Tape Singkong dan Khasiatnya

Ada dua jenis tape menurut proses pembuatannya. Yang pertama adalah tape basah, dan yang kedua adalah tape kering. Tape kering banyak diproduksi di wilayah Jawa Barat yang populer dengan nama Peuyeum.

Kali ini akan saya coba bagikan cara pembuatan tape basah :)

Bahan :

Singkong
Ragi tape

Alat :

Alat Pengukus nasi
Baskom
Tampah
Daun pisang

Cara Membuat :

Kupas singkong kemudian potong-potong dengan panjang kurang lebih 5 cm. (Untuk percobaan, kita gunakan 1 kg singkong dulu). Setelah itu cuci bersih singkong yang telah dipotong-potong kemudian singkong di kukus menggunakan alat pengukus nasi selama kurang lebih 30 menit atau jika dirasa singkong telah matang. Angkat dan ratakan singkong di atas tampah supaya dingin.
Haluskan 4 butir ragi tape. Selanjutnya tabukan ragi pada singkong yang sudah dingin hingga merata. Siapkan baskom lalu lapisi bagian pinggirnya menggunakan daun pisang. Jika tidak ada daun pisang bisa diganti menggunakan plastik. Susun potongan singkong yang sudah ditaburi ragi dan gula tadi ke dalamnya kemudian tutup rapat menggunakan daun pisang juga atau plastik agar proses fermentasi berjalan dengan sempurna. Letakkan baskom ditempat yang aman dari gangguan serangga, tunggu dan diamkan selama 3 - 4 hari.
Setelah 3 atau 4 hari, singkong sudah berubah menjadi tape. Sampai di sini tape singkong bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga diolah lagi menjadi makanan lain.

Tape Singkong dan Khasiatnya
Gambar tape singkong

Kandungan Gizi Pada Tape Singkong (Per 100 gr) :

Energi          173 k kal
Protein               0,5 gr
Lemak               0,1 gr
Karbohidrat     42,5 gr
Kalsium           30 mg
Fosfor           30 mg
Besi                     0 mg
Vitamin B1      0,07 mg
Air                   56,1 gr

Khasiat Tape Singkong :

  • Menyembuhkan jerawat dan bisul
  • Dapat menambah rangsangan seksual suami-istri (he..he..)
  • Menghangatkan tubuh karena mengandung Alkohol
  • Menyehatkan kulit.
  • Menghilangkan noda di wajah jika dikonsumsi setiap hari
  • Menjadi energi alternatif selain nasi
  • Memperlancar menstruasi (bagi wanita)
  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Menyembuhkan penyakit maag dengan cara dikonsumsi pagi-pagi saat bangun tidur.
  • Mencegah anemia.
  • Obat alternatif untuk mengobati ambeien
  • Mengobati luka pada penderita diabetes (ditempel pada luka)



Demikian sekilas mengenai Tape Singkong dan Khasiatnya.
Semoga bermanfaat :)

Comments

  1. Itu yang ngeri mas yang untuk mengobati luka...
    Tar kelupaan tapenya malah dimakan heueheuehu

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya masih doyan mas .... :D

      Delete
    2. kang kompi bisa aja kayaknya pengalaman pribadi nih, hihihi

      Delete
  2. Wah ternyata tape singkong banyak juga ya gan manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi banyak yang suka kalau langsung dimakan

      Delete
  3. jadi makin suka sama tape singkong :)

    ReplyDelete
  4. wow saya baru tahu nih :jempolgede :D
    baca artikel ini saya jadi ingin ketawa... :D
    kenapa ?
    karena mantan pacar saya suka banget makan tape singkong bakar !
    thanks Gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantan pacar ya Pak, berarti sekarang sudah jadi istrinya dong :)

      oke Pak, sama-sama :)

      Delete
    2. Ada-ada aja ya ada tape singkong bakar. Jadi penasaran saya :)

      Delete
    3. wakakakaaaa... bisa aza nih Kang Ucup

      itu loh mba Ririn kalo lagi di Malaysia mana ada :D
      di Tangerang banyak tukang Tapai Singkong Bakar loh...
      Uuuueeennnaaakkk tenan Mba.... :D

      Delete
    4. wew...Mbak Ririn lagi di Malaysia ya :D

      Delete
  5. bisnis tape singkong sepertinya menjanjikan nih. hehe ^^

    ReplyDelete
  6. paling suka kang kalo di campur es sirup kasih kolang kaleng hehehe.. segerrr benerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tuh, apa lagi panas-panas gini ya...:D

      Delete
    2. Apalagi kalau gratis, pasti tambah seger ya mas andes hehe :D

      Delete
    3. kalo pas lagi ga punya duit kang sambil nglamun :D
      di jamin gratis mbak rin, kan kang ucup yang bayar :)

      Delete
  7. waahh, saya malah baru tau mas khasiat dari tape.. Ternyata banyak khasiatnya juga yah mas.. Cara bikin nya juga tidak sulit kaya nya.. Thankz mas sudah berbagi.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas mudah banget, bahannya juga cuma singkong dan ragi saja.

      sama-sama mas :)

      Delete
  8. Ternyata tape singkong banyak sekali khasiatnya ya mas,,, saya kira hanya enak saja tp khasiatnya gak begitu ada soalnya sdh beberapa hari dibusukkan.
    Kebetulan tape singkong adalah makanan kesukaan saya,,,
    nice sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..kok dibusukkan sih mbak :D

      tapi enak kan mbak.. :)

      Delete
  9. peyeum alias tape makanan favorit saya kang, tape basah dicampur es campur pasti ajib kang :D

    ReplyDelete
  10. Saya malah lebih suka tape kering kang, yang namanya peyem itu daripada tape basah. Tapi lumayan jauh juga ya dari tempat saya, soalnya tape kering adanya di jawa barat. Hmmmm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli via internet ja mbak :)

      Delete
    2. biasanya yang basah2 lebih enak mbak, tapi mbak ririn kok suka yang kering :)

      Delete
    3. udah bosen mas sama yang basah jadi sekarang doyannya yang kering :)

      Delete
  11. wah disamping enak, ternyata banyak khasiatnya ya kang..makasih infonya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas El, bisa menjadi alternatif bagi yang suka minum obat

      Delete
  12. wow.. banyak banget nih manfaatnya mas.. wah harus semangat nih makan tape nya.. biar wajah makin bersih dan makin ganteng hhehehe,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas nady, tapi jagnan banyak-banyak, ntar mabok lo :D

      Delete
  13. Salah satu jajanan tradisional yang udah agak sulit ditemui.

    Mohon support, kritik dan saran untuk personal blog baru saya Aditya-Web.com :) terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah jarang ya mas sekarang.....

      mungkin karena lahan buat menanam singkong semakin berkurang karena dijadikan perumahan dan sebagainya mas :)

      Delete
  14. thanks kan ucup sudah berbagi
    saya baru tau ne mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas,
      kalau sudah tahu bisa langsung dicoba :D

      Delete
  15. kalau peuyeum mah saya suka banget kang, aduh udah lama nggak makan peuyeum lagi nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ingat peuyeum ya mas :D

      Delete
    2. iya kang yang di Bandung lebih terkenal yah kang peuyeumnya :)

      Delete
  16. manfaat nya luarbiasa ya sob..
    jdi pngen mkan tape ni

    ReplyDelete
  17. saya setuju sama poin no 2 kang , si............p

    ReplyDelete
  18. itu kesukaan saya mas,
    saya keseringan beli, pingin buat sendiri ga tau caranya,
    setelah melihat artikel akang jadi tau bagaimana caranya, ga cuma dari itu bisa tau khasiatnya sekalian.
    terima kasih artikelnya mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan beli aja mas, praktis, kita cukup ketahui cara pembuatannya saja agar dapat sedikit menghargai makanan yang kita makan :)

      Delete
  19. banyak khasiatnya ya.. tapi saya tidak suka makan tape singkong ini.. jika di malaysia kami panggil tapai ubi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata di malaysia ada tape juga ya Mizz :)

      Delete
  20. Baru tahu kalau tape singkong itu banyak manfaatnya, aku kira karena mengandung alkohol jadi nggak baik untuk tubuh, nyatanya justru banyak khasiatnya....thanks banget Kang Ucup, nice shared....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kebanyakan bisa mabok mas, apalagi minum airnya. tapi kalau masih dalam porsi yang wajar sih nggak apa-apa mas :)

      Delete
  21. pantesan kalau saya dan keluarga pulang kampung ke Cirebon, pasti disuguhi makanan tape singkong ini, hampir ngga pernah lewat, makanan ini pasti ada...rupanya ada khasiat istimewanya ya "Dapat menambah rangsangan seksual suami-istri"...mulay sekarang saya mau tiap waktu ah makan ini.... ;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...bisa jadi alternatif pengganti sate kambing Kang :D

      Delete
  22. saya suka tape kalo di goreng kang, mak nyus...

    salam kenal ya kang, sekalian follow blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal balik mas, terima kasih sudah follow blog saya :)

      Delete
  23. kalau di daerah saya tape singkong berbahaya kang, makanya tape singkong pada diikat digantung...

    tapi didaerah saya sesudah dikupas singkong nya dikerik dulu kang, dibuang lendirnya.... mungkin sebagian saja sih ndak tau biar apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang yono bisa aja nih..:D
      karena cara menjualnya dengan cara digantung itu jadi terkenal dengan sebutan peuyeum gantung ya Mang.

      Delete
  24. saya masih kebagian tapenya g kang?

    kapan" praktek buat ah

    ReplyDelete
  25. jadi lapar mas HAHAHAH saya admin di ikerenki.blogspot.com mas, boleh dikirim singkong tape-nya mas laper nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas baskoro itu yang dulunya jhonas okto ya :)

      Delete
  26. tape singkong ini enaknya kalau di goreng sama di kolak, jan josh gandos mas.
    #Rizkyzone.com

    ReplyDelete
  27. Bolehkah tape singkong dikonsumsi penderita diabetes? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau persis mas, tapi lebih baik konsultasi dulu dengan dokter supaya mendapat jawaban yang tepat :)

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Cara Membuat Stempel Sendiri (Bagian 2)

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri