Serabi Solo dan Cara Membuatnya

Serabi Solo. Dari namanya sudah dapat ditebak asal dari jajanan tradisional warisan nenek moyang. Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras. Seiring berjalannya waktu, sekarang banyak pilihan rasa dikreasikan untuk 'mempermanis' tampilan kue yang mirip dengan apem ini. Untuk mendapatkan Serabi Solo lumayan mudah karena kita bisa menjumpainya hampir di semua kota. Jadi tidak perlu pergi ke Solo untuk mendapatkannya. Harganya bervariasi namun masih terjangkau.
Bagi anda yang suka dengan Serabi Solo dan ingin mencoba membuatnya di rumah, silahkan simak cara membuatnya.

Bahan :

200 gr Tepung beras
500 ml Santan  yang diambil dari 1 butir buah kelapa
1 helai Daun pandan
1 butir Telur ayam
1/2 sendok teh Ragi instan
50 gr Gula pasir
1/2 sendok teh Garam
Buah nangka  dipotong kotak-kotak untuk taburan secukupnya

Cara Membuat :
Rebus santan bersama daun pandan dan garam hingga mendidih. Setelah itu angkat dan biarkan santan hingga menjadi hangat-hangat kuku.
Selanjutnya buat adonan serabi. Campurkan tepung beras, ragi instan, gula pasir, dan garam. Tambahkan telur ayam. Aduk-aduk hingga rata. Tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit hingga bahan tercampur rata lalu diamkan beberapa saat.
Sekarang waktunya untuk mencetak, tuangkan adonan dalam cetakan, bagian tengah di tekan supaya melebar membentuk kulit. Biarkan adonan mengembang, lalu taburi dengan nangka. Kecilkan api, kemudian tutup dan biarkan hingga matang.

Serabi Solo pun siap untuk disajikan.

Serabi Solo dan Cara MembuatnyaJika menginginkan kuah, anda dapat membuatnya dengan mencampur bahan-bahan seperti 200 ml Santan, 2 sendok makan tepung maizena,1 helai daun pandan, dan 1/4 sendok teh garam kemudian direbus hingga matang dan sedikit mengental.

Untuk buah nangka bisa diganti dengan buah lain sesuai selera, bisa juga menggunakan buah dalam bentuk selai. Atau bisa juga menggantinya dengan parutan keju atau taburan ceres.

Selamat mencoba :)

Comments

  1. Makan surabi dengan varian pilhan semakin enak rasanya Kang. jadi betah untuk menemani minum teh. he,, he,, he,,,,

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serabi Solo sama gak Kang Ucup, sama Surabi Haneut Sunda
      Soale, di saya mah ada nya surabi haneut ala sunda Kang?

      Delete
    2. hemmm,,jadi ngiler ane..btw kang ucup selalu pinter menggoda perut pengunjung blognya...
      Salam sukses dehhh

      Delete
    3. Jiah jarang BW :P

      Delete
  2. Surabi makanan jajan pasar tradisional yang di olah dan di sajikan dalam bentuk modern, dan tidak meninggal ciri khas uniknya.

    ReplyDelete
  3. Banyak juga ya gan macam"nya :D
    wah kang ucup kembali lagi ni :)

    ReplyDelete
  4. Mirip serabi notosumon ya kang.. enak nih jadi kepengin..

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu kalo solo punya kue serabi sendiri mas,,,
    saya dulu ketika ikut rombongan wisata ke jawa tengah, saya makan kue serabi sama durian di ambarawa, minumnya wedang ronde yg ada bulat2nya itu, hmmm ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabi duren dengan wedang ronde tambah mantap Mba. Apalagi kalau di sajikan pada saat musim hujan.

      Delete
  6. kalau di tempat saya masih yang biasa kang mungkin belum ada kreasi atau mungkin saya yang kurang tau...biasanya juga ada yang di campur di dalam bubur tepung lalu fi diram air gula/juroh

    ReplyDelete
  7. maaf nih baru mampir ,,
    dan buat resepnya disimpen dulu ya

    ReplyDelete
  8. saya lebih suka sorabi haneut ala sunda mang yang pake oncom tea hehe :D

    ReplyDelete
  9. waduh srabi ternyata banyak versinya juga yah kang.. ada yang di kasih mie juga mantaf fastinya

    ReplyDelete
  10. Kang Ucup tau aja yang enak-enak yah?
    saya membuat nya kaya nya gak ada waktu Kang?
    Giman saya pesen aja sama kang Ucup, Serabi Solo
    Campur Bajigur

    ReplyDelete
  11. Nyam nyam, jadi ngiler liatnya kang, sungguh sangat menggugah selera ckakakakakaka

    ReplyDelete
  12. terima kasih atas kunjungan teman-teman yang telah meramaikan blog saya ini, untuk sementara waktu mungkin saya tidak dapat berkunjung ke blog teman-teman dikarenakan komputer saya sedang dalam perbaikan. maklum komputer jadul jadi sekali sakit langsung parah :D...maaf jadi curhat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang lagi saya Kang Ucup Kangen dengan Surabi Solonya
      Dan saya Rindu dengan kehadiran Kang Ucup yang arif dan
      Bijak sana. kalau saja Cewek pasti sudah saya Cium peluk
      Sayang deh heheheh, cupp cckkh hhh salam humor ja Kang :))

      Delete
    2. untung saya cowok ya mas :D
      mudah2an saya bisa kembali mengelola blog ini mas. biar isinya amburadul tapi bisa menjadi perantara menambah teman :)

      Delete
  13. nice tips , , ,
    boleh coba dikit gg mas ? ? ? :D

    ReplyDelete
  14. maknyus banget kelihatannya..pingin nyoba resepnya dech :-)

    ReplyDelete
  15. Wah kelihatannya sedap sekali kang. Saya juga suka sama serabi ini. Dulu sering makan serabi waktu di rumah kakek hehe :D

    ReplyDelete
  16. saya kira serabi cuma dari betawi, ternyata dari solo juga ada. ^^

    ReplyDelete
  17. Seperti-nya enak tu mas
    idizin di save dlu mas cara-nya

    ReplyDelete
  18. Kalau serabi solo ini saya belum pernah nyoba kang :)
    Tapi nanti boleh juga dicoba nich, untuk membuat nya sendiri :)

    ReplyDelete
  19. ternyata serabi solo berbeda bahan dengan serabi di daerah saya kang... boleh dicoba nih, izin sedot resepnya kang

    ReplyDelete
  20. salam kenal. berkunjung pagi nih, artikelnya menarik

    ReplyDelete
  21. ini makanan favorit, sya paling suka yg original saja...

    ReplyDelete
  22. aduhhh,, aku padahal doyan banget ni kue.... Minta minta mintaaaaaaaa.... :p

    ReplyDelete
  23. liat gambarnya sepertinya beda dengan serabi sumedang ya...bahan dan cara buatnyapun lebih simpel..hari minggu, tak suruh buat ah istriku tercinta

    ReplyDelete
  24. Serabi solo sama serabi oslo enak mana ya?

    ReplyDelete
  25. Pengen coba serabi Solo,, cuma sudah makan serabi dari pekalongan :D

    ReplyDelete
  26. pengen juga nich makan serabi solo, cuma disini jarang yang jualan. Apa ke solo aja ya kang untuk membelinya hehehe :D

    ReplyDelete
  27. mau dong sperti yang di gambar, . .
    mau masak sndri takut kena tangan.
    mau masak gimana, lha wong masak air aja gosong, .. hehehe

    makasih mas ilmunya, nanti biar saya suruh istri saya yang buatin srabinya.
    (lupa kalo belum punya pacar, apalagi istri) :D

    ReplyDelete
  28. wah saya sukanya serabi lempit nih mas gimana dong

    ReplyDelete
  29. wahh lama kagak apel ke blog kang ucup,,ehh pas datang udah rame bener ni blog,,~Salam sukses dehh~
    ~blogwalking yuuk~

    ReplyDelete
  30. bookmark dulu! barangkali nnti pngn buat!hehe
    mksh

    ReplyDelete
  31. Lama nggak ada kabar nya nich kang ucup. Padahal blog nya sudah ramai pengunjung dan banyak komentar. selain itu juga ranking alexa nya sudah ramping banget. Sayang banget kan kalau usaha yang dilakukan selama ini, malah turun secara drastis :)

    Ayo kang ngeblog lagi hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak rin, kemana ya mang ucup, kayaknya lagi sibuk kali mbak

      Delete
    2. ayo kita dukung kang ucup untuk ngeblog lagi mas hehe :)

      Delete
    3. Kang Ucup gak nongol-nongol lagi sibuk bikin Pesanan
      Surabi Solo Mbak Rin dan Mas semua.. saya juga sampai Rindu
      Dan kangen nih sama Kang Ucup

      Delete
    4. terima kasih atas support dan perhatian sobat semua ^_^

      Delete
  32. Ternyata banyak macamnya ya kue serabi ini, saya taunya serabi aja :)

    ReplyDelete
  33. Jiah tipsnya keren kang, BM dulu ah. hehe

    ReplyDelete
  34. Wah ternyata ada makanan kesukaan saya disini, serabi, makasih kang resepnya

    ReplyDelete
  35. wah wah selamat kang sekarang sudah ada iklan adsense nya. Lumayan bisa mendapatkan pundi-pundi dolar hehehe $_$

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mbak. semoga bisa buat beli corei7 :D
      (ngayal)

      Delete
    2. selamat buat kang ucup....yuk berlomba tingkatkan visitor..
      hehehe

      Delete
  36. Oh yah Kang Ucup ijin Follow blog nya yah agar komunikasi antar
    Blog lebih nyaman, dan saling bisa blogwalking lebih mudah
    Terima kasih yah Kang Ucup sebelumnya, semoga follow ini
    Di luluskan dan di sepakati salam blogging :))

    ReplyDelete
  37. Baru nongol lagi kang..

    Di tempat sy udah jarang yg jual ini kang..kalo kue apem masih suka nemuin :)

    ReplyDelete
  38. Saya belum pernah makan serabi solo kang, kalau sorabi sunda sering hehe

    ReplyDelete
  39. wah kalau serabinya seperti yang di gambar itu ya maknyuuusss banget kang.. kalau di tempat saya serabinya cuma biasa saja kang.. jadi rada nggak semangat belinya hehehehe ..

    dengan resep dari kang ucup, akan saya coba buat sendiri saja deh serabinya biar lebih maknyuussss ya kang.. hehehehe

    ReplyDelete
  40. wah kalau serabinya seperti yang di gambar itu ya maknyuuusss banget kang.. kalau di tempat saya serabinya cuma biasa saja kang.. jadi rada nggak semangat belinya hehehehe ..

    dengan resep dari kang ucup, akan saya coba buat sendiri saja deh serabinya biar lebih maknyuussss ya kang.. hehehehe

    ReplyDelete
  41. wah kalau serabinya seperti yang di gambar itu ya maknyuuusss banget kang.. kalau di tempat saya serabinya cuma biasa saja kang.. jadi rada nggak semangat belinya hehehehe ..

    dengan resep dari kang ucup, akan saya coba buat sendiri saja deh serabinya biar lebih maknyuussss ya kang.. hehehehe

    ReplyDelete
  42. ayo kang ucup semangat...kangen kang ucup nih..lama nggak nongol

    ReplyDelete
  43. TErima kasih resep serabinya ya kang ... mau dicoba buat buka puasa nanti :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Cara Membuat Stempel Sendiri (Bagian 2)

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri