Cara Membuat Sale Pisang Sendiri

Kemarin kita sudah bersama-sama Belajar Membuat Keripik Tahu, kali ini saya akan berbagi tips yang sangat sederhana sekali. Yaitu Cara Membuat Sale Pisang Sendiri. Pisang ada di hampir di setiap daerah di Indonesia. Jadi, anda pasti tidak asing lagi dengan buah ini. Bukan hanya dapat dijadikan Keripik, Pisang juga bisa dibuat menjadi Sale. Bagi anda yang belum tahu apa itu Sale, bisa cari jawabannya di internet.

Cara Membuat Sale Pisang Sendiri
Baiklah, sekarang langsung saja ke tahap pembuatannya.

Bahan dan Alat yang diperlukan :
Pisang Kapas yang sudah matang
Pisau, Tampah

Cara membuat Sale Pisang tahap I :
Kupas kulit pisang, kemudian belah pisang menjadi dua bagian.
Susun di atas tampah lalu jemur pisang yang sudah dibelah tadi dibawah terik matahari. Waktu yang diperlukan antara 6-7 hari. Tujuan penjemuran ini untuk mengurangi kadar air di dalam buah pisang.

Setelah melewati tahap I, dan pisang sudah agak mengering maka pisang siap untuk digoreng.
Siapkan bahan-bahan sebagai berikut :

Tepung beras dan tepung terigu, dengan perbandingan 2 : 1
Margarin secukupnya

Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Kunyit atau pewarna makanan
Air es
Minyak goreng

Cara membuat Sale Pisang tahap II :
Campurkan Tepung beras, tepung terigu, gula, margarin, perasan kunyit atau pewarna makanan dan garam kedalam air es hingga menjadi adonan. Takaran bisa anda sesuaikan sendiri, yang penting adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer. Panaskan minyak goreng pada wajan.
Celupkan pisang yang sudah dijemur tadi kedalam adonan, kemudian goreng pada minyak panas di atas api sedang  hingga matang dan kering.
Angkat lalu tiriskan.
Sale Pisang siap untuk dikemas.

Demikian artikel singkat kali ini tentang Cara Membuat Sale Pisang Sendiri.
Semoga  bisa diambil manfaatnya :)

Comments

  1. Pisang yg bagus utk sale adalah raja nangka. Saya dulu juga bisa membuat sale pisang, tapi sekarang lupa. Setelah membaca tips ini maka saya ingat lagi, hmmm :)

    Ntar saya mau kesana ajarin ya mas, hohoho ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. raja nangka ya mbak. selama ini di sekitar tempat tinggal saya kebanyakan menggunakan pisang kapas.

      nggak kebalik itu mbak, saya yang minta ajarin, kan mbak Indri lebih berpengalaman :)

      Delete
    2. Kalau ke tempatnya Mas Rawins nanti di ajarin Manjat Tower
      Hiehiehiehiehee

      Delete
    3. ke tempatnya Pak Asep aja mbak biar dapat uang ratusan juta :D

      Delete
    4. kalau ke tempat mas Asep ntar diajak keliling Indonesia bawa kamera utk bahan artikel,,,, hmmm menarik sekali ^_^

      Delete
    5. kalau ditempat saya saya suguhi sukun rebus

      Delete
    6. Saya Minta Donk Mas Agus Sukun Rebusnya Kebetulan Bangett Nih Saya Lagi Laper hihi :D

      Delete
    7. sukun rebus dikasih parutan kelapa :)

      Delete
    8. ditempat Cak Agus nggak hanya sukun rebus saja, ada bonus pijet dan bekam

      Delete
    9. aku malah baru dengar yang namanya pisang kapas
      kirain sale itu dari pisang siem...

      Delete
  2. Replies
    1. sambil baca juga boleh, kapan aja bisa dimana aja juga bisa , asal jangan saat tidur ya mbak

      Delete
    2. nanti dikerubuti semut :hehe

      Delete
    3. kapan kapan itu maksudnya engga bakal dibikin :D
      *timbang ga komen

      Delete
  3. alhamdulillah ,,, dapat yang baru lagi untuk usaha di rumah hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau butuh karyawan saya siap Kang Ucup
      Jadi apa aja juga Boleh.. hhhhhh

      Delete
    2. (jadi administrasi dadakan) hadeuuu...hh

      Delete
    3. saya jadi tukang icip icip aja deh

      Delete
    4. usaha sampingan, berarti tempatnya di samping rumah dong

      Delete
    5. bukannya yang berefek samping ya..?
      hehe

      Delete
  4. wah makasih kang tips nya.. saya sangat suka dengan sale pisang kang.. lebih suka lagi sale 100% yang di pajang di mall hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 70% + 20% saja sudah menggiurkan mas :)
      emangnya ada yang sampe 100% ??? :D

      Delete
    2. Ada kang di tempatnya mas nady...makanya kang ucup segera kesana

      Delete
    3. gratis tis tis tis... ???? :D

      Delete
  5. pesan yang udah jadi aja kang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mau pesan sale pisang yg uda jadi aja kang ucup,,, kalau uda jadi tlg dikirim via gmail, hohoho :)

      Delete
    2. saya via yahoo aja kang, wakakakaka

      Delete
    3. oke...siap, nanti saya compres dulu pake zip biar cepet nyampe :)

      Delete
    4. pisangnya sekalian diekstrak ya mas,,,, biar bisa langsung dimakan, hehehe :)

      Delete
  6. Kang untuk dijadikan usaha kira2 modalnya berapa kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 jt sudah bisa untuk perputaran satu minggu mas.
      untuk skala kecil :)

      Delete
    2. Wahhh Busettt Ternyata Membutuhkan Modal Yang Cukup Besar yah hmmm ... :/

      Delete
    3. relatif sih mas sebenernya :)

      Delete
  7. Jadi tau caranya kang
    terimakasih caranya siapa tau suatu saat nanti ingin bikin :D

    ReplyDelete
  8. kalau seperti ini saya lebih cepat beli kalau sudah pengen makan kang...kalau nunggu sampai 6-7 hari seleranya hilang..kalau buat usaha baru mau coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong mbak, masa sudah pengen harus bikin dulu, .... :D

      Delete
    2. Betul itu kang..kalau buat sendiri di lingkungan saya kan rame,,,nanti pas goreng baru angkat tinggal baskomnya..nah yang goreng kebagian capeknya..

      Delete
  9. Wah,,,,, repot juga ya cara membuatnya perlu waktu yang tidak sedikit. Lebih baik beli aja deh kalau lagi kepengen. he,, he,, he,,,,

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah Pak, lumayan lama dan merepotkan :)

      Delete
    2. itulah seninya berusaha, pak Indra
      makin repot makin asyik rejekinya

      Delete
  10. prosesnya lumayan lama ya ternyata, seinget saya dulu juga emak sya suka jemurin pisang saban hari, mungkin buat di bikin kaya ginian juga kali ya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk awal produksi memang harus menunggu hingga satu minggu, habis itu bisa goreng sale tiap hari mas :)

      ngomong2 emaknya rajin juga ya mas :)

      Delete
  11. Apakah semua pisang bisa di buat sele gan??? dan pisang apa yang enak di buat sale?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak semua dapat dibuat sale mas, contohnya pisang batu.
      kalau enak atau kurang enaknya sebenarnya tergantung selera juga. tapi pisang tanduk dan pisang sobo yang paling enak menurut saya :)

      Delete
  12. Tau aja kang..cemilan yg sy suka hehe
    Ijin bawa pulang ya resepnya..buat di coba sama bunda di rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bener mas....
      ngga usah ijin juga nggak apa-apa, anggap saja rumah sendiri :D

      Delete
    2. kalau gitu nginep sekalian mas Bud mumpung tuan rumahnya lagi baek hehe...

      Delete
    3. Siap mas Anthonie..ini juga lagi nyiapin bantal.hehe :)

      Delete
  13. njemurnya seminggu ya kang.. boleh nih dicoba kalau lagi musim kemarau,kalau sekarang hmmmm hujan mulu. nanti ga kering2 deh,hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake oven mbak, tapi harus gede oven-nya :)

      Delete
  14. Nah ini artikel yang nikmat, pesen saya satu gorengan
    Kang Ucup? dari pada bt, dan hati Risau, mendingan
    Nyimak artikel nya Kang Ucup makan Sale Pisang sambil
    Sruput Coffe.. 234 ngebul hhkhkhk, terima kasih Kang Ucup

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok banget itu mas, wah pokok e manteb kalo sudah ditemeni kopi sama 234 :D

      Delete
  15. Udah lama nih nggak makan sale pisang lagi kang, jadi kangen hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim surat atau sms mas kalau kangen :hehe

      Delete
    2. Mas anthonie..kirimnya masih lewat pager kang :)

      Delete
  16. Caranya mudah asal mengikuti tutorial yang kang ucup buat. Namun, kita semua tahu kalau cita rasanya pasti berbeda karena berbeda tangan yang membuatnya. Bila sudah mahir pastinya rasanya sudah tidak usah diragukan lagi, sedangkan bagi yang baru mulai terus semangat dan terus mencoba untuk membuat resep ini seenak mungkin serta membuatnya dengan hati juga. hehe :)
    Saya sudah follow blognya, blog ini banyak menyajikan artikel yang bermanfaat. Nanti kalau ada waktu senggang insyaallah saya akan main lagi untuk membaca artikel di blog ini lebih banyak lagi supaya ilmu saya dapat bertambah berkat membaca banyak artikel. Saya tunggu ya follow backnya. Terimakasih. :)
    http://dailybloggerpro.blogspot.com/2013/08/daftar-isi-daily-blogger-pro.html

    ReplyDelete
  17. Oh ya satu lagi, mas. widget share artikelnya bagus banget. saya suka, kira-kira dimana saya bisa mendapatkan widget itu? Ditunggu yah mas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di blognya mas andes mas :)
      mas-andes.blogspot.com

      terima kasih sudah mampir dan follow blog saya, follback sukses :)

      Delete
  18. kalo untuk jenis pisang nya itu pake pisang apa yang bagus sob ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang kepok atau pisang saba (jawa : sobo) dan pisang tanduk mas.
      harganya mahal tapi rasanya wuenak :)

      Delete
    2. Harga emang ndak bohong ya kang :)

      Delete
  19. kalo caranya gitu saya kayanya bisa bikin kang hehe..

    makasih ilmunya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang begitu caranya mas wkwkwkwk

      Delete
    2. mudah ya mas, cuma agak lama nunggunya :)

      Delete
  20. Akhirnya artikel barunya datang juga, saya cukup senang dengan mengunjungi blog wismakreatif ini. Pisang kapas itu bahasa jawanya apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang kapas itu sudah dalam bahasa jawa mas :)

      Delete
  21. saya gak mau bikin sendiri, mau nya dibuatin sama kang ucup aja, karena kang ucup orang nya lebih kreatif. hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga begitu, tinggal makan saja enak banget dah. ;)

      Delete
    2. semua juga mau kayak gitu :D

      Delete
  22. pisang gebyar sepertinya mantep kang buat sale.. gede2 panjang pula pisangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiiih besar dan panjang ya mas andes, cuma saya gak tau pisang gebyar itu yang sperti apa ya?

      Delete
    2. enak banget mas kalau pake pisang 'gebyar'
      tapi harus dipotong-potong dulu dong mas :D

      Delete
  23. wahh.. Kebetulan saya paling suka kang sale pisang..

    Boleh juga nie resepnya di coba.. Hehe..
    Trimakasih resep nya kang ucup.. :-)

    ReplyDelete
  24. Wah terima kasih gan cocok kalo lagi panen pisang sampai bosen krn banyak dikebunku, udah ku update cerita part 2 semoga menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali itu mas Huda, kalau sudah dijadikan sale nanti penyimpanannya jadi lebih lama.

      oke mas, segera saya tengok :)

      Delete
  25. kalau bunda saya biasanya masih lebih sering kalai bikin selai, pakai selai nanas mas, kalau pisang belum pernah coba dh kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain saya sama mbak maya, ternyata beda yah, makasih nih mb' tambahanmnya, baru tahu soalnya kalau beda

      Delete
    2. wkwkwk....mas Rizky korban srimulatisasi :D

      Delete
  26. Lumayan lama juga ya kang untuk membuat sale pisang. Butuh 6-7 hari untuk membuatnya. Jadi harus sabar ya kang hehe :D
    Kalau saya biasanya beli kang hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk usaha setelah 7 hari bisa produksi tiap hari mbak :)

      Delete
  27. Wah kalo sale pisang saya paling suka tuh kang, proses penjemuran lumayan lama juga ya :) Makanan ini cocok banget buat cemilan, jadi laper aja nie...ya udah deh saya off dulu kang, keasyikan ngenet jadi lupa makan nie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cemilan sambil ngeblog juga pas banget mas :hehe

      Delete
    2. iya betul kang jadi tambah semangat ngeblognya tuh :)

      Delete
  28. Sale pisang adalah makanan kesukaanku. Selenya tidak diiris tipis-tipis yang om ?, berarti nanti kurang kering salenya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, biasaya masih ada efek lunak ditengah mas :)
      kalau sale pisang kepok memang diiris tipis karena ukuran pisangnya agak besar.

      Delete
  29. Selama ini saya masih setia menjadi konsumen sale pisang kang, belum pernah membuat sale sendiri. Tapi kalau lihat tulisan sale di mall sih sering hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah bedanya sale jawa dengan sale bule :D

      Delete
  30. pasti enak sale-nya nih kang, jadi pengin nyoba, gampang yah caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang mas, tinggal jemur dan goreng saja kok :)

      Delete
  31. sale pisang dan dodol pisang adalah turunan produk dari pisang selain pisang goreng dan pisang rebus, ada lagi turunan produk pisang yang lain seperti keripik pisang.
    kang ucup punya ide yang banyak tentang pisang. keren sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baru posting sale pisang lo mas :)

      Delete
  32. Proses Pembuatannya Lama Bangett Yah ternyta :D Bisa Sampe 7 hari (Untuk Proses Pengeringannya aje) ckckck :D
    Tapi makasiii Nih Kang Atas Ilmunya nanti saya Akan Coba Bikin Ahhhh Tapi saya Izin Save yah Kang Tutorialnya biar Kagak Lupa hehe

    ReplyDelete
  33. masih ada sisa sale ga nih kang, lama ga ngemil sale :) hehe

    ReplyDelete
  34. asiiiik, mau belajar bikin sale ah sama kang ucup hehehe...kebetulan disini ada daerah yg menghasilkan sale pisang yang punya ciri khas juga kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dong yang seharusnya belajar sama Kang WS :)

      Delete
  35. Kaya nya Sale Pisang sudah Matang semua dan telah selesai
    Tinggal makan, ijin lagi Kang Ucup saya nyicipin karya Kang Ucup
    Semoga sukses Wirausaha nya yah Kang Ucup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas karista, terima kasih atas do'a nya :)

      Delete
  36. jadi laper klo baca posting kang ucup ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah kenyang berarti nggak napsu buat baca di blog saya dong mas :)

      Delete
  37. Selamat pagi dan selamat beraktifitas kang ucu, semoga sukses slalu :)
    Kembali hadir lagi disini turut meramaikan suasana sekaligus menanti postingan terbarunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...... amin

      terima kasih mas atas partisipasi panjenengan akan blog saya ini. :)

      Delete
  38. postingan yg penuh manfaat dan aku menyukai ini sobat
    salam kenal dan jangan lupa mampir follow yah
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Pak, salam kenal juga dari saya.
      oke Pak, segera meluncur :)

      Delete
  39. Wah! cemilan kesukaan saya tuh sale pisang, jadi laper nih.
    Trims sharingnya dan salam kenal mas Yono :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali dari saya mas Yono :)

      Delete
  40. Aku suka sale pisang,dan aku pernh bikin,proses penjmurn ny 4 hri,krna kbtuln cuaca ny lg pnas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus dong mbak kalau 4 hari sudah kering. kalau di tempat saya dulu sampai satu minggu saat musim kemarau :)

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri