Membuat Klepon Dengan Pewarna Alami

Klepon adalah jenis kue tradisional Indonesia yang masuk ke dalam kelompok jajan pasar. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menjadi bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah kemudian diberi parutan kelapa. Warnanya yang hijau cerah seakan mengajak orang yang melihatnya untuk segera menyantapnya. Berikut akan saya sampaikan cara Membuat Klepon Dengan Pewarna Alami.

Bahan :
1/2 kg Tepung Ketan
Gula Merah secukupnya
2 lembar Daun Pandan
Kelapa Parut secukupnya
Garam

Membuat Klepon Dengan Pewarna AlamiCara Membuat Klepon Dengan Pewarna Alami :
Tumbuk daun pandan, tambahkan air kemudian saring dan rebus hingga mendidih.

Uleni tepung ketan sambil diberi air perasan pandan yang masih panas sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan.

*Daun pandan ini fungsinya untuk membuat harum Klepon sekaligus sebagai bahan pewarna alami.

Iris tipis gula merah.
Pipihkan adonan tepung ketan lalu diatasnya diberi irisan gula merah secukupnya, kemudian bentuk adonan menjadi seperti bola sehingga gula merah berada di dalamnya. Jangan terlalu besar nanti makannya susah :D
Setelah semua terbentuk, langkah selanjutnya adalah merebus bola-bola Klepon ke dalam panci.
Angkat Klepon yang sudah matang. Tanda Klepon sudah matang ketika Klepon di dalam panci sudah mengapung.
Sebagai pelengkap, taburi Klepon dengan kelapa parut yang sudah diberi sedikit garam agar lebih gurih.
Kelapa parut bisa dikukus terlebih dahulu supaya tidak cepat basi.
Klepon siap untuk disajikan :)

Bagaimana, apakah anda masih tertarik untuk membuatnya ?

Selamat mencoba :)

Comments

  1. wah makanan kesukaan saya itu gan,ane comot dulu gan resepnya,mau buat ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas ambil saja sendiri. gratis kok :)

      Delete
    2. Ada perbedaan rasanya tidak mas antara yang asli dan yang tidak. :)

      Delete
    3. sudah jelas lebih ena yang asli dong mas :)

      Delete
  2. wahh,, jadi pengen bikin :L

    ReplyDelete
  3. wahh,,, klepon itu makanan kesukaan saya kang ucup,,, kalau digigit rasanya makcrot gitu ya mas,,, hehehe :)
    makasih infonya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimakan dengan ditemani secangkir teh hangat sambil baca komik makin mak crot mbak :)

      Delete
  4. makan klepon dengan ditemani segelas teh hangat dan senyuman istri, bisa menambah kenikmatan di sore hari. Sayangnya istri saya nggak pernah bikin sendiri klepon, lha wong penjualnya ada di sebelah rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk...nanti dikira saingan ya mas :D
      cocok banget dengan komentar saya di atas :D

      Delete
  5. saya juga menggemari kuih ini.. jika di malaysia kami memanggilnya 'buah melaka'..

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran suka nggak Mizz..?
      oh iya, kenapa namanya jadi buah melaka ya... ??? :)

      Delete
    2. saya kurang pasti kenapa namanya begitu.. mungkin kerana ia berasal dari negeri melaka.. untuk breakfast pasti kuih ini di jual di gerai..

      Delete
  6. Nah ini dia kue favorit saya Kang, boleh dong nyicipin yah Kang
    Skaligus nyimak cara membuatnya terima kasih yah Kang sudah
    Berbagi cara membuat Kue Klepon

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mas karista, saya juga seneng banget asal gratis :)

      Delete
  7. Kalau yang ini saya bisa buat kang
    nggak pake lama...jadi kalau ingin mudah dan cepat..sebab kalau beli rasanya kurang pas pada selera...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beli kadang sudah dikasih bahan pewarna dan pengawet. jadi harus selektif ya mbak :)

      Delete
  8. wah mantap ini kue klepon kesukaan hehe...pasti nikmat disantap sambil santai dan ditemani teh hangat...

    ReplyDelete
  9. sudah lama nih mang gk makan klepon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal makan aja sob susah amat kan dah disiapin tuh sama kang ucup hehehe :D

      Delete
    2. sementara liht gambarnya dulu mas :D

      Delete
    3. hadeuhh.. gk kenyang-kenyang kalo liatin gambar doang mah :D

      Delete
  10. hehe kalo makanan ini saya ga ada bosennya mas, biar kecil kenyal tapi manis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sensasi meletusnya ituh loch...yang bikin makjleb kehati...;o)

      Delete
    2. Cairannya langsung menyenyeh di lidah :)

      Delete
    3. Cairannya langsung menyenyeh di lidah :)

      Delete
  11. wah saya juga suka nie sama kue yang ini mah, sekarang pembahasannya kue klepon ya sale pisangnya dah abis hehehe :D

    ReplyDelete
  12. hwaduuhhh perut saya dangdutan neh mas.,
    maksudnya keroncongan.,

    ReplyDelete
  13. kebetulan saya belum pernah buat klepon sendiri kang. Selama ini hanya beli di pasar hehe :D Saya suka klepon ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat apa mas agus :)

      sekali-kali nyoba dong mbak, ntar kalau sudah jadi bisa dikirim ke sini :D

      Delete
    2. saya malah nungguin kang ucup saja untuk bikin klepon, soalnya kang ucup sudah paham dan tahu cara membuatnya. kalau saya kan belum hehe ^^

      Delete
    3. Tinggal telpon ke kang ucup mbak :)

      Delete
  14. Ternyata membuat klepon cukup mudah untuk dilakukan juga ya mas

    ReplyDelete
  15. waduh saya jadi laper nih kang ngliat sepiring klepon di anggurin.. hehehe wah ini jangan sampai ketahuan mas reo adam nih kang.. bisa habis nih di sikat sama mas reo ckckckckckck.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya mas Reo suka sama Klepon ya mas :D

      Delete
  16. saya sudah sering membuatnya kang.. suami suka klepon soalnya..
    resepnya juga hampir sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada perbedaannya ditambahkan juga nggak apa-apa mbak :)

      Delete
  17. orang sekarang udah jarang yang kenal pewarna alami ya..?
    kunyit pewarna kuning, daun pandan, daun suji untuk warna hijau..
    duit juga bisa tuh untuk ijoin mata tapinya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mata saya ijo bukan karena duit tuh...?!

      Delete
    2. karena ada yang lewat ngga pake yang setipis silet.

      Delete
  18. Ternyata disamping aromanya yang enak, daun pandan juga bisa jadi pewarna yang memikat selera ya kang..maksih resepnya kang

    ReplyDelete
  19. kang zach si raja klepon mana...mana...mana...coba?

    #andai beliau tau artikel ini...pasti adminnya bakal dikirimin paket, buku resep klepon lengkap deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...asyik dong...saya mau cari kang zach ah :)
      semoga ketemu :D

      Delete
  20. ternyata pewarna alaminya pakai daun pandan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pakai daun suji juga bisa :)

      Delete
  21. klepon, nama yg asing bg org makassar, tp dilihat dr penampakanx disini disebut onde2.., jajanan yg ada ditiap acara pernikahan *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah lihat di film dono, kasino, indro, ketika ada maling (diperankan oleh didin boneng) buka kulkas dan melihat kue klepon di dalamnya, maling itu kok bilangnya ada onde-onde, rupanya klepon kalau di sumatera disebut onde-onde ya mas. kalau di sini onde-onde itu kue berbentuk seperti bola yang terbuat dari tepung ketan juga yang di dalamnya diisi kacang hijau dan ada wijen dipermukaannya :)

      Delete
  22. mlm sob. wah ganti provesi jadi tukang jajan sob hehehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam juga mas :) nyambi mas. kerjaan lagi sepi :)

      Delete
  23. makanan favoritku ini mas^^.. tradisional tapi enak,yummy...

    ReplyDelete
  24. saya juga pernah bikin klepon mas.. Waktu saya masih jualan semacam kue putri ayu/putu ayu.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah lincah dong sekarang mas :)

      Delete
    2. skrng malah udah lupa kang.. Karna sudah lama.. Tpi karna ada artikelnya kang ucup saya jadi inget lg.. Hehe
      kang ucup suka bikin kue juga yah, termasuk kue klepon.. :-)

      Delete
  25. Saya udah pernah makan kue klepon mas. Rasanya enak dan gurih ditambah kelapa parutnya, wuih mantap. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa untuk obat juga mas, obat lapar :D

      Delete
  26. hmmm...kelpon, kesukaan saya, bisa nancep di gigi saya nih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. giginya kali yang nancep di klepon mas :D

      Delete
  27. ini nih kueh kelepon kesukaan sayah... izin comot kueh keleponnya kang... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mang, asal jangan dihabiskan :)

      Delete
  28. coba bikin deh bang,,,, majur kayanye nih..... Jempol deh.. :p

    ReplyDelete
  29. Waduh... Urusan komen khusus yg satu ini...harus izin sama,mas zach dulu deh :)

    Tapi emang untuk jenis kue yg satu ini..termsk kue sejuta umat ya kang...

    ReplyDelete
  30. ini kue saya suka banget Kang. rasanya enak, pas di gigit moncrot tuh gula merahnya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, monrotnya itu menyebabkab rasa kangen :)

      Delete
  31. klepon menjadi makanan saya sejak kecil...dulu setiap ibu saya ke pasar, pasti nitip dibelikan klepon...anehnya di keluarga nggak ada yang suka banget sama klepon ini, jadi sayalah yang maruk makan semua jatah adik-adik saya...hehehe.
    sekarang kalau bikin klepon suka dikombinasi sama ubi ungu, selain lembut, warna ungunya kelihatan unyu banget...untuk warna hijau pakai daun suji dan pandan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau klepon yang dari ubi itu terbuat dari ubi saja atau dicampur dengan tepung ketan mbak ??

      Delete
  32. ini dia salah satu makanan kesukaan saya. KLEPON, berisi gula merah dan di taburi parutan kelapa.... jadi pengen makan klepon mas.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka banget, saking sukanya hampir tiap hari beli di warung sebelah rumah :)

      Delete
  33. karna pakai bahan pewarna alami jadinya harus dicoba ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri