol publish kepencet padahal artikel belum jadi, lalu saya tarik lagi untuk menyelesaikannya :)

      Delete
  8. Prosesnya lumayan panjang ya mas dari kemaren baru selesai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas :d
      tapi nggak ding, yang lama itu proses bikin arikelnya saja :)

      Delete
  9. sudah sangat detil
    tinggal praktek, cari bahan2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...setelah itu cari pelanggan ya mas :)

      Delete
  10. Ini lanjutan yang kemaren pastinya...
    Wah mantep bener kang hasil akhirnya...
    Pokoknya tahap final full version aja hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mas. untuk menyelesaikan artikel lanjutan ini saya harus bertapa dulu :d

      Delete
    2. Tapi Alhamdulillah sekarang dah rampung juga ya, tinggal saya nie yang belum sempet mempraktekannya...padahal ini perlu banget nie buat saya... Kalo dah senggang saya akan mencobanya kang :)

      Delete
  11. enak pesen aja ke akang, biar lebih mudah,hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas, silahkan kalau mau order :d

      Delete
  12. stempel yg bagian satu aja belum bisa, sekarang sdh disuruh membuat stempel bagian dua, hmmm :)
    tapi keren stempelnya ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Indri nggak mengikuti dengan baik sih, jadinya ketinggalan pelajaran kan :d
      untuk hasil bisa dikreasikan sendiri mbak :)

      Delete
    2. ini kan lanjutan dari yang sebelumnya yah kang :)

      Delete
  13. Kang ucup emang super kreatif :)
    Sementara ini saya simpen dulu ya kang...
    Trima ksh udah sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak pake super kali mas :d
      silahkan disimpen mas, tapi jangan sampe ilang ya :)

      Delete
  14. Saya biasanya bikin stempel di percetakan kang, mungkin dari sekarang harus belajar buat sendiri, disamping irit juga bisa jadi lahan bisnis...

    Makasih kang ilmunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu maksudnya mas, buat wirausaha kecil kecilan
      sama sama mas Muroi :)

      Delete
    2. kalo ditekuni lumayan kan kang....salam sehat semoga sukses

      Delete
  15. wah bisa bikin stempel sendiri kalau gitu yah kang, kan bisa ngirit biaya juga, makasih kang kapan-kapan saya coba deh :)

    ReplyDelete
  16. Bisa di buat tambahan penghasilan ni gan!!!

    ReplyDelete
  17. Bisa di buat tambahan penghasilan ni gan!!!

    ReplyDelete
  18. wah..wah usaha sampingannya makin mantap aja kang hehe :D

    ReplyDelete
  19. semakin kreatif saja kang ucup...sukses untuk ke-kreatif-annya dan semoga berkah :)

    ReplyDelete
  20. waaahh mudah yaa ;)

    ReplyDelete
  21. kunjungan perdana kang, ijin nyimak,

    ijin follow mas blognya, jika berkenaan follback blog saya ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas, semoga cara membuat stempel ini bisa bermanfaat :)

      Delete
  22. bagus tutornya..saya jga sering mainan coreldraw dgn membuat seperti yg ini atau pun design yg lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus dong mas. sempat dibuat stempel beneran nggak mas ? :)

      Delete
  23. cantik hasil stempel yang dibuat sendiri.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mizz, dan juga dapat menambah pemasukan :)

      Delete
  24. Selamat siang Kang Ucup sambil Istirahat Dhzuhur sempetkan
    Ke Wisma Kreatif akh agar pengetahuan saya bertambah lagi :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh...terima kasih atas kunjungannya nih mas Karrys :)

      Delete
  25. wahhh kerennn bngett nih Kang ucup ilmu barunya hihi saya jadi kepengen nyoba bikin stempel sendiri nihh hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba, nanti kalau sudah bisa jangan buat malsu stempel Pak RT ya :d

      Delete
  26. kalau saya dulu menggunakan bahan bekas sandal jepit. berarti harus pintar corel drow ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harus pinter mas, yang penting bisa mengoperasikannya saja :)

      Delete
  27. lengkap sekali cara pembuatannya, terima kasih sdh berbagi ya kang

    ReplyDelete
  28. Paten, lengkap banget tutorialnya, ga nanggung2.. mkasih sudah berbagi kang..

    ReplyDelete
  29. mantep kang,, makasih nih buat referensi buat stempel sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, siapa tahu ada orang yang memang membutuhkan cara membuat stempel ini mas :)

      Delete
  30. wah keren ya kang hasilnya.. hmmmsaya belum kenal dengan yang namanya coreldrow kang.. hrhrhrhr

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake photoshop juga bisa kok mas, mas Nady kan jago photoshop :hehe

      Delete
  31. artikel menarik kang,,
    boleh dicuba

    ReplyDelete
  32. Kapan kapan perlu dicoba gan :-) salam kenal dari anak madura :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga dari saya mas,
      thnx dah mampir :)

      Delete
  33. Wah mantap sekali..saya baru tau kalo namanya itu Runaflek.. thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas, jangan lupa mampir lagi ya :d

      Delete
  34. nah..ini baru asyik, setelah design stempel jadi..akhirnya dijarin juga cara buat stempelnya....luarbiasa memang Kang Ucup ini.... ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Pak Har, tapi nggak pake luarbiasa ah :)

      Delete
  35. dapet ilmu dipagi hari ;) hehee makasih ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapet balasannya dimalam hari. nggak pa pa ya mbak :)

      Delete
  36. Kreatif banget Kang, sesuai dengan tema blognya.
    Cara desain pada corelnya ada gak Kang tutorialnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya buat mas pada artikel sebelumnya (Bagian 1)

      Delete
    2. Terimakasih Kang, akan saya coba,,,

      Delete
  37. selamat pagi kang ucup ;)

    ReplyDelete
  38. Bangga punya temen blogger seKreatif mas ucup, dapat ilmu wow + gratisan. Tapi sepertinya saya sendiri butuh waktu untuk mempelajarinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas :)
      dikhususkan buta pencari kerja saja kok mas :)

      Delete
  39. proses sama dengan ketika membuat untuk penyablonan .... mkasih kang ucup ...

    ReplyDelete
  40. mantap mas, langsung saya coba'in deh ni
    makasih ya

    ReplyDelete
  41. keren juga ya buat stempel nya
    good job man!

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mas, tapi jangan disalahgunakan ya.....seperti meniru stempel RT atau kelurahan :D

      Delete
  42. makasih atas infonya, mau ngerjain tugas sekolah...

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri