Cara Membuat dan Manfaat Tepung Jangkrik

Dalam berwirausaha, pasti akan mengalami pasang surut sepanjang perjalanan usahanya. Tak terkecuali usaha budidaya Jangkrik. Baca artikel saya sebelumnya Peluang Usaha Dengan Budidaya Jangkrik. Ketika tiba waktunya panen, permintaan pasar berkurang bahkan dihentikan sementara. Tentu saja akan menimbulkan kelebihan stok di pihak peternak. Tapi nggak usah kuatir. Sebagai peternak harus punya jurus jitu untuk menghadapi hal tersebut. Untuk mengatasi kelebihan stok tersebut, kita bisa simpan si Jangkrik dalam bentuk tepung. Selain  lebih ringkas, mudah disimpan, dan tahan lama, tentu saja dapat meningkatkan harga jualnya.

Cara Membuat dan Manfaat Tepung Jangkrik
Cara membuat tepung jangkrik
Pilih Jangkrik yang sudah berusia kurang lebih 40 hari, kemudian Jangkrik terlebih dahulu direbus. Setelah itu masukan kedalam oven dengan api sedang selama 30 - 35 menit atau hingga Jangkrik telah kering . Setelah Jangkrik mengering, baru setelah itu Jangkrik digiling atau diblender sampai halus lalu masukkan oven lagi selama 5 menit. Tujuannya agar tepung benar-benar kering. Setelah itu bisa dikemas dan dipasarkan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk pakan burung kicauan.

Tepung Jangkrik ini biasanya dijadikan sebagai Extra Fooding atau makanan tambahan untuk burung kicauan. Tapi, ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan dasar membuat camilan.

Kandungan gizi dalam Jangkrik ternyata bermanfaat bagi manusia. Proteinnya tiga kali lipat dibandingkan kandungan protein yang terdapat pada daging ayam, sapi dan udang. Jangkrik juga mengandung protein omega 3, omega 6 dan omega 9 yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, mengkonsumsi Jangkrik dipercaya dapat menambah stamina tubuh, menambah vitalitas baik pria maupun wanita, serta mampu menunda menopause bagi wanita.
Protein Jangkrik bisa bermanfaat sebagai anti oksidan pada tubuh untuk mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Asam aminonya dapat menghasilkan protein collagen yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas persendian tulang, sel kulit, dan kornea mata, hingga dapat menghambat penuaan dan penyakit katarak.

Demikian yang bisa saya bagikan kepada anda tentang Cara Membuat dan Manfaat Tepung Jangkrik.

Semoga bermanfaat :)

Comments

  1. waduh saya malah baru denger kang ada tepung jangkrik.. hehehe
    bisa buat bakwan juga ya kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, yang paling penting bisa bikin mas andes tambah perkasa :D

      Delete
    2. ada-ada aja ya tepung jangkrik bisa buat bakwan wkwkwk :D

      Delete
    3. boleh juga tuh mbak biar suaranya makin indah hehe...

      Delete
    4. mas andes pinter karena suka bakwan :D

      Delete
    5. bisa juga buat peyek jangkrik kan kang ?

      Delete
    6. pinter apa dulu kang? pinter ngelawak atau pinter ngapusi hayo hehe :D

      Delete
    7. lumayan mas bisa nambah-nambah penghasilan tuh :)

      Delete
  2. jangkrik juga enak dimakan buat kita-kita manusia, itu juga kalo suka hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi harus dimasak terlebih dahulu lho mas :D

      Delete
    2. kalau burung makan jangkrik gak perlu dimasak ya mas,,, langsung dimakan hidup2 gitu ya,,, hehehe :)

      Delete
    3. kalau burung tinggal leb saja mbak. tapi kakinya harus dbuang dulu. kasihan juga sih sebenarnya :)

      Delete
  3. kalau tepung jangkrik saya belum pernah makan kang... tapi kalau jangkrik yang digoreng waktu saya kecil itu sering, tapi jangkrik sawah, ramai ramai nyari jangkrik untuk adu suaranya sisanya buat digoreng dan di makan ... heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sadis juga ya mang yono :D
      kalau saya belum pernah makan jangkrik mang. kalau belalang pernah :)

      Delete
  4. wuiihh ada ya mas?

    ~salam kenal dari blogger pekalongan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas :)

      salam kenal juga mas dari blogger batang :)

      Delete
    2. itu ada yang jual juga?
      kalau dibuat olahan matang rasanya beda gk?

      Delete
    3. ada mas, di penjual pakan burung banyak.
      waduh, saya belum pernah coba mas :)

      Delete
    4. di pasar gorong batang ada yg jual jangkrik ya mas? tapi disana yg paling banyak orang jualan bunga melati utk bahan teh :)

      Delete
    5. mbak Indri kok tahu ??? pernah mampir ke batang ya mbak ?

      Delete
    6. sepulang perjalanan dari jakarta brsama klrga tahun lalu saya mampir ke warungnya ibu Eny di depan pasar gorong. saya juga masuk ke utara pasar gorong jalan kaki sampai jurang perbatasan, dan berbicara dgn ibu2 jualan bunga melati :)
      hmmm,,, betapa damainya kehidupan masyarakat di jawa tengah ^_^

      Delete
    7. itu namanya desa juragan mbak :)
      saya rasa dimana-mana sama mbak. karena mungkin mbak Indri tinggalnya bukan sini :)
      orang bilang "sawang sinawang" :)

      Delete
    8. ooww... itu namanya desa juragan ya mas? juragan apa? juragan jangkrik apa juragan tomat? hmhmhm :)

      Delete
  5. Ternyata jangkrik bisa ditepung juga ya mas? baru tahu saya, bahkan proteinnya tinggi banget. lama-lama pasti ada tepung belalang sama tepung kupu-kupu juga ya mas? hihihi :)
    makasih info kreatifnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak kupu-kupu di bikin tepung mbak. ada-ada aja nih mbak Indri :)

      sama-sama mbak.

      Delete
  6. ternyata jangkrik bisa juga ya kang untuk dibuat tepung, saya malah baru tahu nich hehe :D Jadi cocok banget kayaknya untuk makanan burung ya kang. Sukses untuk budidaya jangkrik nya kang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung suka banget mbak, jangkrik mentah saja suka, apalagi sudah di oven :)

      Delete
    2. pasti rasanya enak yah kang dan menyehatkan :)

      Delete
    3. mungkin ada gurih2nya gitu mas, soalnya saya juga belum pernah makan :)

      Delete
    4. jangkrik goreng pasti rasanya kriuk kriuk kang hehe ^^

      Delete
    5. wah ternyata mbak Ririn penggemar jangkrik goreng juga yah hehe...

      Delete
    6. Kalau jangrik di buat seperti fried chicken atau kentucky pasti lebih maknyus kang hehe :D

      Delete
  7. Salam Kang Ucup,. Kunjungan Sore jelang Malam
    Maaf nih Kang baru bisa berkunjung di Blog Akang yang Kasep ini
    Lho emang ada sih Tepung Jangkrik..? wah saya baru tau tuh Kang
    Salam sukses saja Kang Ucup

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa-apa mas, kita tahu kok setiap orang punya kesibukan masing-masing :)
      ada mas, tuh di bawah ada yang jual :D

      Delete
    2. Fred jangkrik... Krispi... Hehe

      Delete
    3. seratus persen halal mas hehe...

      Delete
  8. sama seperti teman2 di atas saya juga bru dengar kang tepung jangkrik ini hehe...benar2 kreatif deh.

    Tapi apa iya kang bisa dibuat bahan cemilan juga ?? apa ga ada efek sampingnya makan cemilan dari tepung jangkrik ini ?? takutnya nanti perut bunyi krrriik kriiik pas tengah malam hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yang punya alergi sama udang juga akan alergi terhadap jangkrik mas. itu yang pernah saya baca.

      kalau perut dari jaman bahola bunyinya krucuk-krucuk saja mas, belum ganti sampe sekarang :D

      Delete
  9. Wah emang ada yah mas tepung jangkrik, saya bru tau mas.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekarang baru tahu berarti besok sudah tidak asing lagi mas Warim :hehe

      Delete
  10. beneran kang saya juga baru denger dan tau sama dg temen2..
    kalo ternyata jangkrik bisa di jadiin tepung sebagai bahan dasarnya...

    wah di liat dari kandungan gizinya...sangat melimpah ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Budi sukanya ikut2 an saja :D

      iya mas, terutama kandungan proteinnya :)

      Delete
    2. wah burung aja dikasih makan yang bergizi, masa manusia makannya nasi sama krupuk doang hehe...

      Delete
    3. sama kecap juga mas :)
      bagaimana perkembangan otaknya bisa bagus ya mas, masa kalah sama burung :)

      Delete
  11. walah, saya juga barutau sekarang kang, kalua ada tepung jangkrik, biasanya saya menggunakan jangkrik untuk makan burung dan umpan pancing

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu ya mas, soalnya mas Arie terlalu sibuk dengan script sih :D

      kalau mancing pake jangkrik dapatnya ikan apa mas ? :)

      Delete
  12. Waduch rasanya kaya gimana itu gan :D

    ReplyDelete
  13. jual tepung jangkrik 1kg 250rb kirim seluruh indonesia. hub 08121599681

    ReplyDelete
  14. kreatif juga dengan menjadikannya tepung. Dijadikan keripik jangkrik lalu dipasarkan juga lumayan. Di daerah jogja banyak yang jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dijadikan keripik juga ya,
      terima kasih atas tambahannya mas :)

      Delete
  15. Saya baru denger sih ada tepung jangkrik, untuk pakan burung biar lebih sehat yah kang burungnya, makasih kang buat infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas...
      sama sama mas :)

      Delete
    2. Asal jangan buat pakan burung kang ucup aja, bisa berabe tar urusannya hehehe :D

      Delete
    3. Kalau burung nya sehat kan nanti kicau nya juga bagus ya kang ucup. Jadi harganya bisa mahal tuh :)

      Delete
    4. betul mbak, siapa tahu jadi juara kalau diikutkan kontes :)

      Delete
    5. makanya makanannya harus yang enak dan bergizi biar menang kontesnya yah kang hehe...

      Delete
  16. waduh ternyata buat burung toh, saya kira buat manusia x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga buat dikonsumsi manusia mas :)
      coba baca alinea terakhir :)

      Delete
  17. aku dulu juga sempat menekuni bisnis budaya jangkrik, tapi terkendala menjualnya sehingga harus tutup. Ternyata bisa di buat tepung ya ? wah ini cara yang praktis dan awet untuk dipasarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah jadi tepung, harga jualnya jadi tinggi mas :)

      Delete
  18. Walaaah ada juga toh tepung yang terbuat dari jangkrik, baru tau saya mah kang. Kandungan protein yg terdapat pada jangkrik banyak lagi...

    ReplyDelete
  19. oh buat pakan burung yah mas, kirain buat goreng tempe hehe.. Yang ada di pasar burung yah mas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga kok buat goreng tempe mas :hehe
      iya mas, di pasar burung banyak :)

      Delete
  20. wew,, keren nih bang,,,,, gimana ya.. Pen cobaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen coba apa mas, ternak jangkrik, bikin tepung, atau makan jangkrik-nya ? :D

      Delete
  21. saya kok merasa kasihan kang dengan jangkrik tersebut, masak harus di rebus dulu sih.
    kasihan kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mas, karena jangkrik-jangkrik tersebut langsung direbus dalam keadaan masih hidup :"(

      Delete
  22. Keren deh infonya,,,hehehehe
    info baru ilmu baru,,wkowkwokw

    ReplyDelete
  23. Tepung jangkrik? saya baru dengar kang haha..

    ReplyDelete
  24. Kotak komentarnya jadi agak terasa sempit ya kang,... hmmm :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, maksud saya biar nggak kepanjangan kebawah tapi jadi kayak di RSS (Rumah Sangat Sempit Sekali) :D

      Delete
    2. dibikin minimalis yah kang, biar nggak cape jalannya hehe...

      Delete
    3. Kalau kotak komentarnya sempit kan jadi nggak kelihatan foto saya kang hehe ^^

      Delete
    4. oh begitu ya mbak :D
      sekarang sudah agak luas kan mbak :)

      Delete
  25. Pastinya ini sangat bermanfaat buat saya kang kalo suatu saat punya bisnis jangkrik. Makasih kang ilmunya

    ReplyDelete
  26. Sekarang kang ucup sering sekali posting tentang Jangkrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru dua kali mas, dan rencana ada satu lagi nih yang mau saya luncurkan :D

      Delete
  27. wah ketinggalan berita ane baru tau mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. berita ringan aja mas, nggak masalah biarpun ketinggalan :)

      Delete
  28. saya sempat tertarik sama usaha budidaya jangkrik, tapi baru kali ini saya mendengar ada yang namanya tepung jangkrik.. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih mas baru dengar juga :)
      berarti kurang populer ya tepung jangkrik ini :D

      Delete
  29. selain di jadiian buat makanan burung tapi jangkrik bisa juga di jadikan bahan kosmetik atau bisa juga buat ramuan jamu tradisional yah mas / jamu herbal

    ReplyDelete
  30. kalau di buat camilan kira kira yang makan pandai berkicau macam burung dong xixixixixi

    ReplyDelete
  31. saya ada nya burung kutilang mas, doyan ga yah tepung jangkrik.? :-)

    ReplyDelete
  32. Kalau saya tidak salah baca diatas tertulis direbus dulu baru dikeringkan. Yang ingin saya tanyakan, apakah dengan cara perebusan tidak mengurangi kadar manfaat yang terkandung di dalamnya ?

    Salam sukses Kang Ucup. Salam kompak blogger mania.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan kandungan setelah dijadikan tepung mbak :)

      salam sukses juga buat Mbak Hasri yani :)

      Delete
  33. Saya baru dengar Sob, ada tepung jangkrik. Dan ini bisa di olah menjadi makanan manusia ya. Inovasi kulinernya mantap juga tuh Sob, apalagi dengan kandnunga protein dan omega tiga yang di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan kita. he,, he,, he,,

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat pakan burung sudah umum ya Pak :)

      Delete
  34. sy malah tau klo janggrik bs di buat tepung.., kreatip ni!, makasih *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mas Rohis sudah tau ya :)
      sama-sama mas :)

      Delete
  35. Aww .. ternyata ada juga yah Tepung yang bahann dasarnya jangrik hiii >,<
    Tapi keren Nihh gan infonyaa :D makasii yah saya jadi kagak ketinggalan zaman nihhh :D

    ReplyDelete
  36. Dulu kecilan gue sering cari jangkrik, tp selama ini baru denger ada tepung jangkrik. Makasih share pengetahuannya, bos

    ReplyDelete
  37. bru dnger juga ada tpung jngkrik... :D

    ReplyDelete
  38. Seumur umur baru denger ada tepung jangkrik
    Kenapa bisa segaptek ini ya diriku :D

    ReplyDelete
  39. wah tapi saya agak jijik kalo makan jangkrik

    ReplyDelete
  40. busyet jangkrik aja dibikin tepung ckckckk

    ReplyDelete
  41. Ada-ada aja Kang... baru denger ada tepung jangkrik. Jadi pengen nyoba rasanya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Bahan Bakar Alternatif Dari Singkong

Kupu-kupu cantik dari sampah daun