Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri

Apa yang pertama kali terbesit dalam pikiran sobat bila mendengar kata Tomat ?
Sambal...Saus...Jus...atau Manisan. Benar semua sih, cuma kali ini bukan itu yang akan saya bahas. Karena yang akan saya bagikan kepada sobat blogger semua pada postingan kali ini adalah tentang bagaimana Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri. Jadi, kita bisa menikmati buah Tomat kapan saja dan tidak perlu menunggu abang tukang sayur nyamperin ke rumah. Bagi sobat yang suka banget dengan buah Tomat dan juga menyukai tanam-menanam dan belum tahu caranya, simak baik-baik ya...mudah kok.

Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri
Pertama, pilih buah Tomat yang sudah matang sempurna. Mulus, warna merata, dan tidak busuk.
Belah menggunakan pisau. Ambil biji-biji Tomat dan masukkan ke dalam wadah yang berisi air.( Ini bertujuan untuk memisahkan biji Tomat dari lendir yang menempel.)
Diamkan kurang lebih 5 - 6 jam.
Setelah itu, ambil biji-biji Tomat yang tenggelam saja. Karena biji yang mengapung menandakan biji yang kurang bagus. Lalu jemur di bawah Matahari.

Siapkan media tanam.

Jika tidak ada lahan kosong, pembibitan dapat dilakukan pada media tanam.
Media yang digunakan bisa berasal dari kaleng bekas, ember bekas, pot atau polybag.
Campur tanah dengan sedikit pasir, pupuk kompos, atau pupuk kandang. Usahakan untuk tidak menggunakan pupuk buatan, lalu isikan ke dalam media tanam yang tersedia. Taburkan biji Tomat secukupnya saja. Jangan terlalu banyak supaya biji Tomat dapat tumbuh secara maksimal dan tidak berdesak-desakan.

Taruh wadah yang berisi biji Tomat tadi di tempat yang terkena sinar matahari.
Siram paling tidak satu kali sehari. Waktu penyiraman yang baik adalah pada sore hari, setelah tanah tidak terasa panas lagi.

Setelah kurang lebih 5 hari, biji-biji Tomat akan mulai tumbuh.
Kalau tinggi bibit Tomat sudah mencapai kurang-lebih 5 cm, itu artinya bibit sudah siap untuk dipisahkan kedalam tempat tersendiri.

Kira-kira begitulah Cara Membuat Bibit Tomat Sendiri.

Selamat mencoba ...

Comments

  1. wahh Kang ucup spesalis nya tomat ni.. ane nemu banyak artikel tetang Tomat disini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...soalnya saya fans berat buah tomat gan :)

      Delete
  2. ahli tomat ya mas,,, hehehe :)
    oke deh, besok saya minta cara bikin sambel tomat, hehehe :)
    makasih infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahli apanya mbak...saya senen aja sam tomat :)

      Delete
  3. agak susah juga ya ternyata membuat bibit tomat sendiri, makasih sob. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..bukannya susah gan, tapi butuh waktu agak lama.
      terima kasih kembali :)

      Delete
  4. saya belum pernah membuat bibit tomat sendiri kang, tapi kalau makan tomat nya sih sering wkwkwkwk :D

    Thanks ya atas ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan buah-buahan apa saja termasuk buah tomat itu baik buat kesehatan mbak :)
      terima kasih kembali :)

      Delete
  5. Nah ini dia Cara yg ane cari. Terimakasih, sangat bermanfaat dan membantu Saya. Kebetulan ada lahan kosong dikit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas, lahan kosong sayang kalau tidak dimanfaatkan :)

      Delete
  6. di taburkan aj biji ny ,, atau di dalam tanah
    beri penjelasan ny donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup ditaburkan aja mbak, kan sudah tertulis di atas :)

      Delete
  7. keren nih biar bisa jadi pengusaha tomat hahay

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak :)

Popular posts from this blog

Kupu-kupu cantik dari sampah daun

Langkah-Langkah Membuat Gambar 3D