Peluang Usaha Dengan Budidaya Jangkrik

Hingga saat ini, Jangkrik masih menjadi makanan favorit burung kicauan selain Kroto. Jumlah pecinta burung kicauan semakin hari semakin bertambah banyak. Selain untuk pakan burung, Jangkrik juga dijadikan bahan dasar kosmetik dan yang terakhir juga dapat dijadikan Tepung Jangkrik. Dan ini bisa menjadi sebuah peluang usaha bagi kita. Cara beternak Jangkrik terbilang mudah dan tingkat keberhasilannya juga tinggi dibanding budidaya Kroto.
Biar tidak penasaran, simak caranya di bawah ini.

Penyiapan Kandang

Jangkrik adalah hewan Nokturnal atau jenis hewan yang aktif di malam hari. Karena itu kandang Jangkrik hendaknya diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Letakkan kandang ditempat yang teduh dan agak gelap. Untuk menjaga kondisi kandang mendekati habitatnya, maka kandang diberikan daun-daun kering seperti daun pisang untuk tempat sembunyi. Pada bagian atas kandang bagian dalam sebaiknya dilapisi lakban keliling agar jangkrik tidak merayap naik keluar kandang. Di salah satu sisi dinding kandang dibuat lubang yang untuk jalannya sirkulasi udara. 

Kandang Jangkrik biasanya berbentuk persegi panjang dengan tinggi antara 30 - 50 cm, lebar 60 - 100 cm dan panjang 120 - 200 cm. Kandang diberi kaki paling tidak 20 cm. Tidak ada ukuran baku untuk ukuran kandang Jangkrik. Yang penting disesuaikan dengan jumlah jangkrik dalam kandang.
Kandang dapat dibuat dari kayu dengan rangka kaso, dan dinding kandang dapat dibuat dari triplek. Untuk menghindari gangguan binatang seperti semut, dan serangga lainnya, maka keempat kaki kandang dialasi mangkuk atau kaleng dan diisi air atau oli bekas.

Pemilihan bibit

Peluang Usaha Dengan Budidaya JangkrikBibit Jangkrik yang bagus adalah bibit yang berasal dari indukan yang ditangkap dari alam karena Jangkrik yang ada di alam memiliki ketahanan fisik yang bagus sehingga dapat menghasilkan bibit yang bagus pula. Untuk lebih mudahnya bibit dapat dibeli di peternakan.. Biasanya dijual dalam bentuk telur dengan takaran per sendok. Dalam satu sendok terdapat kurang lebih 2000 butir telur. Pada periode berikutnya kita sudah tidak perlu membeli bibit lagi karena kita dapat menghasilkan bibit Jangkrik sendiri.

Perawatan bibit.

Taruh telur Jangkrik pada nampan atau piring yang diberi pasir halus, atau bisa juga menggunakan media kapas atau handuk yang telah dibasahi kemudian diperas airnya. Jaga suhu kandang agar selalu sejuk dengan menyemprotkan air dua kali dalam sehari. Telur Jangkrik akan menetas setelah 2 - 3 hari kemudian. Anak Jangkrik yang baru menetas diberi makan berupa voor/pelet (makanan ayam) yang dihaluskan, atau bisa membuat sendiri dari bahan kacang kedelai, jagung kering dan beras merah. Pemberian pelet hingga anak Jangkrik berumur 10 hari. Setelah fase ini, anak Jangkrik dapat mulai diberi pakan sayur-sayuran, jagung muda dan gambas. Jangkrik juga sangat suka dengan daun Pepaya. Setelah 35 - 40 hari, Jangkrik sudah bisa dipanen. Saat itu Jangkrik belum tumbuh sayap dengan sempurna atau biasa disebut Clondo. Clondo ini biasanya dijadikan untuk pakan burung.
Sisakan Jangkrik yang akan dijadikan indukan. Setelah kurang lebih 70 hari, Jangkrik sudah siap untuk bereproduksi. Dengan begini kita tidak perlu lagi membeli bibit untuk dibesarkan.
Ciri-ciri Jangkrik yang bagus untuk dijadikan indukan adalah, antena masih lengkap, kaki belakang juga masih lengkap, badan dan sayap mengkilap, agresif dan pada Jangkrik jantan selalu mengeluarkan bunyi (mengerik).

Mudah sekali bukan. Dan pastinya dapat dijadikan alternatif atau menjadi usaha sampingan kita di rumah.
Sebuah Peluang Usaha Dengan Budidaya Jangkrik ini sangat sayang untuk dilewatkan. 

Sekian dan terima kasih :)

Update :

Berikut saya sertakan sebuah video pendek yang saya ambil dari acara Laptop Si Unyil di Trans 7.



Comments

  1. kalo burung saya yang satu ini tak berkicau kang? gimana dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipotong saja mas buat sarapan :D

      Delete
    2. ngahaha... di slentik aja mas burungnya biar kapok :D

      Delete
    3. haha... udah saya slentik mas, udah kapok kayanya wkwkwk

      Delete
    4. Udah ndak suka ter bang jg dong mas..jdnya :)

      Delete
  2. Menarik nih kang ...buat tambahan angaran belanja dapur..hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Budi,biar dapur teap ngepul :)

      Delete
    2. oh jadi jangkriknya di panggang yah mas biar dapurnya ngepul hehe...

      Delete
    3. Bukan di panggang lagi mas...di sate deh kayaknya..hehe :)

      Delete
    4. salah semua, yang betul diasapi :)

      Delete
    5. kalau diasapi kasihan nanti keluar air matanya

      Delete
  3. terima kasih kang artikelnya...bisa dibookmark nih siapa tahu nanti kapan2 bisa dipraktekan buat cari2 tambahan uang jajan :)

    ReplyDelete
  4. Tetangga saya pernah melakukan usaha ini kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...bagus dong mas, bisa tanya2 langsung :)

      Delete
  5. usaha jangkrik dewasa ini memeng sangat menjanjikan mas, ditambah karena semakin maraknya pecinta burung

    ReplyDelete
  6. menarik juga emang mahal ya mas harga

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan mahal mbak, karena jumlah peternaknya semakin sedikit

      Delete
  7. tapi bisa dapet jangkrik nya darimana kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di peternak lain mas, atau kalau nggak ada bisa pesen sama penjual pasang burung

      Delete
  8. bnr bgt sob, ini merupakan bisnis yg menjanjikan, aku dulu pernah ngaamin ternak jangkrik, tp berhubung aku skrg lbh sibuk dgn kerjaan dikantor jd ternak jangkrikku gak keurus..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah berpengalaman dong mas, kalau sibuk dan lupa memberi makan bisa-bisa jangkriknya saling makan satu sama lain mas.

      terima kasih kunjungannya :)

      Delete
  9. wih jangkrik, dijakarta udah jarang ada jangkrik :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena lahannya semaknin sempit ya mas. karena itu perlu dibudidayakan mas, biar tidak punah :D

      Delete
    2. kalo tikus kantor sepertinya masih banyak kang :D

      Delete
    3. bener mas, dan terus bertambah banyak :D

      Delete
  10. wah di desa saya budidaya jangkris sudah meraja lela kang... selain untuk makan burung jangkrik di tempat saya juga banyak di cari untuk umpan mancing.,.
    hehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu ya mas, bisa dijadikan umpan mancing juga. soalnya akalau di sini umpan mancing-nya pake udang mas

      Delete
    2. Ada juga yg pake lembaran kertas merah ya kang...hehe :)

      Delete
    3. itu kalau buat mancing putri duyung mas Bud :D

      Delete
  11. cengkerik (jangkrik) ini boleh dimakan ya? baru saya tahu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di beberapa daerah jangkrik dioalah menjadi bahan makanan Mizz, atau sekedar dijadikan lauk saja

      Delete
  12. wah keren mas, ke ingaet saya wktu kecil sering nyari jangkrik hehe.. Genggong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkrik genggong itu jangkrik yang besar itu ya mas ?

      Delete
  13. budidaya ayam aja deh kang itu dah paling gampang ..sekali tingkal dikasih makan.. kalau udah gemuk siap panen .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus tuh, ayam di lepas juga bisa nyari makan sendiri mas, kalau sudah sore mereka pilang ke rumah. ngirit banget tuh mas :)

      Delete
  14. Dikampung saya jika seseorang sedang marah akan mengatakan, jangkrik..! gitu. Berarti jangkrik memang banyak dicari ya mas,,, hihi :) just kidding :)

    kalau ternak hewan jangkrik dikampung saya juga banyak mas,,, utk dijual buat makanan burung.

    selain jangkrik ternak, jangkrik liar juga banyak diladang kalau malam hari,,, maklum rumah saya di lereng gunung, hehehe :)

    ReplyDelete
  15. itu sih 'misuh' mbak :D

    tapi enak juga lho mbak kalau tiap hari denger suara jangkrik. hati serasa damai gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati serasa damai itu kalo orang sehat kang.. coba kalo orang sakit gigi denger suara jangkrik rame2, saya jamin pasti giginya seperti mau lepas semua :) ngahaha..

      Delete
    2. kalo begitu beruntung sekali orang budek kalau sedang sakit gigi ya mas :)

      #budek saja masih beruntung :)

      Delete
    3. ngahaha.. itulah nikmatnya kang, biarpun punya kekurangan namun masih punya kelebihan.
      #anti suara jangkrik :D

      Delete
    4. iya ya, di balik kekurangan pasti terdapat kelebihan :)

      Delete
  16. kalau didesa jangkrik kgk laku soalnya banyak yg bisa cari sendiri,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya waktu luang cari sendiri sih nggak pa-pa mas, bisa hemat duit

      Delete
  17. sepertinya peluang usaha ini mempunyai prospek yang bagus ya kang. Karena jangkrik kini banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Misal untuk maenan anak-anak, dan untuk makanan burung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya perhatikan dari dulu jangkrik ini selalu laku.
      dan harganya semakin mahal :)

      Delete
    2. bisa dikonsumsi nggak yah kang hehe...

      Delete
    3. bisa mas, katanya berprotein tinggi.

      Delete
    4. wah nggak kebayang kalau jangkrik bisa dimakan hmmm :D

      Delete
    5. daripada jangkrik mending sate sapi :D

      Delete
    6. kalau jangkrik saya tidak pernah makan, tapi kalau belalang saya pernah dan jadi suka karena rasanya gurih dan renyah :)

      Delete
    7. kebanyakan makan belalang bisa mabok lho mas :)

      Delete
    8. mas andes pernah mabok belalang ya ???hehe..

      Delete
    9. belom pernah kang, tapi pernah di kasih tau orang :D

      Delete
    10. Saya pilih sate sapi aja..boleh kan..hehe :)

      Delete
    11. sapinya kan lagi mogok mas Bud :) jadi belum bisa dibikin sate :D

      Delete
    12. sate kambing kayaknya lebih ok mas hehe :)

      Delete
  18. Dulu saya mau coba usaha budi daya jangkrik, tapi berhubung banyak tetangga yang mau coba juga, akhirnya saya gak jadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh. mang yono nggak mau kesaing nih ceritanya :)

      Delete
    2. wah mang Yono alasan aja nih hehe...

      Delete
    3. wkwkwk kebanyakan alasan nich mang yono :D

      Delete
    4. alasannya banyak nih mang yono :D

      Delete
  19. kalau maghrib menjelang kang,,,,
    biasanya jangkrik pada menyanyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. he-em mbak, dan mereka mulai beraktifitas :)

      Delete
    2. lagunya jangkrik judulnya; krik,krik,krik, gitu ya mbak maya, hehehe :)

      Delete
  20. baru pertama kali mampir sini gan,
    suaranya jangkrik agak mirip ular bedanya pd ular agak mendesis ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ular derik ya mas :D
      ada2 saja nih...

      terima kasih ya sudah mampir :)

      Delete
  21. jaman buming jangkrik,saya pernah ikutan pelatihan berternak jangkrik, cuman udah lupa....budidaya jangkrik azh gituh ya?....labanya lumayan banget deh ih sebenernya mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ternak jangkrik kan sisa ubi cilembunya bisa buat pakan jangkrik kang :)

      Delete
  22. saya pernah kang budidaya jangkrik di rumah, tapi bikin berisik juga yah hehe...

    ReplyDelete
  23. Sepertinya peluang usaha budidaya jangrik nie cukup menjanjikan juga nie coz belom terlalu banyak kayaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikelola dengan baik bisa menjadi sumber penghasilan mas :)

      Delete
  24. Replies
    1. iya, mas Nady juga bilang begitu :)
      tetangga ya mas :hehe

      Delete
  25. Artikel yang menarik mas. bagaimana dengan harga jual jangkrik sendiri mas? apakah harganya cukup kompetitif?
    Ngobrolin tentang peluang usaha ga afdol kalau ga nyenggol tentang $$ nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar juga mas, saya juga sempat ingin memberikan rincian dana pada setiap artikel saya. tapi kemudian saya urungkan karena harga sewaktu-waktu dapat berubah dan berbeda di tiap daerah. dan juga artikel saya hanya bersifat informasi dan motivasi kepada mereka yang sedang mencari kerja.

      Delete
  26. saya malah lebih suka kalau bisnis jangkrik ini dijadikan bisnis sampingan. Jadi misal kita sudah bekerja di sawah atau dikantoran, bisa mengisi waktu kita dengan bisnis ini. mantep kayak nya ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali itu mbak, jadi pendapatan-nya bisa dobel. dan lagi perawatan bisa dilakukan orang rumah :)

      Delete
    2. iya mbak rin bener banget, saya juga setuju kalo kang Ucup jadi bos jangkrik.. kan saya bisa bawa toples ntar mau pelihara juga :) hehehe

      Delete
    3. jangankan toples mas, bawa dam truk juga saya kasih :D

      Delete
    4. Mas Anthonie...udah nyiapin drumnya loh kang :)

      Delete
    5. ntar jangkrik yang ada di sawah bisa habis lho kang kalau diambil terus hehe :D

      Delete
  27. sepertinya untuk budidaya jangkrik tidak terlalu rumit ya kang, hasilnya juga lumayan.. apalagi kalo pelihara burung kang, pas banget bisa buat pakan burung biar joss kalo berkicau :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sekalian ternak burung juga itu mas :)

      Delete
    2. kan udah punya burung kang, tapi biarpun ga bisa berkicau jangan di slentik ya :D kasihan ntar sakit..

      Delete
  28. Jangkrik serangga kecil yang bermanfaat besar ya kang Ucup
    memiliki nilai ekonomis cukup tinggi
    Artikel yang bagus dan inspiratif Kang Ucup

    Saya dulu pernah ternak jangkrik
    lumayan hasilnya, 1kg harganya Rp 30.000,-
    Setelah tahu ada ternak kroto, kemudian beralih ke kroto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi Pak Rinoto sudah berpengalaman dong mengenai jangkrik...

      di tempat saya sulit dapat semut rang-rang Pak, sebenarnya pengen nyoba juga :)

      Delete
  29. wah kalau umpan mancingnya pake udah sayang dong kang.. soalnya buat umpan saya juga bisa kalau udang kang... ckckckkckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, benar juga mas, karena harga udangnya juga sudah mahal, satu ekor bisa sampe seribu lima ratus rupiah :)

      Delete
  30. beberapa bulan lalu di kampung saya smpat ramai para pembudidaya jangkrik mas, tapi sekarang sudah banyak yang gulung tikar beralih profesi jadi beternah puyuh mas. #Rizkyzone.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. budidaya jangkriknya berjamaah ya mas, selesai satu selesai semua dong :)

      Delete
    2. soalnya di kampunya saya banyak yang tak siap mengalami kebangkrutan mas ckckckc

      Delete
  31. jangkrik di sini banyak kang, tpi klo musim hujan, klo musim panas kaya gini ga ada, maklum rumah saya mewah, mepet sawah maksudnya. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musim kemarau pada kemana ya mas, kok nggak mau muncul :D

      Delete
  32. saya kok radak radak geli ya mas lihat jangkrik, apalagi kalau masuk di selangkangan, ih geli banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana ceritanya mas sampe masuk selangkangan segala :D

      Delete
  33. budidaya jangkrik dan ulat saat ini yg lebih menjanjikan ya mas...

    ReplyDelete
  34. Hasilkan Blog Anda Menjadi Mesin Penghasil Uang Dengan Penghasilan 3 Juta - 15 Juta / Minggu, Daftar & Pelajari Segera Caranya Di http://newkerjaonline2014.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tentunya agan sekarang sudah kaya raya dong ya :)

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri