Mahkota Dewa, Tanaman Perdu Kaya Manfaat

Mahkota Dewa, Tanaman Perdu Kaya Manfaat - Mahkota Dewa sering dijadikan sebagai tanaman peneduh di halaman rumah atau ditanam menggunakan pot. Tanaman yang berasal dari Papua ini mudah sekali tumbuh dan dapat beradaptasi dengan cepat. Buahnya banyak muncul dari batang hingga ujung ranting. Ketika masih muda buah Mahkota Dewa berwarna hijau, dan jika sudah matang akan berwarna merah menyala. Selain berfungsi sebagai  tanaman peneduh, Mahkota Dewa juga digunakan sebagai tanaman hias. 

Saya sering menjumpai buah Mahkota Dewa yang sudah masak berserakan di tanah dan dibiarkan begitu saja. Andai saja mereka mengetahui betapa besar manfaat yang dapat diambil dari tanaman ini, terutama bagi kesehatan tubuh, hal semacam itu tidak akan terjadi.

Mahkota Dewa diakui ampuh mengobati penyakit-penyakit yang tergolong berat, seperti Kanker, Diabetes, Asam Urat, Ginjal, Jantung, Lever, dapat juga membantu penderita Insomnia (susah tidur), dan masih banyak lagi.

Mahkota Dewa, Tanaman Perdu Kaya ManfaatKandungan alkaloid pada Mahkota Dewa dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Dalam buah Mahkota Dewa juga terkandung polifenol yang fungsinya sebagi anti alergi.

Kandungan Saponin-nya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, sebagai anti bakteri dan anti virus, mencegah terjadinya penggumpalan darah.
Ada juga Flavonoid. Zat ini berfungsi sebagai anti-oksidan, melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, membantu mengurangi rasa sakit saat terjadi pembengkakan, dapat mengurangi kandungan kolesterol serta dapat mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, anti radang, dan dapat mengurangi resiko terserang jantung koroner.

Yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah kulit hingga daging buahnya kemudian dikeringkan. Jangan sampai biji Mahkota Dewa ikut teriris ketika melakukan proses pengupasan, karena biji Mahkota Dewa mengandung racun yang tidak baik untuk tubuh kita.

Demikian saya akhiri perjumpaan kali ini dengan topik Mahkota Dewa, Tanaman Perdu Kaya Manfaat.

Semoga bermanfaat.

Comments

  1. mahkota dewa tanaman kesukaanku,,, saya punya di depan rumah. ternyata banyak manfaatnya ya mas,,,
    thanks infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sebenarnya kita itu dikelilingi tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. hanya saja kita tidak tahu.
      thanks sudah mampir mbak :)

      Delete
  2. buahnya bisa dimakan ya kang?
    kebetulan depan rumah ada mahkoda dewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dimakan langsung mbak May, rasanya pahit sekali.
      diambil daging buahnya saja kemudian dikeringkan. bisa dijadikan sebagai obat.

      Delete
  3. mahkota dewa itu indah buahnya seperti buah apel dan buahnya menggerombol sampai bawah menyentuh tanah. saya juga pernah memelihara untuk tanaman obat keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..benar sekali mas, cuma lebih kecil dan daging buahnya berserat .

      Delete
  4. kalo dibikin jus kira-kira enak gak kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pasti nggak enak gan, lebih baik jangan deh :D

      Delete
    2. Mending ngejus melon ya kang :)

      Delete
    3. iya, siang-siang gini pasti seger :D

      Delete
  5. sepertinya saya pernah lihat tanama ini disekitar rumah saya, tapi nggak tahu namanya hehehe :D
    Ternyata namanya mahkota dewa ya kang hmmmm :) Unik juga ya namanya. apalagi rasanya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diperhatikan bentuknya, nggak ada mirip-miripnya dengan mahkota ya mbak...:D

      Delete
    2. iya kang agak mirip sedikit, tapi nggak mirip nya banyak :D
      gimana rasa buah nya kang kira-kira soalnya saya belum pernah makan buah itu :)

      Delete
    3. rasanya manis mbak, kalau dicampur gula :D

      Delete
  6. saya sering menjumpai tanaman ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya...bagus dong gan :)
      thanks dah mampir :)

      Delete
  7. Dari Bentuknya Buah Mahkota dewa sangatt Menggoda Tapi pada saat Dicicipi Rasanya Mennn pahitt sangatt Hehe :D tapi Nice Info dah gann Wawasan saya jadi Nambahh Nihh Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, namanya juga tanaman obat gan :)
      thanks ya dah mampir :)

      Delete
  8. sayang sekali kalo tidak dimanfaatlkan, skarang sudah mulai bnyak yg mengkonsumsi, terlebih sudah tersedia dalam bentuk kemasan kering, jadi mudah dikonsumsi, manfaatnya luar biasa untuk kesehatan ya kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, kalau sudah di tangan ahli herbal harga bisa selangit.
      thanks gan sudah berkunjung :)

      Delete
  9. baru liat penampakan mahkota dewa, jadi buah ya.. banyak khasiatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti sebelumnya sudah pernah dengar dong mbak :)

      Delete
  10. dulu ayah WS juga sering minum rebusan mahkota dewa ini kang...memang berkhasiat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar Kang WS, sepupu saya juga telah membuktikannya,
      terima kasih sudah mampir Kang WS :)

      Delete
  11. ternyata biji mahkota dewa ada racunnya juga ya, terimakasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. iya mas, biji mahkota dewa itu mengandung racun dan berbahaya kalau dikonsumsi

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri