Belajar Membuat Keripik Tahu

Siapa yang tak kenal Tahu...? Tahu adalah saudara dari Tempe. Mereka berasal dari satu bahan yang sama yaitu Kacang Kedelai. Tapi, negara asal mereka berbeda. Tahu berasal dari China, sedangkan Tempe adalah makanan asli dari Indonesia.

Tahu merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi, yang menyediakan 30% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram. Zat besi dalam Tahu terutama digunakan sebagai bagian dari hemoglobin yang membantu dalam transportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh.

Tahu juga menyediakan 10% mineral penting yang dimanfaatkan dalam sel darah merah.

Kandungan gizi pada Tahu per 100 gr

Energi            76 kkal
Karbohidrat   1,9 gr
Lemak           4,8 gr
Lemak  Jenuh 0,7 gr
Protein           8.1 gr
Kalsium         350 mg (35%)
Besi 5.4 mg   (43%)
Magnesium    30 mg (8%)

Kali ini bukan cara membuat Tahu yang akan saya bagikantapi kita akan Belajar Membuat Keripik Tahu.

Belajar Membuat Keripik Tahu

Bahan :
Tahu kulit 50 buah
Tepung terigu 250 gram
Tepung beras 50 gram
Kaldu ayam bubuk 2 sendok teh
Bawang putih 3 siung, dihaluskan
Garam secukupnya

Cara membuat Keripik Tahu :
1. Belah Tahu menjadi dua bagian kemudian buanglah isinya, Balik Tahu sehingga bagian dalam Tahu menjadi diluar. Rendam Tahu dalam larutan air garam, kemudian tiriskan.

2. Campur bahan-bahan seperti Tepung terigu, Tepung beras, Kaldu ayam bubuk, Garam dan Bawang putih halus. Adonan ini yang nantinya akan digunakan untuk melapisi Tahu.

3. Lumuri Tahu dengan adonan tadi kemudian goreng menggunakan api sedang hingga kering.

4. Angkat lalu tiriskan di atas tempat yang sudah diberi alas kertas untuk menyerap minyak. Setelah itu Keripik Tahu siap untuk dikemas.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk Belajar Membuat Keripik Tahu ? Jika ya, silahkan langsung anda praktekkan cara di atas.

Semoga berhasil ya :)

Comments

  1. Wah saya baru tau ini mas kalau ada keripik tahu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya perasaan saya juga baru dengar Tahu bisa dijadikan keripik. Hmmmmmmm menarik juga nih

      Delete
    2. kalau di kereta harganya 3 ribu rupiah, murah kan ?

      Delete
    3. kalau ibu saya justru rada sering bikin :D

      Delete
    4. Kalo rada Berarti jarang kand Mas ?? hihi

      Delete
    5. Ikutan nyicipin Tahu keripik Nya Kang Ucup dan semua sobat
      Kebetulan, saya baru tau, dan belum merasakan kaya apa rasanya

      Delete
  2. harus banyak belajar sama suhu nihh,,
    mumpung ada tugas kewirausaha'an di sekolah,,

    ReplyDelete
  3. Keripik tahu merupakan makaan yang mengandung banyak protein, dan menjadi pengembangan kuliner secari inovasi penampilan dan rasa yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Bila hal ini dapat dikembangkan menjadi suatu produk home industri yang bagus, tidak mustahil keripik singkong akan menjadi salah satu makanan ringan yang dapat menjadi prospek ekonomi mikro di kemudia hari yang dapat menjadi suatu indutri yang baik. Terimakasih atas share resep menu kripik singkong ini Kang.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud kalimat penutupnya di atas keripik tahu Kang. Maaf di ralat sedikit.

      Salam

      Delete
    2. hahaha....nggak apa-apa Pak, khilaf itu wajar :D

      benar sekali itu Pak. minat masyarakat terhadap keripik tahu juga cukup tinggi, jadi menggairahkan para produsennya untuk terus berinovasi. yang disayangkan adalah kenaikan harga kedelai yang tak terkendali. yang membuat banyak produsen tahu berhenti beroperasi.

      Delete
  4. belum pernah makan keripik dari tahu kang.. hmmm... gurih dan pastinya bergizi ya..

    ReplyDelete
  5. bisa dibuat usaha kecil-kecilan ne kang
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, untuk sumber pendapatan juga nggak apa-apa asal benar-benar ditekuni :)

      Delete
  6. Siapa yang tak kenal tahu? Bukannya tahu sodaranya kang Ucup? ckckck :D
    btw, makin mahir aja usaha kang ucup nih hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempe dong saya mas :D
      saya cuma penyampai info saja mas, tapi kadang ada juga yang saya coba :)

      Delete
    2. wkwkwk.. bukan saya yang bilang yah kang hehe :D

      Delete
    3. Kang Ucup memang sejak dari dulu memang keren mas, tapi akan lebih keren lagi kalau mau bagi-bagi kripik tahu gratis kepada kita-kita hehe :D

      Delete
    4. kalau saya sudah jadi juragan semua pasti saya kasih *gratis :)

      *setelah 10 kali beli :D

      Delete
  7. Itu tahu biasa kan kang????kok di tempatku nggak ada paling taunya cuma di buat tahu isi di kecap atau di goreng di makan gitu saja,,,itu ntar nggak hancur ya wktu mencapur dengan bahan2 tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mbak, lapisannya menjadikan Tahu jadi lebih renyah mak. nggak akan hancur kok

      Delete
  8. wah bagus ini kang, sepertinya juga bisa jadi peluang usaha.. kayaknya di batang masih belom ada deh kang kripik tahu, ato masih jarang.. soalnya saya juga baru tau kalo ada kripik tahu :) hehe besok2 pasti ada kripik telor juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas andes...di batang sudah ada mas cuma masih jarang.
      waduh..masa telur dibikin keripik sih mas ....

      Delete
    2. soalnya gurih kang kayaknya kripik telor :) hohoho

      Delete
  9. enak tuh gan,jadi laper baca posting ini :) pengen buat juga ah...

    ReplyDelete
  10. Tahu ini merupakan salah satu makanan favorit saya gan, apalagi dibuat keripik seperti itu :) pakai sambal mantap kali :)

    ReplyDelete
  11. saya belum pernah nyobain kripik tahu kang ucup.
    resep ini mau saya kasihin ke emak, biar nanti saya tinggal makan.
    hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah...mau enaknya aja nih mbak Elsa :D

      Delete
  12. Boleh di coba nih kang...resep nya

    Kalo buat takaran dan bahan yang udah di tulis di atas..kira2 jdnya..bisa buat ngemil bareng ndak kang... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat ngemil sendiri saja kurang mas :D

      Delete
    2. Kalau makan kripik tahu bareng-bareng, ntar malah rebutan lho mas hehe :D

      Delete
    3. mendingan jangan bareng-bareng mas, kan kalau cepet habis bisa berantem entar hehe...

      Delete
  13. Di Des Cilembu ada 5 pabrik tahu, maklum Sumedang kan ngetop TAHU nya, jadi udah pahamlah sedikit cara bikin tahu, kalau tahu dibikin keripik kayanya peluang usaha banget nih....ijin nyimpen resepnya yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bikin keripik pake tahu sumedang mungkin lebih renyah mas, kan itu dalemnya sudah kosong :)

      Delete
    2. serius saya mau bikin kalau berhasil mau produksi....do'ain ya

      Delete
    3. beres Kang....semoga berhasil :)

      Delete
  14. Wiizzz., keren mang., inovasi baru kayanya nehh., melestarikan makanan lokall.,
    langsung praktek ajah nih masss.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mas, kalau sudah jadi jangan lupa kirim kemari :)

      Delete
  15. kang ucup emang bener2 kreatif. ^^

    ReplyDelete
  16. asik ni tipsnya, apalagi kalau dah jadi bisa dinikmati dengan secangkir kopi atau teh pasti mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat teman nyantai sambil ngeblog cocok banget mas :)

      Delete
  17. aku udh pernah nyicipin kripik tahu, emang enak sob...

    BTW, selamat ya blogmu terpilih menjadi "Guest This Week" nya Penghuni 60, alias bakal dipajang diblogku selama seminggu full di halaman dpn. cek aja di sidebar kiri samping posting terbaru, semoga bermanfaat ya...
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dan gurih ya mas :)

      wah, terima kasih mas. ini suatu penghargaan yang tak disangka-sangka sebelumnya :)

      Delete
  18. Wah ide yang unik mas, saya belum pernah denger ada keripik tahu...
    Cocok buat makanan cemilan sambil nyeruput kupi item warisan karuhun plus ududnya 234, muantap tenan hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sering sering 234 mas, menganggu kesehatan :D

      Delete
    2. Iya pak guru bukan saja mengganngu kesehatan tapi sangat menggangu keuangan hehehe :D

      Delete
  19. jika di malaysia tempe juga enak dibuat kerepek (keripik).. baru saya tahu tauhu (tahu) juga boleh dibuat kerepek (keripik)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kalah enak sama keripik tempe lho Mizz :)

      Delete
    2. boleh saya mencuba.. terima kssih sharing recipe nya.. :D

      Delete
  20. wah saya baru tau kang kalau tahu juga bisa di buat kripik.. setau saya cuma singkong pisang sama tempe.. ternyata tahu juga bisa ya kang.. wah pasti rasanya kres kres banget tuh kang...? hehehehe

    ReplyDelete
  21. Ternyata cukup rumit ya mas,,, membuat kripik tahu itu. Pasti rasanya kriuk kriuk gitu ya mas? hmmm ^_^

    Tetapi saya lebih suka tahunya daripada kripiknya. Tahu goreng panas dimakan sama lombok hijau muda, rasanya ceplus ceplus gitu ya mas, hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Indri nggak suka keripik tahu ya...?
      enak lho mbak :)

      Delete
  22. Ternyata mudah sekali ya kang untuk membuat kripik tahu. Kok saya nggak kepikiran ya kalau tahu bisa dibuat kripik juga. Yang sering saya lihat dan saya makan adalah kripik tempe. Hehehe ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah mbak, tinggak goreng saja kok.
      mungkin sekarang sudah banyak mbak, coba mbak Ririn cek warung terdekat dari rumah, pasti sudah ada keripik tahu di sana :)

      Delete
    2. Kayaknya di tempat saya belum ada yang jualan kripik tahu kang, yang ada hanya kripik tempe. Mungkin coba buat sendiri aja kali ya hehehe Kan tinggal ikuti tutorial diatas aja untuk membuatnya hehe :)

      Delete
    3. iya mbak nanti pasang iklannya di blog Cara Ririn pasti laku deh hehe...

      Delete
  23. isinya dibuang? apa tak bisa dimanfaatkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, maksud saya dipisahkan, tentu saja masih bisa dimanfaatkan. mungkin dengan dicampur dengan telur dan irisan wortel kemudian digoreng :)

      Delete
  24. Kang Ucup sekarang menjadi specialist kuliner, hehee saya jadi penasaran besok kang ucup mau bikin apa lagi ya???????

    ReplyDelete
  25. kayaknya enak kang kalau dicoba,
    pingin tau gimana rasanya,
    cocok untuk dijadikan sebagai usaha kecil-kecilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kecil-kecilan bisa berkembang menjadi usaha yang besar mas :)

      Delete
  26. Saya baru tahu kang kalo tahu bisa dibuat keripik juga, kaya gurih dan enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir lagi ah, siapa tahu ada bagi-bagi kripik tahu gratis hehe...

      Delete
    2. hehe...enak mas, mau coba ??? :)

      Delete
  27. Hmmm .. yumyy kayaknya Enak tuh Kang ?? :D
    Saya Izin Copy Caranya yahh Hehe Buat Di Praktekin Dirumah

    ReplyDelete
  28. kaya enak dan muda dipraktek kan,,

    http://nawayhac.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. waaah, ada kripik tahu yah mas, saya blm pernah makan mas, melihat pun blm pernah,, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ada. mungkin karena ada keripik tempe jadi tahu juga tidak mau ketinggalan :)

      Delete
  30. Baru bisa koment setelah menggunakan komputer, pakai hape sinyal agak lemot.
    Kalau cuma kulitnya tahunya, bisa tekor juga untuk usaha keripik tahu ini. tidak balik modal ya om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah manteb dong mas, sudah pake pc :)

      ya nggak tekor mas, kan segala sesuatunya sudah diperhitungkan. dan juga isinya masih bisa dimanfaatkan menjadi olahan lain :)

      Delete
    2. ohh isinya bisa di olah lagi ya kang ... kirain seperti cara membuat seperti di atas... belah tahu menjadi 2 bagian dan buang isinya... kirain dibuang, untung belum saya praktekan kang... ehhehehe

      Delete
    3. hahaha...kalau dibuang sayang dong Mang :)

      Delete
  31. pastinya enak ya gan :D

    Saling Follow = BACK 100%
    Kalo mau Komen ya di blog saya :)

    ReplyDelete
  32. Kayanya enak nich mas... jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mas, keripik tahunya :)

      Delete
  33. heeemmm,,jadi ngiler ane...emang keren nie blogg jempol dehh buat kang ucup,,
    Ijin klik sitti aja dehh sebagai penghargaan saya buat kang ucup,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hati-hati mas iler nya netes dimana-mana hehehe :D

      Delete
    2. wah harus siap sedia tisue nih sama ember haha...

      Delete
    3. nanti ilernya dijual ya mas :D

      Delete
  34. keripik tahu sama tahu campur kayaknya enak ya kang ucup :)

    ReplyDelete
  35. walaupun bahan dari tahu itu mahal, tetep aja keripik tahu eksis dari peredarannya, harganya murah pula.
    bagaimana kalau keripik tahu ini di ganti dengan gabus saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabus itu stereoform ya mas....???

      Delete
    2. betul mas..kasih garam aja nanti asin asin dikit, sudah jadi deh.
      hehehe

      Delete
  36. terima kasih mas atas resepnya...di rumah rada sering bikin tapi tidak menggunakan resepseperti yang mas bagikan diatas, kalau menggunakan resep diatas saya yakin pasti keripik tahunya makin sip

    ReplyDelete
  37. ane pernah coba.... disini nyebutnya tahu pong hehehehehe.... wenak gan

    ReplyDelete
  38. wih, kapan2 buatin ane dong, pengen nyoba nih buatan keripik tahu hasil kang ucup :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Mamen tinggalin nopenya saja di sini. nanti saya kirim lewat sms :)

      Delete
  39. saya kok pernah tefikirkan bikin keripik tahu yah mas, soalnya yang saya ketahui keripik tempe, tahu kalau di keluarga saya biasanya selain di goreng juga buat tambahan kalau bikin menu geneman mas / ungkusan, biar lumer adonannya kalau di tambahkan tahu.

    ReplyDelete
  40. menggugah selera, nampak renyah dan gurih, boleh dicoba resepnya, hmmm

    ReplyDelete
  41. Setelah mengetahui resep cara membuat kripik tahu, rasanya ada yang kurang apabila tidak segera mencobanya ya kang. Tapi kalau saya lebih suka makan aja dech, apalagi yang gratis-gratis hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok gratis sekarang bayar mbak hehe...

      Delete
    2. mas Anthonie pancen pinter :D

      Delete
  42. Ditunggu keripik tahunya mas, eh salah, maksudnya ditunggu posting barunya, hehehe ^_^

    ReplyDelete
  43. kuliner yang enak nih. Tapi sepertinya tahu pun harus dipilih, sebab rasa tahu itu berbeda-beda dan itu sangat menentukan rasa

    ReplyDelete
  44. saya paling suka kripik tahu kang, apalagi kalau lagi nonton tv bisa habis 1 plastik tuh tanpa sadar hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sambil nonton tv sih iya mas, karena kesyikan kali ya mas :D

      Delete
  45. wah bisa jadi inspirasi bisnis rumahan nih keren keren

    ReplyDelete
  46. pancen enak mas rasanya kripik tahu. trmksih dah berbagi mas

    ReplyDelete
  47. ternyata kang ucup masternya masak memasak, termasuk membuat keripik tahu... nanti saya praktekan ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saya cowok Mang, kalau cewek sebutannya mbakter :D

      Delete
  48. Banyak jga kandungan tahu ya mas.. Izin nyobain resepnya mas.. :D

    ReplyDelete
  49. dari nama nya enak deh kayaknya ya sob, saya hanya suka makan saja, klo buatnya saya ngga suka, hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi yang suka enak mas, apalagi kalau dicocol saus pedas... :)

      Delete
  50. Hadir kembali kang ucup. Hehehe Udah lama nggak mampir di Blog Wisma Kreatif nih. Ternyata sudah rame banget yang komentar. Saya ikut nimbrung ah. Siapa tahu bisa dapat kripik tahu gratis ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas support-nya mbak. do'a in aja mbak supaya saya bisa bagi-bagi keripik tahu gratis :)

      Delete
  51. Kalau inimah kesukaan saya :D izin print ya mas, untuk membagikan ke mamah saya supaya membuat kripik tahu dan tinggal makan :D

    ReplyDelete
  52. Kembali hadir lagi disini kang ucup turut meramaikan suasana blog wisma kreatif, semoga sukses dan makin berjaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas, terima kasih atas dukungannya :)

      Delete
  53. Sebenarnya untuk membuat kripik tahu tidaklah begitu sulit ya kang, yang penting ada kemauan dan usaha serta ada modal untuk membeli tahu di pasar. Nanti pasti kita bisa dengan mudah membuat kripik tahu di rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak, yang penting intinya ada kemauan dan usaha, klo masalah modal bisa pinjam, hehe :)

      Delete
    2. Iya nanti modal untuk membuat kripik tahu bisa pinjam sama kang ucup. Siapa tahu dikasih bonus hehe :D

      Delete
    3. hahahaha.....saya juga masih ngutang sana sini untuk dijadikan modal mbak :D

      Delete
  54. mas ucup template blognya bagus nih. dan artikelnya bagus2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. template gratisan dan tinggal tempel saja mas, bukan kreasi sendiri.
      soal artikel menurut saya mash di bawah standar mas, masih harus banyak belajar

      Delete
  55. Masalahnya sekarang, kacang kedelai melambung tinggi (harganya). Pengusaha tahu banyak yang tutup (didaerah saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keadaan seperti itu merata mas, di tempat saya juga banyak pengusaha tahu yang tutup. hanya yang punya modal cukup banyak saja yang masih beroperasi karena takut kehilangan pelanggan

      Delete
  56. Bisa untuk smua jenis tahu ga kang.. Misalnya tahu yang kuning bisa ga kang.? Hehe :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga mas, kalau buat tahu yang tanpa kulit biasanya diiris tipis-tipis dulu :)

      Delete
  57. BTW, udh laku brp bungkus kripik tahunya sob? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira-kira kalau saya jualan ada yang mau beli nggak ya :)

      Delete
  58. kang ini kunjungan saya yang pertama,keripiknya enak tu kayaknya,boleh mintak gak kang,hehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh...terima kasih ya mas sudah berkunjung ke blog saya.
      boleh aja mas, tapi nanti ya kalau saya sudah jadi juragan :D

      Delete
  59. Sepertinya kripik tahu ini apabila dijadikan sebagai usaha, mempunyai prospek yang cerah ya kang. Karena eksistensinya belum banyak dipasaran. Sehingga besar kemungkinan omset yang akan kita peroleh juga besar. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi itu mbak. mungkin mbak Ririn mau jadi agen-nya :)

      Delete
  60. Artikelnya Kang Ucup, enak-enak terus yah? bisa betah sering
    Mampir di blognya, terus di suguhin makanan yang enak
    Nyicipin Tahu Keripik nya Kang terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kedepannya saya akan lebih sering share tentang makanan mas :)

      Delete
  61. keren min, saya baru tau kalo tahu bisa diolah menjadi aneka keripik. hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mas Agung tidak suka tahu ya :)

      Delete
  62. bisa ni dijadikan sumber dan contoh untuk hari raya nanti, membuat keripik dari tahu. terima kasih atas tutorialnya ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semoga jadi ya keripik tahunya :)

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri