Rahasia Cara Membuat Kue Pancong Supaya Enak

Dengan mengucap rasa syukur kepada Tuhan karena sudah melimpah nikmat berupa kesehatan kepada saya dan juga koneksi internet yang lumayan maknyus, sehingga di pagi yang cerah ini saya bisa hadir sekedar untuk berbagi sebuah tips Rahasia Cara Membuat Kue Pancong Supaya Enak.

Mungkin diantara anda ada yang belum tahu atau belum pernah melihat bahkan mencicipi kue Pancong ini ? Itu dikarenakan sekarang memang sudah agak jarang orang yang membuat dan menjual kue Pancong atau kalau di daerah saya tinggal lebih dikenal dengan sebutan Bandos. Jajanan tradisional ini bentuknya mirip dengan Pukis, hanya bahan pembuatannya saja yang beda.

Rahasia Cara Membuat Kue Pancong Supaya Enak

Rahasia Cara Membuat Kue Pancong Supaya Enak

Daripada penasaran, mari kita intip cara membuatnya.

Alat :
Cetakan ( Bisa menggunakan catakan untuk Pukis)
Kompor

Bahan yang disiapkan :
Kelapa parut
400 gr Tepung beras 
1300 ml Santan 
Gula pasir secukupnya untuk taburan 
Garam  2 secukupnya
Margarin

Cara Membuat :
  • Campurkan bahan seperti Tepung beras, parutan kelapa dan garam 
  • Masukan santan matang sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata
  • Siapkan cetakan dan panaskan, kemudian olesi dengan Margarin agar kue Pancong tidak lengket sehingga mudah untuk diangkat.
  • Tuangkan adonan kedalam cetakan tersebut hingga terisi semua
  • Kalau sudah matang, angkat menggunakan garpu dan Kue Pancong siap untuk dihidangkan
  • Untuk variasi rasa topping atau bagian atas Kue Pancong dapat ditaburi dengan irisan keju, coklat, kismis, nangka, gula pasir dan lain lain.


    Selamat berkreasi :)

Comments

  1. habis jumat'atan langsung bukak blog,kok ada yang beginia,langsung ngiler deh,berubung cari2 kue pancong gak ada diluar,jadi diganti nasi deh,ya meskipun agak membayangin kue pancong,hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas lo kalau sampai membayangkan yang lain :D

      Delete
    2. Harga cetakannya mahal ya mas? :D

      Delete
    3. kalau meleduk tentu membahayan muka kang ucup

      Delete
    4. saya juga ngiler lihat gambar kue pancong saja, apa lagi kalo melihat kuenya langsung pasti perutnya bunyi krucuk krucuk ya kang, hehehe ^_^

      Delete
    5. ngiler hahahahahaha.

      Delete
  2. ini biasa ada kalo saya main ke pasar atau ke sekolahan, banyak pedagang penjaja kue pancong nih kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak ya mas. kalau di tempat saya sudah mulai punah mas :)

      Delete
    2. Kalau tempat saya tidak tahu apa ini istilahnya.

      Delete
  3. heemmm,,sedep pasti ya kang..jadi ngiler ane,hehehehe

    ReplyDelete
  4. Owh ternyata ini nama nya kue pancong tow? hehe kayak gandos ya kang. Saya dulu sering makan lho. Tapi sekarang yang jualan kue ini sudah jarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pancong, bandos, gandos itu sama mbak, cuma beda nama saja di tiap daerah :)

      Delete
    2. Owh ternyata sama tow hehe tak kirain beda. Dulu pas waktu saya cekulah, makanan ini adalah salah satu makanan favorit saya lho hehe ^^

      Delete
    3. tapi nggak ngutang kan mbak hehe...

      Delete
    4. Alhamdulillah nggak pernah satu kali mas hehehe :D
      Kalau pas lagi kefefet, beda lagi ceritanya hehe ^^

      Delete
  5. saya save kang siapa tau ntar bisa buat.....
    mbak eka saya jga baru tau ini kalau ini namanya kue pancong

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mbak, silahkan.....
      berarti sekarang sudah tahu dong :)

      Delete
    2. Iya kang sekarang dah tau...makan apalagi lebih tau..hihi

      Delete
  6. hehe dulu setiap pagi saya makan kue ini campur gula kang sebelum berangkat sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ada di pertigaan wontu itu masih ada nggak mas :)

      Delete
    2. haha tau aja nih kang ucup.. kalo pagi masih rame terus kang

      Delete
    3. daerah mana nih mas kok rame banget jualannya :)

      Delete
  7. btw kok udah jarang bahas desain grafis lagi kang.. hehe masih gemar makanan nih ceritanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini lagi pengen buat yang ringan-ringan dulu mas, mungkin soal desain grafis menyusul sambil siapkan materinya :)

      Delete
    2. hehe sipp kang.. kalo udah lengkap ntar aku tanda tangani :D

      Delete
    3. kalau udah ditanda-tanganin jangan lupa minta stempelnya mas sama pak lurah hehe...

      Delete
  8. Pancong, Banndos, Pukis hahaha saya nggak ada yang tau kang kalau soal nama nama makanan... taunya bolu, kumbu kacang ijo, onde2 hehehe.... diam diam kang ucup suka wisata kuliner juga ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wisata kuliner versi rakyat jelata mas :D
      kumbu..apa itu mas, kalau boleh bagi resepnya dong :D

      Delete
  9. trmksih sob. kpn2 mau bikin ah buat makan bareng mantap si dan enak kayaknya.

    ReplyDelete
  10. Kalau di kampung saya pancong itu bukan nama makanan kang, tapi nama alat kerja semacam cangkul... heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh...saya tahu mas, kalau di tempat saya namanya ganco

      Delete
  11. Saya biasanya cuma beli aja tuh kueh pancong, kalo liat cara bikinnya kayanya gampang ya kang, makasih ah, siapa tahu nanti bisa bisnis kueh pancong yang lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling enak memang beli mas, tidak keringetan :D

      Delete
  12. Kue pancong dengan pukis beda ya Kang?

    Tapi saya dua-duanya suka tuh

    Apalagi pukis, baunya itu lho kalau baru matang masih panas
    Suegeeeeeeeeeeeeeeeeeeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. panas kok bisa seger ya Pak, kirain cuma es Pak yang bisa bikin seger :D

      Delete
  13. baru pertama kali saya mendengar nama kuih ini.. tentu enak rasanya.. terima kasih sharing resipi, insya-Allah boleh saya mencuba nanti.. :D

    ReplyDelete
  14. wah kayaknya enak bener ini kue, perlu dicoba dulu nih
    ijin save dulu sobat, terima kasih

    ReplyDelete
  15. Kue pocong ini paling enak bila ditaburi gula pasir. Hm.... saya paling suka beli kue ini.

    Salam,

    ReplyDelete
  16. di tempat saya bnyk yg jual mas,lumayan enak rasanya :)

    ReplyDelete
  17. kangen nih sama kue pancong, udah lama nggak nyoba lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya ada asin, gurih, manis ada-ada aja hehehe :D

      Delete
  18. wah berarti udah bukan rahasia lagi dong. ^^

    ReplyDelete
  19. itu lo kang.. kue tradisional yang isinya kacang ijo. namanya kumbu. kalau di daerah kang ucup saya nggak tau apa namanya hehhehe

    ReplyDelete
  20. Kue pancong ini di kampung saya disebut ke lumpur, rasanya manis dan harum. Saya sangat suka kue itu :)
    Makasih kue pancongnya ya mas ^_^

    ReplyDelete
  21. lagi cari - cari kueh pancong eh sayah nyasar kesinih, ternyata kang ucup ahli dalam membuat kueh yah?

    ReplyDelete
  22. kalo di makassar namanya kue baroncong.....modelnya sama, tempat masaknya juga serupa :-)

    ReplyDelete
  23. bru tahu klo disebut juga dengan pancong,,,,

    ReplyDelete
  24. Karena udah dishare tentunya sekarang dah bukan rahasia lagi ya kang? :D Dulu waktu pas zaman SD sering banget nie jajan kue pancong yang dipikul tapi itu dulu kang beberapa tahun silam, sekarang mah kayaknya dah langka banget yang jualannya juga :)

    ReplyDelete
  25. wah, kelihatannya enak tuh...
    jadi pingin..hehehe


    blogwalking
    http://indexiapk.blogspot.com

    ReplyDelete
  26. yang baru kok gak nongol2 lagi kang, masih semedi yah apa nyari wangsit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. komputer lagi rusak nih mas, terpaksa cuti blogging dulu ....

      Delete
    2. Pantesan setiap saya berkunjung ke sini belum ada artikel baru kang ucup ..semoga cepat blogging lagi gan

      Delete
  27. kunjungan perdana...izin nyimak dan follow ja...salam dari kami

    http://jagadkawula.blogspot.com/

    ReplyDelete
  28. Weis bentuknya mirip ama kue pukis,, saya sndiri baru kali ini dengar kue pancong.. makasih kang infonya.. bermanfat... :D

    ReplyDelete
  29. Kembali hadir lagi disini turut meramaikan suasana sambil menunggu postingan terbaru dari kang ucup :)

    ReplyDelete
  30. wah ternyata kue gandos ada resep rahasia nya juga ya. Jadi nggak asal-asalan masak nya kalau ingin hasilnya gurih dan nikmat. Kalau resep rahasia sudah di ekspose seperti ini, jadi nya sudah Bukan Rahasia Lagi kang hehehe :D

    ReplyDelete
  31. tiap pagi pedagang pancong pasti maksa nyuruh beli dagangannya, disamping emang anak2 juga doyan...besok tak kasih tau resep yang ini ah...supaya dagangan pancongnya bisa lebih makjleb rasanya

    ReplyDelete
  32. waah enak nie kang kue pancong nya.. Sudah lama tidak makan kue pancong.. Jadi ngiler nie.. Hehe..

    Bahannya lumayan banyak yah kang..

    ReplyDelete
  33. Hadir kembali kang ucup untuk ikut berpartisi sapi eh salah maksudnya berpartisipasi meramaikan Blog Wisma Kreatif yang semakin hari semakin ramai saja. Luar biasa kang. Sukses ya kang semoga kue gandos nya laris manis hehe ^^

    ReplyDelete
  34. Wahhh Kayaknya Enak Tuh Kang Ucup Kueh Pancongnya hmmm .. yummyy saya Jadi Ngilerr Nihhh hehe :d

    ReplyDelete
  35. Makasih ya Mas atas resepnya...barusan saya buat dengan warna warni...hasilnya juga lembut...kelapa parutnya terasa banget...apalagi santannya saya masak dengan gula...jadi uda manis kayak saya...

    ReplyDelete
  36. Kalau saya lebih suka kue pancong ditambah dengan bumbu kuahnya mas, tapi di medan ngak ada tu, kalau untuk membuat kuahnya bisa ngak ya dishare nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di sini kue pancong nggak paka kuah mas :)

      Delete
  37. kue pancong salah satu yang paling saya suka, rasa gula dan aroma santannya sangat nikmat, apalagi selagi masih hangat di temani kopi dan rokok.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong

Kupu-kupu cantik dari sampah daun