Ketahui Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Selain renyah, Keripik Singkong Balado juga mempunyai rasa manis sekaligus pedas. Bagi saya pas banget dijadikan teman saat nge-Blog. Karena saya sering berlama-lama di depan komputer dan terkadang sampai lupa waktu. Apalagi kalau sedang melakukan 'Blog Walking', rasanya enggan beranjak dari tempat duduk :)

Sekian lama jadi penikmat Keripik Singkong Balado rasanya kurang afdol bila tidak tahu cara pembuatannya. Akhirnya, saya mencari artikel tentang cara membuat keripik singkong balado di mesin pencari Google, dan saya temukan banyak artikel terkait di sana. Caranya tidak sesulit membuat Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong. Tapi agak sedikit ribet jika dibandingkan dengan cara membuat tape singkong.

Untuk lebih jelasnya, Mari Ketahui Cara Membuat Keripik Singkong Balado bersama.

Bahan Membuat Keripik Singkong:

1 Kg Singkong.
2 sendok teh kapur sirih
Garam

Cara Membuat Keripik Singkong :

Kupas singkong lalu cuci bersih
Iris tipis singkong dengan menggunakan alat khusus untuk membuat keripik.
Rendam dalam air yang berisi garam dan sedikit air kapur kuramg lebih 5 menit. Angkat kemudian cuci.
Rendam kembali dalam air bersih.
Goreng irisan singkong tersebut dengan menggunakan minyak yang banyak menggunakan api sedang.
Goreng sampai warnanya kuning kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan

Keripik Singkong Balado, Teman Setia Saat Nge-BlogBahan Bumbu Balado :

8 siung bawang putih.
4 buah cabai merah
2 sendok makan gula pasir.
1,5 sendok teh garam.
Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Bumbu Balado:

Haluskan bawang putih dan cabai merah (sebelum dihaluskan, belah dan ambil bijinya)
Tumis bawang putih dan cabai merah yang sudah dihaluskan tadi sampai harum dan sedikit mengering
masukkan gula dan garam. Aduk terus sampai rata.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

Apabila bumbu balado-nya sudah jadi, angkat wajan dari atas api
Dalam kondisi hangat, masukkan keripik singkong dan aduk sampai semua bumbu  balado tercampur dengan baik dan menempel di keripik singkong.
Biarkan sampai kering dan tidak lengket
Nah, sekarang Keripik Singkong Balado-nya sudah jadi dan siap untuk dihidangkan :)
Kalau mau dijual juga tidak apa-apa. Tinggal dikemas dalam plastik lalu dititipkan ke warung-warung atau toko-toko terdekat. Lumayan bisa nambah pemasukan.

Walaupun anda tidak mencobanya di rumah, setidaknya anda Ketahui Cara Membuat Keripik Singkong Balado.

Semoga bermanfaat :)

Comments

  1. boleh dicoba nih sob, buat camilan, hehe

    ReplyDelete
  2. hmmm kayanya yummi banget nih gan kripik singkongnya...boleh dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, enak gurih manis dan pedas :D

      Delete
  3. lihat gambar nya juga udah enak apa lagi yang asli.. :-D hehe..
    Tpi kaya nya tidak terlalu sulit ko mas.. Thankz yah sudah berbagi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, sebenarnya kalau dipraktekin mungkin tidak terlalu sulit :)

      Delete
  4. asyik...ini kesukaanku,tempatku penghasil singkong kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...penghasil singkong ya mbak. kalau mampir ke rumah mbak indah ntar dikasih singkong nggak nih :D

      Delete
  5. dah jadi tapioca juga ada....kalo pas nyasar mau piknik mampir saja

    ReplyDelete
  6. kalo di saya lebih terkenal dengan kripik setan mang :D ada juga kurupuk jurig wkwkwk :D lebih maknyos!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari namanya saja sudah serem tuh, pasti rasanya sangat pedas :)

      Delete
    2. pastinya bukan pedas lagi kang :D

      Delete
  7. ini kesukaan saya mas , biar saya dan istri saya bereksperimen di dapur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gratis sih langsung lhap masuk mulut maas, hehehe

      Delete
    2. siapa nggak suka gratisan ya mas :D

      Delete
  8. saya sangat suka camilan kripik singkong :)

    ReplyDelete
  9. Owhh Ternyata Proses Pembuatan Kripik Singkong Cukup Mudah Yahh hhe saya Baru tahu hihi Saya Izin Save Yah Gan Tutorialnya Buat Kapan" Di Praktekin ^_^

    ReplyDelete
  10. Wah ini bisa jadi alternatif bisnis nih kang, boleh ah di coba tips buat kripiknya

    ReplyDelete
  11. jadi kalo keripiknya bikinan sendiri bisa banyak dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bikin sendiri malah bisa menyesuaikan mbak, mau banyak atau sedikit tergantung keinginan kita :)

      Delete
  12. Asyik juga ya kang kalau bisa membuat kripik singkong sendiri. Jadi bisa lebih hemat dan melatih daya kreativitas kita. Tapi selama ini hanya beli di mini market saja, karena harga nya juga murah hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, harganya memang terjangkau :)

      Delete
    2. Tapi kalau kita punya banyak waktu, mungkin membuat kripik singkong sendiri lebih ok yang kang. Bisa ngirit dan bisa membuat kripik singkong yang banyak hehe :D

      Delete
  13. Ternyata kang ucup hobby masak,,,
    Enak ya mas,,, mau makan apa aja bisa bikin sendiri, hmmm...
    Sayangnya biarpun kripik singkongnya enak tapi saya tetap gak suka,,, karena rasanya asin dan mudah haus, hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi banyak minum dong mbak, bagus lho buat kulit :)

      Delete
  14. apapun jenis dan terbuatnya kripik, tentu asik dan ngga mau berenti ngagayem sebelom kripiknya abis, apalagi kripik singkongnya ada rasa baladonya, sama dengan kita makan ubi cilembu rasa roti artikel saya itu loh....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...betul itu Kang,

      roti ubi yang benar-benar bikin ngiler itu Kang :D

      Delete
  15. kalau saya lebih suka yang tawar kang ( gak pedas ) , soalnya gak begi suka pedas sih

    ReplyDelete
  16. asik nih kang keripik singkong balado.. saya juga suka hehe.. apalagi tela2 rasa balado

    ReplyDelete
    Replies
    1. tela2 kan masih sodara sama keripik singkong mas :)

      Delete
  17. saya suka makan kerepek ubi (singkong) ini.. :D

    ReplyDelete
  18. saya suka kripik singkong kang.. jangan kan yang rasa balado.. yang murni tanpa bumbu saja saya suka kang.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga sudah cinta mas ya, jadi apapun keadaannya pasti suka :D

      Delete
  19. keripik singkong balado ,
    itu kesukaan saya kang,
    saya keseringan beli, sekarang kalau mau tinggal lihat langkah-langkahnya saja yang telah kang tulis di atas,
    artikel yang bagus kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...bagus itu mas kalau mau bikin sendiri :D

      Delete
  20. jadi ngiler saya lihatnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapin ember kang, nanti iler nya pada ketes di lantai hehe :D

      Delete
  21. Makin ramping aja kang alexa nya. Selamat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih alhamdulillah sudah kepala 3 ribuan :)

      Delete
    2. 3 ratus ribuan maksud saya :D

      iya mbak....

      Delete
  22. cara membuat bumbu balado nya bisa dicoba nih. ^^
    Mungkin jengkol balado akan enak juga. ^^

    ReplyDelete
  23. Mampir lagi ah, siapa tahu dikasih kripik singkongnya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, masih banyak keripik singkongnya, buat temen nonotn bola :)

      Delete
  24. ane blum pernah bikin kripik singkong sndiri.. paling bli yg ada dipinggir jlan :D

    pdahal pngen deh mkan buatan sndiri apalagi rasa balado..
    makyus dah

    ReplyDelete
  25. Wah perlu dicoba ini resepnya, siapa tau cocok jadi peluang bisnis
    Makasih Kang Ucup kripik singkongnya
    sayangnya jauh jadi gak bisa ikut nyicipi

    Happy Blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...iya ya Pak, tapi kalau ada kesempatan suatu saat nanti kita bisa ketemu Pak. boleh ya... :D

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri