Cara Membuat Lem Perekat Poster Sendiri

Dulu, saya sempat bingung ketika hendak menempel brosur untuk mempromosikan usaha kecil-kecilan saya berupa cetak undangan di rumah. Yang membuat saya bingung adalah lem yang saya gunakan untuk menempel kok tidak bisa tahan lama. Saat terkena hujan, brosur yang saya tempel pasti akan jatuh. Sedangkan brosur yang lain, yang bukan milik saya kok masih tetap berada di tempatnya, menempel dengan kuat. Pernah saya tanya kepada orang yang kebetulan sedang menempel iklan sedot WC di sebuah tiang listrik, orang itu menjawab dengan singkat bahwa lem yang ia gunakan memakai tepung kanji. Lalu saya coba di rumah. Tepung kanji saya rebus, dan benar saja, penampilannya sudah menyerupai lem dengan tekstur seperti bubur dan lengket ketika dipegang. Kemudian saya aplikasikan lem buatan saya untuk menempel brosur. Apa yang terjadi ? Ternyata saya gagal lagi. Brosur-brosur saya semuanya terjun bebas setelah beberapa hari nempel di tiang listrik. Saya berpikir bahwa orang dari agen sedot WC itu telah menipu saya dengan memberi keterangan palsu.

Beruntung saya punya seorang teman yang bekerja menjadi sales rokok. Lewat teman saya itu pula saya jadi tahu formula dan Cara Membuat Lem Perekat Poster Sendiri. Karena selain menjual rokok, dia juga kadang memasang poster di warung dan di toko-toko tempat ia menitipkan dagangannya. Ternyata bahan dasarnya memang dari tepung kanji, jadi orang sedot WC itu tidak berbohong kepada saya, hanya saja dia tidak mau jujur kepada saya :)

* Tepung kanji berasal dari singkong yang diparut kemudian diendapkan. Hasil dari endapan inilah yang akan diproses menjadi tepung kanji. Jenis singkong yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan tepung kanji berbeda dengan jenis singkong untuk pembuatan tape singkong.

Langsung saja saya jelaskan Cara Membuat Lem Perekat Poster Sendiri

Siapkan bahan-bahan :

1/2 Kg Tepung Kanji
2 sendok makan Soda Api
Air bersih

Alat :

Kaleng bekas cat ukuran 5 kg, atau ember kecil
Sebatang kayu atau bambu untuk mengaduk

Cara membuat :

Isikan air bersih ke dalam kaleng cat atau ember kecil tadi. Isi setengahnya saja.
Masukan tepung kanji lalu disusul soda api. *Usahakan tidak terjadi kontak langsung dengan soda api apalagi sampai kena mata. Kemudian aduk secara perlahan hingga ketiga bahan tadi tercampur rata. Sekarang lem poster buatan sendiri sudah jadi dan kaleng atau ember menjadi penuh dengan lem :) Jika lem kurang encer anda bisa menambahkan air lagi. Lem ini bisa tahan hingga satu minggu lebih.

Ternyata mudah sekali ya Cara Membuat Lem Perekat Poster Sendiri

Semoga bermanfaat :)

Comments

  1. Cie saya pertamax :D
    Makasih mas tips sangat keren deh, Yang paling penting saya pertamax dulu ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...sama-sama mas Luthfi :)
      mudah-mudahan artikel saya dibaca ya :D

      Delete
    2. tips yang bermanfaat jika kelah ingin jadi pengusaha periklanan. promosi yang yang murah meriah dengan tempel menempel ditempat strategis.

      Delete
  2. enak banget ya caranya bikin lem dari kanji, hehehe :)
    tapi kalau semua org tahu, akhirnya pabrik lem gak laku dan bangkrut ya mas, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nggak lah mbak, kan fungsinya beda-beda :)

      Delete
  3. Bisa lebih ngirit ya kang kalau bisa buat lem sendiri. Dengan hanya bermodalkan tepung kanji dan soda api. Lagsung jadi dech lem oplosan buatan sendiri yang siper lengket hehehe :D

    lengket kayak perangko nggak kang? hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, benar-benar irit. orang setengah kilo bisa jadi satu ember :D

      kayaknya perangko masih kalah lengket tuh :)

      Delete
    2. Perangkonya mesti di ksh getah nangka dulu deh mbak :)

      Delete
    3. Bisa juga dicampur dengan semangka ya mas bud, biar makin mantap hehehe :D

      Delete
    4. Hehe...asal jgn kebanyakan loh mbak..kuatir ke enceran...nantinya :)

      Delete
  4. Sangat sederhana tapi tidak semua orang mengetahuinya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang masih jarang, mungkin karena formula-nya dirahasiakan :)

      Delete
    2. katanya rahasia, kok malah di share di internet? hehehe :D

      Delete
    3. sekarang jadi rahasia umum mbak :D

      Delete
  5. ternyata bisa jga dr tepung kanji,,,,
    kreatif kang,,,
    saya baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu direbus juga mbak May, jadi lebih praktis :)

      Delete
  6. benar2 kreatif sesuai dengan nama blog nya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas, ini pengalaman pribadi saya :)

      Delete
  7. hehe saya dach coba ne kang ucup
    saya membuat-nya untuk pelekat di kertas layang mas
    hemat lagi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti mas Reusam bikin layangan-nya banyak banget ya :D

      Delete
    2. hehehe wajar kang kemaren tu waktu malam lebaran
      jadi warga di kampung halaman saya membuat layang-layang kang ucup

      Delete
  8. wah mantap caranya ni kang,
    saya sudah mencoba ketika SD dulu,
    nice posting sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu waktu masih SD memang pernah diajari mas, tapi nggak pake soda api :)

      Delete
    2. hehehe
      iya mas,
      jangan lupa kunjungi blog saya mas,

      Delete
  9. Wah, saya baru tau mas bener, ternyata tepung kanji bisa di jadikan lem yah.. Ide yang bagus mas, trimakasih sudah berbagi mas, :-)

    ReplyDelete
  10. saya baru tau malah mas, taunya kalo bikin lem sendiri pake gabus campur bensin

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabus campur seng biasanya untuk nambal seng ya mas :)

      Delete
  11. Yg pernah sy denger emang bahan dasarnya dari tepung kanji ya kang..cuma baru tau aja..ternyata soda api juga termsk buat barang campurannya..
    Mungkin fungsinya..buat maksimalin daya rekatnya...ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi itu mas, dengan mencampurkan soda api kita juga bisa melewati proses memasak menggunakan api :)

      Delete
    2. Iya tepat sekali kang...
      Sy juga barusan ngulang baca cara pembuatannya di atas..ndak pke proses pemasakan ya....

      lain halnya...kalo ndak pake soda api ya...

      Delete
  12. Waduh.. Tadinya saya mau posting ini mas.. ya keduluan. hehe
    Semoga bermanfaat buat pembaca

    ReplyDelete
  13. wah mudah banget kang pembuatannya.. tapi kok denger soda api saya jadi ngeri ya kang... kalau sampai kontak kena mata . wow.. nggak kebayang deh akan jadi seperti apa.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena itu kita harus hati-hati mas, kena kulit saja bisa menyebabkan gatal, apalagi kalau sampai kena mata. bisa bahaya mas, harus ekstra hati-hati pokoknya :)

      Delete
  14. Saya baru tahu ternyata soda api bisa digunakan untuk campuran lem.

    ReplyDelete
  15. Kok bisa copot sih...
    Perasaan dulu suka bikin lem kanji ga pake soda api ga pernah bermasalah. Apa kanji sekarang beda ya dengan kanji dulu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma agak kental mas, kalau nempelnya nggak rata suka jatuh

      Delete
  16. dulu aku membuatnya dengan kanji dan direbus juga..ternyata pakai soda api lebih tahan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan menggunakan soda api, lem jadi berbentuk cair mas, jadi mudah disapukan menggunakan kuas atau bisa langsung disemprotkan pada area yang akan ditempeli poster

      Delete
  17. wah ini bisa jadi alternatif gan kalo ga ada budget, murah meriah hehe...

    ReplyDelete
  18. nice info kang
    salam knal
    di follback ya :)

    ReplyDelete
  19. ow ow ow ow ow........................

    ReplyDelete
  20. lumayan gampang buatnya, pasti bermanfaat bagi yg butuh...komen back yah...
    http://www.infonakke.com/2013/10/oppo-n1-smartphone-china-dengan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, gampang sekali kok bikinnya :)

      langsung ke TKP nih

      Delete
  21. buat sendiri lebih jimat.. bagus sharing nya..

    ReplyDelete
  22. kok pake soda api segala kang ucup, apa tidak panas jika di pegang dengan tangan lem nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah tercampur tidak panas mas, kan cuma 2 sendok makan. tapi ya jangan pakai tangan, cara mengaplikasikannya menggunakan kuas mas, supaya lebih aman :)

      Delete
  23. praktis hasilnya banyak dan maksimal, tentunya ekonomis dikantong, siip, salam juga tuh buat tukan sedot wc dan sales rokoknya, turut berjasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekonomis kata yang tepat mas :)
      sudah saya sampaikan mas, salam balik katanya :D

      Delete
  24. yang pernah saya baca juga katanya tepung kanji bisa juga buat perekat / lem mas
    #Rizkyzone.com

    ReplyDelete
  25. Selamat kang, Blog Wisma Kreatif sudah mendapatkan Google Sitelink. Mantappppp :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih mbak, nggak percuma saya ngikuti blog-nya Mbak Ririn :D

      Delete
    2. dan minum-minum supaya tidak seret mas :D

      Delete
  26. wah jadi inget bikin prakarya dulu waktu di SD kang, bikin topeng dari kertas ya pake lem gini hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bener, yang cetakannya dari tanah liat itu ya mas :)

      Delete
  27. sy penasaran dgn soda api.., itu bentukx kayak apa ya kang??, makasih *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baru beli di toko kimia bentuknya berupa bongkahan kecil seperti kristal mas, warnanya putih

      Delete
  28. widih keren info bisa jadi hemat niii,,ijin bookmark aja siapa tahu ada tugas,,okee

    ReplyDelete
  29. jadi teringat masa kecil dulu kang, sering bikin lem kayak gini untuk ngelem layang layang

    ReplyDelete
  30. terimakasih mas, ini saya rencana mau tempel brosur, dan buka google tentang pembuatan lem,,ketemu artikelnya yang ini,,
    siap mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mas, ini resep saya dapat dari sales rokok yang suka bawa poster untuk dipasang :D

      Delete
  31. saat peracikan dan penempelan ga bahaya to kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat peracikan memang harus hati-hati karena soda api akan memanaskan tepung kanji setelah dikasih air, tapi kalau sudah jadi (dingin) tidak begitu berbahaya. tapi tetap harus dijaga jangan sampai terkena kulit apa lagi sampai kena mata. oleskan lem pada kertas atau poster yang akan ditempel menggunakan kuas

      Delete
  32. mantap kang infonya. ijin share yak.. :D

    ReplyDelete
  33. bisa digunakan untuk nempelkan mmt ke gabus mz??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa pak, lebih bagus buat nempel kertas

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong

Kupu-kupu cantik dari sampah daun